ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

Apple Kuasai Pasar Smartphone Dunia di Tahun 2023

Apple Kuasai Pasar Smartphone Dunia di Tahun 2023

Gadgetren – Setelah 13 tahun lamanya Samsung bertengger di puncak pasar smartphone dunia, kini Apple berhasil merebut peringkat pertama. Temuan tersebut dirangkum oleh lembaga riset International Data Corporation (IDC) dalam laporan terbarunya.

Disebut bahwa Apple pada kuartal empat tahun 2023 berhasil mengirimkan 80,5 juta unit handphone dengan pangsa pasar 24,7%. Dengan pencapaian itu, Apple menapaki peringkat pertama sebagai produsen yang menguasai pasar dunia disusul oleh Samsung, Xiaomi, Transsion, dan Vivo.

Adapun untuk pengiriman secara keseluruhan tahun 2023, Apple kembali berada di posisi pertama dengan jumlah pengiriman unit handphone di dunia dengan total 234,6 juta dan pangsa pasar 20,1%.

Samsung berada di peringkat kedua dengan total pengiriman unit handphone pada tahun 2023 secara keseluruhan berjumlah 226,6 juta dan pangsa pasar 19,4%. Sayangnya menurut data IDC, soal pertumbuhan menyeluruh dari tahun 2022 ke 2023 Samsung justru minus -13,6%.

Hal ini pun cukup mengejutkan karena sebelumnya Samsung menguasai pasar handphone di kuartal 2-3 tahun 2023 yang diketahui pada waktu itu Samsung mengeluarkan perangkat foldable. Selain Samsung, Xiaomi dan OPPO juga disebut mengalami pertumbuhan minus dari tahun 2022 ke 2023 secara keseluruhan sebesar masing-masing secara berurutan -4,9% dan -9,9%.

IDC-HP-tracker-2023

Sementara perusahaan Transsion Holdings yang memayungi tiga brand handphone yakni Infinix, itel, dan Tecno memiliki pertumbuhan dari tahun 2022 ke 2023 secara menyeluruh dengan angka 30,8% dan memiliki jumlah pengiriman handphone di tahun 2023 secara menyeluruh sebesar 94,9 juta.

IDC menyebutkan bahwa secara umum pasar handphone global masih penuh tantangan namun kondisinya kini sudah bergerak cepat menuju pemulihan. Secara umum IDC menyampaikan bahwa pengiriman handphone global turun sebesar 3,2% dari tahun ke tahun menjadi 1,17 miliar unit pada tahun 2023.

Yang menarik dari laporannya, Nabila Popal selaku research director with IDC’s Worldwide Tracker team mengungkapkan bahwa meskipun ada pertumbuhan dari pemain yang kuat seperti Apple, pemain Android kelas bawah seperti Transsion tak kalah pada paruh kedua tahun 2023 menampakkan  pertumbuhan pesat di pasar Negara berkembang.

“Apple tidak hanya menjadi satu-satunya pemain di posisi 3 besar yang menunjukkan pertumbuhan positif setiap tahunnya tapi juga menduduki posisi nomor 1 setiap tahunnya untuk pertama kalinya. Kesuksesan dan ketahanan Apple yang berkelanjutan sebagian besar disebabkan oleh meningkatnya tren perangkat premium, yang kini mewakili lebih dari 20% pasar,” terangnya.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar