ASUS ZenBook Pro 14 Duo OLED UX8402
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Mengatasi WhatsApp WA Terkena Spam dari Nomor Asing

Aplikasi Whatsapp

Gadgetren – Bila kamu mendapatkan pesan dari nomor yang tidak dikenal masuk ke WhatsApp (WA) berisi kata-kata atau gambar yang tidak baik, tentunya hal itu akan membuat kamu tidak nyaman atau risih. Namun jangan panik karena kamu bisa mengatasi pesan Spam seperti itu dengan beberapa cara.

Kamu bisa melaporkan nomor yang tidak dikenal tersebut secara langsung melalui fitur bawaan WhatsApp yang bernama Laporkan dan Block untuk mengatasi nomor Spam yang masuk ke akun WhatsApp pribadi kamu agar tidak lagi bisa mengirim pesan yang mengganggu.

Masalah Spam sudah menjadi masalah umum bagi pengguna WhatsApp yang mana dapat berujung merugikan pengguna seperti penipuan dan lain sebagainya sehingga perlu kamu lakukan pencegahan agar tidak berkelanjutan.

Cara Mengatasi WhatsApp yang Terkena Spam

  • Buka Aplikasi WhatsApp di ponsel kamu.
  • Masuk dengan nomor pribadi kamu yang valid.
  • Kemudian pilih nomor asing yang mengirim pesan WhatsApp berisi pesan yang mengganggu.
  • Ketuk tab sebelah kanan foto profil pada nomor tersebut.
  • Gulir ke bawah.
  • Pilih Laporkan nomor tersebut atau keduanya dengan Block nomor. blokir-WA-1.

Selanjutnya untuk memastikan nomor tersebut tidak lagi mengganggu kamu lagi, maka perlu mengecek apakah nomor sudah masuk ke dalam daftar yang telah kamu blokir atau belum.

Caranya masuk ke Setelan WhatsApp kemudian ketuk menu Privasi dan pilih menu Kontak diblokir. Lalu cari nomor yang telah diblokir, jika sudah ada berarti nomor tersebut tidak akan bisa mengirim pesan atau melakukan panggilan telepon dan video ke nomor kamu.

Fitur Laporkan dan Blokir sebagai informasi memiliki fungsi yang berbeda. Laporkan berarti kamu turut melaporkan nomor tersebut telah melakukan aktivitas yang mengganggu orang lain dan melanggar ketentuan layanan dari WhatsApp. Namun begitu ketika melaporkan nomor tak dikenal, belum tentu WhatsApp memblokir atau mengambil tindakan terhadap pengguna tersebut.

Sementara ketika kamu memilih blokir nomor WhatsApp yang tak dikenal, maka nomor tersebut akan terblokir secara otomatis. Semua informasi seperti terakhir dilihat, status online, pembaruan status, dan perubahan apa pun yang kamu lakukan pada foto profil tidak akan terlihat lagi oleh kontak yang telah diblokir.

Begitu pula dengan pesan, panggilan, dan pembaruan status yang dikirim oleh kontak yang diblokir tidak akan ditampilkan dan tidak akan disampaikan kepada kamu. Namun begitu WhatsApp menyebutkan bahwa memblokir kontak tidak akan menghapus kontak tersebut dari daftar kontak ataupun menghapus nomor kamu dari daftar di telepon kontak oknum tersebut.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar