ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Membuat HP Infinix Menjadi Power Bank Untuk Isi Daya Perangkat Lain

Cara Membuat HP Infinix Header

Gadgetren – Infinix gencar dalam meluncurkan ponsel yang mempunyai spesifikasi menarik dengan harga terjangkau.

Apalagi beberapa ponsel Infinix sudah memiliki fitur bernama Reverse Charging yang memungkinkan perangkat tersebut menjadi Power Bank untuk mengisi daya baterai ponsel maupun tablet lainnya.

Untuk kecepatan pengisian daya pun akan berbeda-beda, tergantung dari dukungan seri ponsel Infinix mana yang digunakan untuk mengisi daya baterai. Kamu pun perlu membuat ponsel Infinix menjadi Power Bank terlebih dulu karena tidak aktif begitu saja.

1. Cek Apakah HP Infinix Mendukung Reverse Charging

Sebelum membeli ponsel Infinix yang bisa menjadi Power Bank, sebaiknya kamu mencari informasi terlebih dulu di situs resmi maupun informasi dari penjual apakah perangkat sudah mendukung fitur Reverse Charging.

Apabila kamu sudah mendapatkan informasi bahwa ponsel yang akan dibeli telah mendukung Reverse Charging, maka sudah dipastikan bahwa dapat digunakan untuk mengisi daya perangkat lain. Mudahnya, kamu bisa cek halaman spesifikasi di web resmi Infinix dari ponsel yang sedang diincar.

2. Butuh Kabel USB Type-C ke Type-C

Untuk bisa mengisi ke ponsel lain, tentunya kamu memerlukan kabel yang dapat menghubungkan langsung ke ponsel Infinix dengan port USB Type-C dan perangkat lain yang juga menggunakan port USB Type-C.

Jadi kamu perlu membeli kabel USB Type-C ke USB Type-C agar dapat mengaktifkan fitur USB On-The-Go (OTG). Selanjutnya, kamu dapat menghubungkan kabel ke ponsel Infinix dan perangkat lain secara bersamaan.

Setelah keduanya terhubung, layar ponsel Infinix akan menampilkan menu pop USB On-The-Go dengan pilihan Reverse Charging & File Transfer (Pengisian Daya Terbalik & Transfer Berkas) atau Reverse Charging (Pengisian Daya Terbalik).

Kamu bebas memilihnya karena kedua pilihan tersebut sama-sama akan mengaktifkan fitur Reverse Charging sehingga memungkinkan ponsel Infinix menjadi Power Bank dan langsung mengisi daya ke perangkat lain.

3. Gunakan Adapter OTG Jika Perlu

Adapter OTG (On-The-Go) merupakan sebuah perangkat yang dapat digunakan untuk menghubungkan antara ponsel utama dengan perangkat lainnya yang mempunyai port USB Type-A.

Biasanya kabel data bawaan memberikan USB Type-C di satu sisi dan USB Type-A di sisi lain. Dengan adapter OTG USB, selanjutnya kamu dapat membuat ujung yang USB Type-A berubah menjadi USB Type-C sehingga bisa dihubungkan ke perangkat lain.

Kemudian pada menu pop-up USB On-The-Go tinggal memilih Reverse Charging & File Transfer (Pengisian Daya Terbalik & Transfer Berkas) atau Reverse Charging (Pengisian Daya Terbalik).

Apabila ponsel Infinix tidak mendukung fitur Reverse Charging, maka menu pop-up USB On-The Go tidak akan menampilkan pilihan Reverse Charging (Pengisian Daya Terbalik) melainkan hanya memunculkan pilihan File Transfer (Transfer Berkas saja).

4. Manfaatkan Fitur Wireless Charging

Ponsel seperti Infinix Note 30 Pro mempunyai keistimewaan lewat fitur Wireless Reverse Charging yang memungkinkannya dapat menjadi Power Bank ke perangkat lain tanpa memerlukan kabel.

Fitur Wireless Reverse Charging sendiri akan aktif secara otomatis di Infinix Note 30 Pro. Dengan begitu, kamu hanya perlu menempelkan perangkat lain di belakang ponsel Infinix tersebut.

Nantinya perangkat lain akan menampilkan indikator proses pengisian daya baterai tengah berlangsung. Perlu dicatat bahwa, ponsel lain juga harus mendukung fitur Wireless Charging misalnya Samsung Galaxy S23 Ultra, iPhone 14 Pro, iPhone 15 Pro, dan lainnya.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar