ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Mematikan Kecerahan Layar Otomatis iPhone Jika Merasa Terganggu

Cara Mematikan Kecerahan Layar Otomatis iPhone - Header

Gadgetren – Sama seperti ponsel dengan sistem operasi Android, lini perangkat iPhone juga mempunyai fitur kecerahan otomatis yang dapat menyesuaikan pengaturan layar dengan kondisi sekitar.

Fitur ini memungkinkan kita menggunakan perangkat dengan lebih nyaman karena kita tidak perlu mengatur kecerahan layar berulang kali. Panel akan secara otomatis berubah menjadi lebih terang ketika dipakai di lingkungan banyak cahaya atau lebih redup saat di tempat gelap.

Pengaturan untuk fitur kecerahan layar otomatis umumnya akan langsung aktif sejak kita menyalakan perangkat-perangkat iPhone pertama kali. Oleh karena itu jika merasa terganggu dengan fungsinya, kita pun perlu mematikan setelan untuk dukungan ini secara manual.

Cara Mematikan Kecerahan Layar Otomatis iPhone

  • Buka halaman Settings di perangkat iPhone yang digunakan.
  • Masuk ke menu Accessibility.
  • Cari dan buka menu pengaturan Display & Text Size.
  • Gulir sampai ke ketemu opsi Auto-Brightness.
  • Matikan tombol sakelar di samping opsi tersebut.

Setelah fitur kecerahan otomatis dimatikan, layar iPhone akan menggunakan pengaturan yang sama terus-menerus kecuali kita mengubahnya. Panel akan tetap terang atau redup meskipun perangkat digunakan di beberapa tempat dengan kondisi cahaya berbeda.

Kabar baiknya, mengubah setelan kecerahan layar di iPhone secara manual bisa dilakukan dengan sangat mudah jika kita ingin menyesuaikannya dengan kondisi cahaya sekitar. Sistem operasi iOS soalnya dilengkapi pintasan untuk melakukannya di panel Control Center.

Mengatur Manual Tingkat Kecerahan Layar iPhone

  • Buka panel Control Center sesuai iPhone yang digunakan.
  • Cari Brightness bar (ikon matahari).
  • Atur kecerahan dengan menyeret Brightness bar ke atas atau bawah.

Bagi kamu yang belum tahu, Control Center di iPhone harus dibuka dengan cara berbeda-beda tergantung model maupun versi sistemnya. Kita dalam hal ini dapat mengusap layar dari pojok kanan atas ke bawah untuk perangkat yang lebih baru dari iPhone X atau dari tepi bawah ke atas untuk model sebelumnya.

Selain menggunakan pintasan di Control Center, kita juga dapat mengatur tingkat kecerahan layar di perangkat iPhone melalui halaman pengaturan. Kita dapat mengakses melalui menu Settings > Display & Brightness > Brightness. Kita selanjutnya hanya perlu menggeser slider ke kanan atau kiri sesuai kebutuhan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar