ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Mengaktifkan Screenshot 3 Jari di HP Infinix dengan Mudah

Cara Mengaktifkan Screenshot 3 Jari di HP Infinix Header

Gadgetren – Screenshot merupakan salah satu fitur yang sering digunakan, termasuk pada ponsel Infinix karena dapat mengabadikan berbagai konten yang ditampilkan di layar.

Namun untuk mengambil screenshot sebaiknya jangan sering menggunakan kombinasi tombol Power dan Volume Bawah untuk memperpanjang usia komponen. Untuk itulah kamu dapat menggunakan fitur screenshot 3 jari di ponsel Infinix.

Meskipun secara bawaan fitur screenshot 3 jari sudah langsung aktif di ponsel Infinix masa kini, namun kamu harus mengaktifkan terlebih dulu fitur tersebut pada beberapa seri ponsel Infinix.

Cara Mengaktifkan Screenshot 3 Jari di HP Infinix

  • Dari Home Screen, buka aplikasi Settings.
  • Pilih menu Special Function.
  • Pilih menu Action and gesture.
  • Pilih opsi screenshot with 3 fingers.
  • Tekan tombol toggle ke posisi aktif (On).

Biasanya apabila fitur screenshot 3 jari telah aktif secara bawaan, maka tombol toggle sudah menyala. Jadi kamu sebenarnya hanya perlu memastikan apakah fitur ini sudah menyala atau belum. Selanjutnya kamu dapat langsung menggunakan gesture 3 jari untuk mengambil screenshot.

Menggunakan Screenshot 3 Jari

  • Cari area yang akan kamu screenshot.
  • Setelah area ditentukan, sapu layar dari atas ke bawah dengan tiga jari.
  • Layar akan berkedip atau suara shutter berbunyi.
  • Screenshot telah dilakukan.
  • Hasil screenshot dapat dilihat di aplikasi Gallery atau File Manager bawaan ponsel Infinix.

Tentunya gambar hasil screenshot juga masih bisa untuk kamu edit terlebih dulu melakukan fitur Editor yang berada di aplikasi Gallery. Selain itu, kamu juga bisa mengedit hasil screenshot dengan aplikasi pihak ketiga seperti Snapseed, Canva, dan lainnya.

Kehadiran dari fitur screenshot 3 jari dimaksudkan agar membuat kamu tidak sering menggunakan tombol Power karena fungsinya yang vital untuk mematikan dan menyalakan ponsel.

Alangkah menjadi susahnya ketika tombol Power bermasalah yang membuat ponsel menjadi tidak dapat dinyalakan dari kondisi sedang mati maupun menyalakan ponsel.

Selain itu, kamu juga dapat mengurangi penggunaan tombol Volume Bawah untuk hal yang tidak penting. Kita ketahui bersama bahwa tombol Volume fungsinya pun cukup penting untuk mengatur mengecilkan suara dari media atau sistem ponsel secara cepat.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar