Bengkel

Mengapa HP Tidak Bisa di-Charge?

Samsung Flip RAM 4 Header

Seperti biasanya, Rabu merupakan hari yang ditunggu karena Gadgeter akan membahas mengenai artikel kategori Bengkel. Bisa dibilang artikel kategori ini akan membantu Gadgeter dalam mengatasi pemasalahan seputar gadget yang biasanya terjadi dalam kehidupan sehari-hari, baik hardware maupun software.

Pada kesempatan kali ini, redaksi Gadgetren mendapatkan pertanyaan mengenai apakah alasan dari HP tidak bisa di-charge baik dengan adapter milik sendiri maupun orang lain. Untuk itu, tim Gadgeter akan memberikan penjelasan mengapa hal ini bisa terjadi pada smartphone atau HP yang dimiliki oleh Gadgeter.

Pertanyaan :

Kak, mengapa HP saya tidak bisa di-charge?

Jawaban :

Baterai merupakan sumber energi terpenting bagi smartphone atau HP, tanpa komponen ini penggunanya hanya melihat sebuah kotak dengan layar tanpa adanya fungsi. Untuk itu, sangatlah penting dalam merawat baterai. Untuk itu, saya akan menjelaskan beberapa penyebab mengapa HP tidak bisa di-charge sama sekali.

Smartphone terlalu lama di-charge

Biasanya waktu charge yang ideal untuk smartphone berkisar dari 1 – 3 jam dan apabila mendukung fast charge maka daya baterai akan terisi dengan cepat. Meskipun smartphone masa kini memiliki teknologi yang bisa memutuskan arus listrik ketika daya baterai terisi penuh, namun terkadang fitur ini tidak bekerja dengan baik. Apalagi Gadgeter melakukan charge lama setiap malamnya sehingga berpotensi merusak baterai sehingga tidak dapat di-charge lagi.

Charge menggunakan bukan menggunakan adapter bawaan

Biasanya pengguna smartphone suka menghubungkan smartphone dengan perangkat lain, seperti laptop maupun komputer untuk mengisi daya baterai. Namun justru ini akan merusak komponen listrik untuk mengisi daya baterai sehingga menyebabkan smartphone tidak dapat di-charge lagi.

Rooting smartphone

Rooting biasanya dilakukan pada smartphone Android untuk memodifikasi file sistem operasi, baik secara manual maupun otomatis melalui aplikasi. Biasanya sistem yang termodifikasi oleh prosesor rooting ini kadang-kadang akan membuat file konfigurasi data pengaturan charge menjadi rusak sehinga HP tidak dapat di-charge.

Baterai terus menerus kosong

Biasanya terkadang kita lalai dalam mengisi daya baterai dan membiarkannya secara terus-menerus memasuki kondisi 0, kemudian baru mengisinya. Padahal justru ini dapat menyebabkan baterai menjadi rusak sehingga HP tidak di-charge. Untuk itu, sebaiknya Gadgeter mengisi daya baterai ketika smartphone sudah memperingkatkan, baik kondisi 15% maupun 20%.

Custom ROM

Custom ROM sendri merupakan firmware atau sistem operasi Android yang sudah dimodifikasi sehingga memiliki fitur, tampilan antarmuka, dan fungsi yang telah disesuaikan oleh pembuatnya. Namun terkadang bug yang hadir pada custom ROM bisa menyebabkan HP tidak dapat di-charge.

Terlalu sering melakukan charge

Smartphone memiliki konektor atau port USB yang berfungsi untuk menyalurkan tegangan yang bersumber dari charger, namun apabila sering disentuh akan menyebabkan konektor aus dan longgar sehingga menyebabkan keseringan. Untuk itu, hindari seirng melakukan charge terhadap smrartphone dan secukupnya dilakukan apabila sudah muncul notifikasi waktu pengsian daya baterai.

Sering dipakai Telepon atau bermain game ketika sedang di-charge

Biasanya ketika kita sedang melakukan charge atau mengisi daya baterai, smartphone juga digunakan untuk telepon pengguna lain atau bermain game. Namun hal ini menyebabkan persentase baterai susah naik karena dipakai untuk pekerjaan berat sehingga dapat menyebabkan smartphone kepanasan karena lama di-charge. Selain itu, dapat menyebabkan baterai cepat rusak.

* Jika kamu ingin mengirimkan pertanyaan, bisa dikirimkan via email ke tanya@gadgetren.com. Pertanyaan terpilih akan dijawab di artikel Bengkel setiap hari Rabu.

Leave a Comment