ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Bedanya Redmi 13C dan Redmi 12C, Bukan Hanya Ganti Kulit!

Redmi 13C Vs Redmi 12C - Header

Gadgetren – Redmi 13C yang telah meluncur memang kembali memboyong chipset MediaTek Helio G85 (12nm) berkecepatan hingga 2,0GHz seperti pendahulunya, yakni Redmi 12C.

Hanya saja bukan cuma berganti kulit, Redmi 13C juga tercatat menawarkan sejumlah peningkatan menarik. Perangkat baru dari lini keluarga Redmi tersebut membawa spesifikasi yang lebih unggul ketimbang Redmi 12C pada beberapa aspek.

Peningkatan-peningkatan yang ditawarkan oleh Redmi 13C tentu dapat memberikan pengalaman pemakaian yang lebih baik. Kita pun dapat memakainya untuk memilih salah satu dari kedua perangkat tersebut atau melakukan upgrade jika sebelumnya sudah punya Redmi 12C.

Perbedaan Redmi 13C Vs Redmi 12C

Redmi 13C hadir dengan tampilan bodi yang lebih menarik. Perangkat tersebut terlihat lebih modern dengan desain menyerupai ponsel Xiaomi papan atas seperti menggunakan bingkai yang dibuat datar. Berbeda dengan Redmi 12C yang masih melengkung.

Perangkat entri terbaru Xiaomi tersebut juga memindahkan sensor pemindai sidik jari ke bagian samping bersama tombol Power seperti tren yang sedang berkembang. Tidak lagi menyematkannya di bagian bodi belakang seperti Redmi 12C.

Di bagian depan, layar yang digunakan oleh Redmi 13C juga berukuran sedikit lebih besar. Perangkat tersebut menggunakan panel IPS LCD yang membentang hingga seluas 6,74 inci dengan resolusi 1600 x 720 piksel saat Redmi 12C hanya 6,71 inci 1650 × 720 piksel.

Tak hanya membawa ukuran layar yang lebih luas, Redmi 13C menariknya juga membawa refresh rate dengan pengaturan maksimal lebih tinggi. Perangkat tersebut mendukung penayangan animasi konten hingga 90Hz tidak seperti Redmi 12C yang hanya sampai 60Hz.

Selain itu, Redmi 13C juga membawa perlindungan yang lebih kuat. Bagian layarnya sudah menggunakan lapisan Corning Gorilla Glass yang secara teknis mampu menjaga panel dari benturan atau goresan saat pemakaian sehari-hari.

Meskipun membawa chipset yang serupa, kemampuan dari kedua perangkat tersebut kemungkinan juga akan sedikit berbeda. Terutama saat dipaksa untuk mengerjakan banyak tugas sekaligus atau multitasking. Konfigurasi memori yang ditawarkan soalnya cukup berlainan.

Xiaomi menggunakan konfigurasi RAM mulai dari 6GB hingga 8GB dan media internal sebesar 128GB dan 256GB di Redmi 13C. Sementara untuk Redmi 12C hanya memakai 3GB atau 4GB yang dikombinasikan bersama penyimpanan 32GB, 64GB, dan 128GB.

Sektor kamera dari Redmi 13C juga mengalami sejumlah peningkatan. Di bagian kamera utama, perangkat tersebut kini dilengkapi dengan lensa makro 2MP sebagai tambahan. Lensa depannya pun meningkat menjadi 8MP padahal Redmi 12C semula hanya 5MP.

Sebagai peningkatan lain, Redmi 13C kini juga dilengkapi dengan teknologi pengisian Power Delivery yang mendukung hingga 18W. Jadi secara teknis bakalan mampu mengisi baterai 5.000mAh secara lebih cepat dibanding Redmi 12C yang hanya 10W.

Berkaitan dengan teknologi pengisian ini, Redmi 13C juga membawa antarmuka yang lebih mutakhir. Perangkat tersebut sudah dilengkapi dengan USB Type-C yang mana setidaknya bisa dipasang bolak-balik tidak seperti Micro USB milik Redmi 12C.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar