ASUS Zenbook DUO UX8406
Berita Tekno

IDC: Apple Kembali Rajai Pasar Tablet Dunia di Tahun 2022

Apple-iPad-Pro-Chip-M2-Magic-Keyboard.

Gadgetren – Lembaga riset International Data Corporation (IDC) dalam sebuah analisis terbarunya kembali melaporkan bahwa produsen teknologi Apple pada kuartal empat tahun 2022 kembali memimpin pasar tablet dunia.

Pada laporan tersebut, Apple telah mengirimkan 22,5 juta unit tablet di kuartal empat tahun 2022 dengan pangsa pasar 49,2 persen. Dibandingkan Tahun 2021 di kuartal yang sama, terdapat sebesar 28,8 persen.

Sementara itu menyusul Apple, Samsung mengalami pengiriman yang meningkat pula tetapi tidak terlalu besar. Diketahui pada kuartal empat tahun 2022, Samsung telah mengirim 7,7 juta unit  tablet dengan pertumbuhan pangsa pasar sebesar 7,1 persen.

IDC-Tablet-Q42022-

Secara keseluruhan di tahun 2022, Apple sendiri telah mengirim 61,8 juta unit tablet dengan pertumbuhan dari tahun ke tahun sebesar 7 persen. Sedangkan Samsung secara keseluruhan telah mengirim 30,3 juta unit tablet dengan pertumbuhan dari tahun ke tahun sebesar 0,8 persen.

Memang tidak sebesar Apple untuk total persentase pertumbuhannya namun Samsung disebutkan telah berhasil menekankan penjualan tabletnya di kelas menengah atas untuk mendorong pengiriman dalam jumlah besar.

Di sisi lain, Apple juga telah mampu menjual produk kelas atasnya sehingga bisa  menguasai pasar tablet dunia tahun 2022 seperti lewat produk iPad Pro 11″ dan 12,9 dan iPad 10,9″.  Menurut IDC ada faktor lain yang menyebabkan pasar tablet Apple tumbuh yakni adanya penundaan peluncuran dan sepinya pasar karena langkanya pasokan komponen.

DC-Tablet-Q42022-1

IDC juga memperkirakan bahwa ke depannya tablet kelas menengah ke atas yang akan lebih dicari oleh pembeli karena mereka tak lagi hanya membutuhkan tablet sebagai hiburan saja tetapi juga dari segi kegunaannya untuk meningkatkan produktivitas pekerjaan seperti menyediakan aplikasi penting untuk mengetik, menggambar, mengedit video, dan masih banyak lagi.

Anuroopa Nataraj selaku senior research analyst with IDC’s Mobility and Consumer Device Trackers menyampaikan bahwa meskipun keterjangkauan dan kemudahan penggunaan akan terus menjadi beberapa pendorong utama untuk mempertahankan pasar, konsumen juga mulai mengevaluasi pentingnya perangkat dengan spesifikasi lebih tinggi saat membuat keputusan pembelian.

“Akibatnya vendor harus fokus pada pengembangan portofolio tablet mereka. Selain itu, tahun 2022 terlihat beberapa pemain baru seperti Xiaomi dan OPPO memasuki pasar yang menawarkan konsumen solusi lengkap yang terhubung di seluruh perangkat, dan memperkaya pengalaman pengguna,” ujarnya.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar