ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Berita

Aplikasi Journal Kini Dirilis Bersama iOS 17.2, Apa Sih Gunanya?

Aplikasi Journal Kini Dirilis Bersama iOS 17.2

Gadgetren – Apple baru saja meluncurkan update pembaruan dari sistem operasi iOS 17.2 yang juga sekaligus memperkenalkan fitur barunya yang bernama aplikasi Journal.

Aplikasi ini berfungsi untuk membantu pengguna agar dapat melakukan journaling atau catatan – catatan keseharian yang berisi cerita aktivitas, momen berharga, hingga refleksi dari setiap kejadian. Aplikasi Journal hadir dilatar belakangi oleh tren aktivitas journaling yang belakang dilakukan oleh kalangan anak muda untuk mengakomodasi kesehatan mental mereka.

Namun begitu aplikasi Journal milik Apple pada iOS 17.2 tentunya berbeda dan menawarkan beragam fitur-fitur menarik di dalamnya. Melalui aplikasi Journal ini pengguna iPhone yang terbaru hingga iPhone XR tak hanya dapat mencatat aktivitas keseharian mereka tapi juga dapat menambahkan foto, video, rekaman suara, mencantumkan lokasi, dan masih banyak lagi.

Di aplikasi Journal pengguna juga akan mendapatkan saran penulisan jurnal berdasarkan foto, musik yang didengarkan baru-baru ini, aktivitas yang belakangan telah dilakukan maupun tempat yang baru saja dikunjungi untuk membantu mereka menuliskan ide catatan baru.

Selain itu pengguna dapat menulis mengenai berbagai hal dari sumber berita, musik, dan podcast dari aplikasi lain dengan menambahkan tautan ke dalamnya. Dengan aplikasi jurnal, banyak aktivitas dan personalisasi lainnya yang bisa dilakukan seperti dapat menelusuri entri catatan sebelumnya, menandainya, atau memfilter detail seperti foto, olahraga, tempat, dan lainnya.

Notifikasi untuk membuat jurnal juga dapat diatur oleh pengguna agar mereka bisa membuat catatan secara terjadwal sehingga menjadi kegiatan yang rutin dilakukan setiap hari atau pada rentang waktu tertentu sesuai dengan kebutuhan mereka.

Pada aplikasi Journal ini juga dapat melibatkan aplikasi journaling pihak ketiga yang dapat menyarankan momen untuk ditulis oleh pengguna melalui Journaling Suggestions API yang turut tersedia di iOS 17.2. Soal keamanan, saat iPhone dikunci dengan kode sandi, entri di aplikasi Journal akan dienkripsi.

Aplikasi Journal iPhone

Semua entri Jurnal akan dienkripsi secara end-to-end saat disimpan di iCloud sehingga tidak seorang pun kecuali pengguna yang dapat mengaksesnya. Selain itu, aplikasi Journal juga mendukung autentikasi keamanan dengan kode sandi perangkat, Face ID, atau Touch ID sehingga keamanannya berlapis baik itu pada kunci layar handphone hingga aplikasi Journal itu sendiri.

Bob Borchers selaku Apple’s vice president of Worldwide Product Marketing menyampaikan bahwa Journal dapat memudahkan untuk menyimpan kenangan yang kaya dan kuat serta dapat mempraktikkan rasa syukur dengan secara cerdas menyusun informasi pribadi pengguna, langsung dari iPhone mereka.

“Dan kami memungkinkan aplikasi penjurnalan lain untuk menawarkan saran terpersonalisasi yang sama dengan tetap menjaga tingkat privasi tertinggi,” ujarnya. Bisa dibilang dengan adanya aplikasi Journal ini tentunya akan menjadi tren baru untuk merekam aktivitas personal pengguna selain menggunakan media sosial atau aplikasi lifestyle olahraga dan lainnya.

Selain aplikasi Journal, melalui iOS 17.2 dilansir dari The Verge melaporkan bahwa sistem operasi ini juga menawarkan fitur baru untuk merekam video spasial yang  telah diumumkan bersamaan dengan perilisan seri iPhone 15 pada bulan September 2023.

Fitur perekaman video spasial tersebut memungkinkan pengguna dapat merekam video 3D secara bersamaan dari kamera utama dan ultrawide. Tujuannya video 3D ini dapat dinikmati menggunakan headset Augmented Reality (AR) milik Apple dan Apple Vision Pro.  

Fitur baru lainnya yang hadir pada iOS 17.2 seperti penerjemah bahasa lewat Action Button dan Contact Key Verification untuk iMessage. Mengenai ketersediaan iOS 17.2 akan digulirkan secara bertahap. Pengguna iPhone bisa secara rutin mengecek update secara over-the-air (OTA) dengan mengakses menu Settings > General > Software Update.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar