ASUS ZenBook Pro 14 Duo OLED UX8402
Review Laptop / PC

Review Acer Nitro V 15 (ANV15-51) – Laptop Gaming Harga Terjangkau dengan NVIDIA RTX

Acer Nitro V 15 (ANV15-51) (7)

Review Acer Nitro V 15
  • Rating
4

Kesimpulan

Acer Nitro V 15 (ANV15-51) menawarkan paket lengkap untuk para gamer dengan dapur pacu yang dioptimalkan untuk kebutuhan bermain game di resolusi 1080p.

Yang Disukai

  • Kinerja bisa diandalkan
  • Desain modern dan profesional
  • Layar sudah 144 Hz
  • Baterai awet di Eco mode
  • Konektivitas lengkap

Yang Tidak Disukai

  • Kualitas layar IPS biasa saja

Gadgetren – Seri Acer Nitro sudah cukup dikenal di Tanah Air sebagai laptop gaming yang mampu menawarkan spesifikasi mumpuni dengan harga yang relatif tetap terjangkau.

Meneruskan kepopuleran lini dari Acer Nitro di Tanah Air, Acer Nitro V 15 telah hadir dengan membawa perpaduan antara performa tangguh dan fitur canggih yang bakal meningkatkan pengalaman bermain.

Acer Nitro V 15 (ANV15-51) membawa Intel® Core™ i5-13420H, GPU NVIDIA RTX 2050 dengan VRAM 4GB, RAM DDR5 sebesar 8GB, serta solusi penyimpanan NVMe SSD berkapasitas 512 GB dengan harga Rp10.999.000.

Daftar Konten

Video Review



1. Desain

Sedikit berbeda dari lini Acer Nitro lainnya yang cukup menonjolkan kesan gaming, laptop yang satu ini membawa desain yang lebih profesional dan elegan. Tampilan luarnya sekilas terlihat kalem dengan hanya sedikit sentuhan aksen gaming.

Tampilan Luar

Acer Nitro V 15 Intel WM

Acer Nitro V 15 (ANV15-51) (8)

Pada bagian penutupnya terdapat logo Acer Nitro baru dengan garis-garis berwarna biru dan abu yang menghiasi secara diagonal. Bodinya pun terlihat simetris dengan potongan persegi panjang yang presisi di setiap sudutnya.

Ruang ventilasi udara yang cukup besar terpampang baik itu di belakang maupun samping kanan. Nantinya dalam penggunaan, pembuangan udara akan mengarah ke bezel bawah layar sehingga udara panas akan teralihkan ke atas.

Acer Nitro V 15 (ANV15-51) (6)

Desain Acer Nitro V 15 rasanya menjadi salah satu daya tarik utama yang dimilikinya karena memang berbeda dari kebanyakan laptop gaming mainstream di rentang harga ini. Bobotnya sendiri berada di kisaran 2 kg yang mana cukup wajar untuk sebuah laptop gaming.

Oleh karena itu Acer Nitro V 15 bakal tetap pantas saat perlu digunakan pada lingkungan formal karena desain yang dihadirkan tidak terlalu berlebihan. Cocok bagi kamu yang ingin punya laptop gaming, namun suka dengan desain yang kalem.

Konektivitas

Acer Nitro V 15 (ANV15-51) (5)

Sebagai laptop gaming, rangkaian port yang ditawarkan pun cukup lengkap mulai dari USB 3.2 Gen 1, Thunderbolt 4, HDMI 2.1, audio combo jack, dan Ethernet RJ-45. Sementara untuk konektivitas nirkabel sudah tersedia Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.2 di dalamnya.

Kombinasi tersebut membuat Acer Nitro V 15 sudah siap untuk menunjang kebutuhan perangkat modern masa kini tanpa perlu membutuhkan dongle tambahan. Apalagi kehadiran Thunderbolt 4 membuka lebih luas dukungan perangkat yang bisa terhubung ke laptop ini.

Keyboard dan Touchpad

Acer Nitro V 15 (ANV15-51) (3)

Hal serupa juga terlihat ketika membuka laptop ini yang mana tebar pesona dengan keyboard backlit berwarna putih sehingga tidak ada gemerlap lampu RGB. Acer pun memberikan tombol numpad di sisi kanan keyboard.

Untuk tombol keyboard sendiri cukup nyaman untuk digunakan mengetik sekalipun dengan kestabilan yang baik sehingga jari dapat secara akurat menekan tombol. Tombol Nitro Sense pun tersedia di samping tombol Function untuk pintasan akses cepat.

Keyboard tersebut kemudian ditemani touchpad yang terbilang sangat lebar sehingga memungkinkan jari menelusur dengan leluasa dari ujung ke ujung. Jadi tidak masalah untuk penggunaan ringan saat tidak ingin menghubungkan mouse eksternal.

2. Layar dan Audio

Yang lebih menarik lagi, Acer Nitro V 15 sebagai laptop gaming dibekali layar dengan refresh rate tinggi mencapai 144 Hz untuk memberikan tingkat respon tinggi dan menghadirkan gerakan yang jauh lebih mulus dibandingkan layar 60 Hz.

Panelnya sendiri menggunakan teknologi IPS dengan bentang 15,6 inci dan resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel. Kualitas gambar yang ditampilkan pun tergolong memuaskan baik dengan warna cerah yang dapat memberikan pengalaman imersif.

Acer Nitro V 15 (ANV15-51) (9)

Tentu dengan sudah digunakannya panel IPS, distorsi warna tidak muncul ketika layar dilihat dari sudut manapun. Pastinya membuat layar Acer Nitro V 15 tidak mengecewakan sama sekali ketika mengkonsumsi segala jenis konten multimedia baik itu menonton film maupun bermain game. Menemani layar tersebut ada speaker stereo yang mampu menghadirkan suara lantang.

Selain itu layarnya memiliki lapisan matte ComfyView untuk mengurangi pantulan cahaya. Konten yang tampil di layar pun masih dapat terlihat secara cukup jelas ketika menggunakan laptop ini di ruang terbuka sehingga layarnya selalu nyaman dilihat di kondisi apapun.

3. Spesifikasi dan Performa

Acer Nitro V 15 (ANV15-51) HWiNFO

Pada pusatnya terdapat Intel® Core™ i5-13420H Processor dengan TDP 45W yang memiliki total 8 inti yang terbagi menjadi 4 P-core dan 4 E-core. Prosesor ini memiliki kecepatan Turbo Max mencapai 4,6 GHz di mana penting untuk game yang lebih mengandalkan kemampuan CPU seperti kebanyakan game eSport.

Bersamaan dengan itu terdapat GPU NVIDIA RTX 2050 dengan VRAM 4GB untuk kebutuhan olah grafis. Dengan sudah digunakannya GPU dari NVIDIA RTX Series, beberapa dukungan canggih pun tersedia untuk digunakan seperti Ray Tracing maupun DLSS untuk kualitas grafis seoptimal mungkin.

Selain itu, Acer Nitro V 15 juga dibekali RAM DDR5 sebesar 8GB serta solusi penyimpanan NVMe SSD berkapasitas 512 GB untuk memenuhi kebutuhan masa kini. Kombinasi tersebut memungkinkan laptop ini mampu memberikan pengalaman penggunaan yang responsif, konsisten, dan lancar.

Performa Kreatif

Acer Nitro V 15 (ANV15-51) Cinebench R23

PengujianSkor
Cinebench R23 Single Core1.447
Cinebench R23 Multi Core9.894
PCMark 105.087
Blender Classroom GPU228
3DMark Time Spy4.471

Ketika diuji menggunakan PCMark 10 untuk pengujian sintetis dalam skenario penggunaan umum, Acer Nitro V 15 berhasil mendapatkan skor 5.087 poin yang mana cukup kompetitif untuk kelasnya. Lalu pada Cinebench R23 membuktikan kemampuan prosesornya dengan meraih skor 1.447 poin untuk Single Core dan 9.894 poin untuk Multi Core.

Kemampuan tangguh dari laptop ini pun kembali terlihat ketika diuji menggunakan Blender yang mendapatkan 228 sample per minute untuk GPU dan 31.6 sample per minute untuk CPU pada tes Classroom. Sementara untuk kemampuan lebih menyeluruh pada 3DMark Time Spy mendapatkan skor 4.471 poin.

Dengan segala raihan tersebut dalam pengujian sintetis, lalu bagaimana ketika diajak bermain game secara nyata? Selama pengujian, Acer Nitro V 15 berjalan pada mode Performance dengan charger selalu terhubung untuk mendapatkan performa maksimal.

Performa Gaming

Alhasil pada Shadow of Tomb Raider misalnya, laptop ini mampu mendapatkan rata-rata 51 FPS pada pengaturan High dengan resolusi native. Sementara ketika mengaktifkan fitur Ray Traced Shadow menjadi rata-rata 43 FPS yang mana masih lancar ketika dimainkan.

Acer Nitro V 15 (ANV15-51) Tomb Raider

Sementara untuk yang lebih berat lagi seperti Cyberpunk 2077, Acer Nitro V 15 pun masih bisa mendapatkan rata-rata di kisaran 33 FPS dengan beberapa adegan bisa menyentuh 25 FPS tergantung dari seberapa ramai yang tengah terjadi di layar.

Acer Nitro V 15 (ANV15-51) Cyberpunk

Lalu untuk perwakilan eSport, ada Valorant yang mana dapat dijalankan dengan FPS fluktuatif di kisaran antara 220-300 FPS pada pengaturan grafis High. Ini berarti bisa memanfaatkan secara maksimal kemampuan refresh rate 144Hz untuk mendapatkan pengalaman bermain terbaik dengan gerakan yang sangat halus.

Acer Nitro V 15 (ANV15-51) Valorant

Saat digunakan bermain game, laptop ini pun masih terbilang wajar dengan suhu CPU sekitar 75°C dan GPU sekitar 62°C. Memang pada mode Performance suara kipas akan terdengar cukup kencang, namun untungnya pada mode Eco atau Balance sudah tergolong senyap.

4. Fitur dan Software

Untuk memantau kinerja komponen maupun mengatur performa yang diinginkan, laptop ini dilengkapi software Nitro Sense yang menyediakan beberapa mode skenario Quiet, Balance, Performance, dan Eco. Tentunya melalui Nitro Sense juga dapat melihat temperatur komponen dan mengatur tingkat kecepatan kipas.

Nitro Sense sangat bermanfaat sekali sebagai pusat kendali yang sudah terintegrasi langsung di dalam laptop sehingga tidak harus memasang software tambahan. Mengatur mode yang dibutuhkan sesuai keinginan bakal sangat berguna dalam memastikan pengalaman penggunaan yang optimal.

Acer Nitro V 15 (ANV15-51) NitroSense

5. Baterai

Dengan segala kemampuannya tersebut, Acer Nitro V 15 diberikan baterai 57Wh dengan charger 135W. Kapasitas baterainya memang tidak terlalu besar, namun bisa dimaklumi mengingat CPU dan GPU yang dimilikinya hemat daya. Apalagi dalam hasil pengujian memperlihatkan bahwa daya tahan baterainya di atas rata-rata laptop gaming mainstream.

Diuji menggunakan PCMark 8 Work dengan kondisi backlit keyboard mati dan kecerahan layar 50%, Acer Nitro V 15 berhasil mendapatkan skor 3 jam 36 menit pada refresh rate 144Hz yang mana sudah di atas rata-rata yang biasanya hanya 2 jam saja.

Acer Nitro V 15 (ANV15-51) Battery 144Hz

Namun menariknya lagi ketika mengaktifkan mode Eco di Nitro Sense dan refresh rate 60 Hz, maka skor yang diraih bisa jauh lebih tinggi lagi mencapai 6 jam 4 menit. Oleh karena itu tidak perlu khawatir jika berencana menggunakan laptop ini tanpa terhubung ke sumber daya karena baterainya mampu bertahan selama yang dilakukan aktivitas komputasi ringan.

Acer Nitro V 15 (ANV15-51) Battery 60Hz

Sementara itu untuk pengisian daya baterainya sendiri memakan waktu hanya 1 jam 30 menit saja agar bisa kembali terisi penuh dari yang tadinya tersisa 18%. Ukuran charger sendiri memang tidak terlalu ringkas tetapi masih mudah dibawa karena tidak terlalu besar.

6. Laptop Untuk Siapa?

Acer Nitro V 15 (ANV15-51) (1)

Secara keseluruhan, Acer Nitro V 15 (ANV15-51) menawarkan paket lengkap untuk para gamer dengan dapur pacu yang dioptimalkan untuk kebutuhan bermain game di resolusi 1080p. Kehadiran GPU NVIDIA RTX 2050 pun memberikan fitur-fitur canggih yang dapat meningkatkan pengalaman bermain.

Desain Acer Nitro V 15 yang lebih cenderung kalem membuatnya tetap cocok untuk digunakan dalam situasi formal sehingga bakal pas digunakan oleh tidak hanya gamer saja melainkan segala kalangan yang menginginkan laptop bertenaga.

Dengan baterai yang tahan lama, pastinya laptop ini dapat digunakan untuk menikmati konten hiburan dengan lebih nyaman. Layarnya pun memiliki kualitas gambar yang sudah memuaskan untuk konsumsi multimedia.

Dengan harga sekitar Rp10 jutaan, tentunya Acer Nitro V 15 sangat patut untuk dilirik bagi kamu yang sedang mencari laptop gaming. Informasi lebih lanjut dapat di cek pada https://store.acer.com/en-id/promotion/gamingintel.

*Update 29/01/2024: Perubahan segmentasi konten

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar