ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Tips dan Trik Handphone

7 Cara Mengatasi Tidak Bisa Buka YouTube di HP OPPO

Cara Mengatasi Tidak Bisa Buka YouTube di HP OPPO Header

Gadgetren – Melalui ponsel, kamu sudah dapat menikmati beragam video menarik melalui aplikasi maupun situs YouTube.

Namun terkadang ada masalah dimana YouTube tidak bisa dibuka di ponsel OPPO. Hal ini tentunya bisa disebabkan oleh berbagai masalah yang terjadi secara tidak sengaja muncul di perangkat.

Bisa saja YouTube tidak bisa dibuka karena aplikasi yang sudah usang, sistem operasinya sudah lama, terjadi gangguan jaringan, dan masih banyak. Kamu pun dapat mengatasi masalah tidak bisa membuat YouTube di ponsel OPPO dengan beberapa langkah berikut.

1. Cek Koneksi Jaringan Internet

Apabila video YouTube tidak bisa dibuka melalui aplikasi maupun web, maka kemungkinan besar koneksi dari jaringan internet yang kamu gunakan sedang mengalami masalah atau gangguan.

Kamu dapat coba menggunakan koneksi internet lain baik menghubungkannya dengan jaringan internet orang lain maupun publik untuk mengecek apakah benar memang koneksi yang biasa kamu gunakan menjadi sumber masalah.

Apabila video YouTube dapat terbuka dengan baik dan lancar pada saat menggunakan jaringan lain, maka dapat disimpulkan memang bahwa koneksi internet kamu yang sedang mengalami masalah.

2. Update Aplikasi YouTube

Terkadang aplikasi YouTube malah tidak bisa dibuka sama sekali sementara masih bisa dibuka lewat web. Padahal fitur-fitur yang dimiliki oleh aplikasi YouTube lebih lengkap untuk ponsel dibandingkan membuka video melalui web.

Bisa jadi aplikasi YouTube yang kamu miliki versinya sudah usang dan dukungannya sudah tidak diberikan lagi. Kamu sebaiknya melakukan pengecekan dan update aplikasi melalui aplikasi Google Play Store supaya aplikasi dapat dibuka dengan lancar.

3. Hapus Cache Aplikasi YouTube

Ketika kamu sering menggunakan aplikasi YouTube, maka file cache akan menumpuk. Hal ini pun bisa berakibat pada aplikasi yang menjadi lambat bahkan hingga tidak bisa dibuka sama sekali.

Kamu perlu menghapus cache aplikasi YouTube secara rutin dan berkala terutama jika sangat sering menggunakannya. Perlu dicatat bahwa cache sebenarnya berisikan data penggunaan aplikasi supaya lebih cepat dibuka, namun ukurannya akan semakin besar dari waktu ke waktu.

4. Pasang Ulang Aplikasi

Apabila setelah melakukan update aplikasi YouTube masih tidak dibuka, maka kemungkinan telah terjadi bug. Kamu pun bisa coba menghapus terlebih dulu aplikasinya dari ponsel.

Selanjutnya, kamu dapat mengunduh kembali aplikasi YouTube dari Google Play Store di ponsel OPPO untuk dipasang ulang. Jika ada permasalahan error yang membuat YouTube tidak dapat dibuka maka seharunya sudah terselesaikan.

5. Update Sistem Operasi

Terkadang sistem operasi yang versinya sudah lama dan usang tidak akan lagi didukung oleh aplikasi versi terbaru karena biasanya pengembang ingin menjaga keamanan aplikasi serta dukungan fitur yang ada.

Jadi kamu perlu melakukan update sistem operasi pada ponsel terlebih dulu jika hal tersebut memang terjadi. Setelah sistem operasi sudah mengalami pembaruan, maka pembaruan aplikasi YouTube versi terbaru akan diizinkan untuk dipasang di ponsel OPPO.

6. Cek Sisa Kapasitas RAM

Biasanya apabila terlalu banyak aplikasi yang dibuka di ponsel, maka akan menyebabkan aplikasi yang baru akan dibuka menjadi gagal yang disebabkan oleh kapasitas RAM yang tidak mencukupi.

Sebaiknya kamu mengeluarkan dan menghentikan aplikasi yang sudah tidak digunakan dari latar agar tidak tertumpuk. Selanjutnya, coba buka kembali aplikasi YouTube apakah masih bisa atau tidak.

7. Luangkan Penyimpanan Internal

Penyimpanan atau Memori internal merupakan salah satu komponen penting yang biasanya digunakan untuk menyimpan berbagai jenis berkas mulai dari sistem hingga aplikasi.

Namun pada saat kapasitas penyimpanan internal hampir penuh, maka akan membuat sistem menjadi lambat bekerja sehingga berimbas ke beberapa hal. Salah satunya tidak dapat dibukanya aplikasi sehingga selalu pastikan ponsel memiliki ruang penyimpanan yang cukup.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar