ASUS TUF Gaming FX507
Berita Tablet

Hands On Samsung Galaxy Tab A9+ 5G Kids Edition: Asik Untuk Anak-Anak

Hands On Samsung Galaxy Tab A9+ 5G Kids Edition: Asik Untuk Anak-Anak

Gadgetren – Samsung Electronics Indonesia secara resmi meluncurkan dua tablet terbarunya yang terdiri dari Galaxy Tab A9 LTE dan Tab A9+ 5G Kids Edition di Indonesia.

Dari label Kids Edition terlihat bahwa kedua tablet tersebut sudah memiliki beragam fitur yang dapat menunjang aktivitas anak-anak di mana dalam paket penjualannya sudah terdapat Puffy Cover, Crayon Stylus, Kids Sticker, Travel Adapter 20W Fast Charging, serta Samsung Care+ 1 tahun untuk proteksi total perangkat perangkat serta layar.

Samsung Galaxy Tab A9 Series Kids Edition ini bisa didapatkan secara pre-order mulai tanggal 12 hingga 17 Desember 2023 di Indonesia. Untuk varian Samsung Galaxy Tab A9 LTE Kids Edition dapat dipesan dengan harga Rp3.299.000 melalui Samsung.com/id dan Shopee.

Samsung Galaxy Tab A9 Plus Kids Edition - Petinggi

Sementara untuk Samsung Galaxy Tab A9+ 5G Kids Edition bisa dipesan dengan harga Rp4.999.000 melalui Samsung.com/id, Samsung Store by NASA, Erafone, Urban Republic, dan eraspace.com.

Dari sisi performa, Galaxy Tab A9 LTE Kids Edition sudah dilengkapi dengan chipset MediaTek Helio G99 (6nm) Octa-Core 2,2 GHz, RAM 4 GB, dan penyimpanan internal 64 GB.

Sedangkan Galaxy Tab A9+ 5G Kids Edition mempunyai spesifikasi hardware lebih tinggi dengan diotaki chipset Qualcomm Snapdragon 695 (6nm) Octa-Core 2,2 GHz, RAM 8 GB, dan penyimpanan internal 128 GB.

Tablet ini pun diklaim mampu Samsung mampu bertahan lama dalam pemakaian normal karena mempunyai kapasitas yang besar di mana Galaxy Tab A9 LTE Kids Edition mencapai 5.100mAh dan Galaxy Tab A9+ 5G Kids Edition mencapai 7.040mAh.

Tim Gadgetren sempat mencoba langsung Galaxy Tab A9+ 5G Kids Edition untuk melihat isinya. Pada saat dusnya dibuka, terdapat Puffy Cover, Crayon Stylus, Kids Sticker, Travel Adapter 20W, kabel port USB Type-C ke USB Type-C, buku panduan, SIM Ejector, dan brosur mengenai keunggulan tablet Kids Edition ini.

Samsung Galaxy Tab A9 Plus Kids Edition - All

Puffy Cover sendiri merupakan case pelindung tambahan bagian belakang dan pinggir dari Samsung Galaxy Tab A9+ 5G Kids Edition yang dibuat tebal agar tahan banting dan memiliki warna biru yang lucu.

Berkat hadirnya kick stand yang bisa dibuka tutup memungkinkan Puffy Cover membuat Galaxy Tab A9+ 5G Kids Edition dapat berdiri sehingga memudahkan anak untuk menikmati konten, mulai dari game, aplikasi edukasi, video, dan lainnya.

Crayon Stylus dapat dengan mudah digunakan untuk menavigasi, menyeleksi, dan menggambar di layar dari Galaxy Tab A9+ 5G Kids Edition. Stylus ini terasa dapat dideteksi oleh layar dengan responsif.

Samsung Galaxy Tab A9 Plus Kids Edition - Samsung Kids

Tentunya fitur yang paling utama dari tablet Kids Edition adalah Samsung Kids yang dapat dengan mudah untuk diaktifkan melalui Quick Settings. Cukup dengan melakukan swipe atau sapu layar dari atas ke bawah dengan satu jari untuk memunculkan Quick Settings.

Apabila Kids Mode tidak ada pada saat Quick Settings muncul, maka kita perlu menekan tombol tambah terlebih dulu dan langsung menyeret Samsung Kids agar bisa dimunculkan di Quick Settings tersebut.

Setelah muncul, bisa menekan tombol Samsung Kids yang berikon anak-anak. Tampilan antarmuka Home Screen dari Samsung Kids yang sudah berisikan banyak aplikasi menarik untuk anak-anak.

Samsung Galaxy Tab A9 Plus Kids Edition - Crayon Stylus dan Puffy Cover

Beberapa aplikasi dan game interaktif untuk anak-anak yang langsung hadir pada Samsung Kids ini terdiri dari Desa Teman Croco, Band Musik Lisa, Petualangan Croco, Kamera Saya, Galeri Saya, Browser Saya, Kanvas Bobby, dan Suara Ajaib Saya.

Penggunaan tablet ini dapat dibatasi atau memasukkan aplikasi lainnya sesuai kebutuhan melalui menu Pengawasan orang tua (Parental Control) yang menggunakan PIN bawaan 1234. Namun jika PIN ingin berbeda, maka kita dapat menggantinya pada Ubah PIN.

Samsung Galaxy Tab A9 Plus Kids Edition - Parental Control

Pada menu Pengawasan orang tua ini juga dapat dibatasi waktu untuk pemakaian aplikasi dan memantau aktivitas anak melalui usage dashboard maupun activity report yang muncul.

Fitur Samsung Kids ini sangat berguna untuk membatasi aktivitas anak-anak agar membuka aplikasi edukasi dan hiburan yang sudah ditentukan agar menambah wawasan tanpa harus membuka konten yang tidak baik.

Selain itu orang tua juga dapat memantau dari aktivitas yang sering dan disukai oleh anak-anak. Adapun dukungan tambahan seperti Puffy Cover dan Crayon Stylus turut memudahkan rutinitas harian dari anak-anak selama menggunakan Galaxy Tab A9+ Kids Edition.

Sementara itu layar 11 inci dengan teknologi TFT, 16 juta warna, dan resolusi WUXGA (1920 x 1200 piksel) mampu pada Galaxy Tab A9+ Kids Edition ini mampu menampilkan konten dengan baik sehingga nyaman di mata.

Bisa dibilang Galaxy Tab A9 Series Kids Edition ini merupakan salah satu paket perangkat yang memang cocok digunakan oleh anak-anak untuk mendukung beragam aktivitasnya.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar