ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

5 Cara Mengatasi HP vivo Lemot Supaya Kembali Prima

Cara Mengatasi HP vivo Lemot Header

Gadgetren – Setelah digunakan cukup lama dalam menunjang aktivitas sehari-hari, terkadang ada waktunya ponsel vivo akan terjadi lemot atau lambat.

Tentunya itu hal tersebut akan mengganggu penggunaan akibat lama harus menunggu terutama ketika kamu membutuhkan aplikasi untuk menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin.

Bahkan pada saat ponsel vivo melambat, bermain game pun bisa tidak terasa menyenangkan lagi karena banyak beberapa bagian lebih sulit untuk direspon atau ditekan. Oleh karena itu ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi ponsel vivo yang lemot.

1. Membersihkan Aplikasi dan File yang Tidak Diperlukan

Pada saat kapasitas memori internal hampir kehabisan akan membuat sistem pada ponsel vivo menjadi lemot. Bahkan dapat juga membuat ponsel menjadi hang atau error akibat aplikasi tidak mau terbuka.

Kamu dapat menghapus aplikasi, foto, video, lagu, dokumen, atau lainnya yang dirasa sudah tidak diperlukan dari ponsel vivo agar dapat mengosongkan memori internal. Selain dihapus, kamu pun dapat memindahkannya ke penyimpanan eksternal agar masih dapat diakses ketika suatu saat dibutuhkan.

2. Menghapus Cache atau Data Aplikasi

Penggunaan aplikasi secara terus menerus akan membuat cache dan data menumpuk sehingga memakan cukup banyak kapasitas dari memori internal. Kamu bisa menggunakan aplikasi penghapus cache bawaan di ponsel vivo agar dipindai dan dipilihkan secara otomatis agar dapat dengan aman untuk dihapus secara cepat.

3. Memperbarui Sistem Operasi dan Aplikasi

Biasanya pada saat notifikasi update aplikasi maupun sistem muncul, sebaiknya kamu langsung memperbaruinya karena sering kali turut membawa peningkatan performa dan fitur yang dihadirkan. Kamu bisa mengecek manual melalui menu pengaturan untuk sistem operasi atau langsung ke Google Play Store untuk aplikasi.

4. Hanya Gunakan Aplikasi Penting Saja

Apabila ponsel vivo kamu punya kapasitas RAM terbatas misalnya di kisaran 3 GB atau 4 GB, sebaiknya kamu tidak terlalu banyak menjalankan aplikasi karena ini akan kurangnya ruang yang dimiliki RAM bisa berakibat membuat ponsel vivo lemot.

Sebaiknya kamu pilih beberapa aplikasi penting saja untuk digunakan agar tidak terlalu boros mengambil kapasitas RAM. Apalagi aplikasi yang sudah dibuka terkadang masih akan berjalan di latar sistem walaupun sedang tidak digunakan.

5. Lakukan Factory Reset

Untuk memastikan ponsel vivo kamu kembali segar, factory reset bisa menjadi metode yang ditempuh terhadap ponsel vivo. Metode ini menjadi yang paling ampuh dalam mengembalikan kondisi ponsel vivo ke semula.

Namun perlu dicatat, kamu perlu mencadangkan data terlebih dulu data-data yang ada di dalamnya karena akan dihapus secara menyeluruh saat proses Factory Reset berlangsung yang mana membuat ponsel vivo kembali seperti pabrikan.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar