ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Smartphone

8 Kelebihan dan Kekurangan Infinix SMART 8, Ponsel Entri yang Menarik

Kelebihan dan Kekurangan Infinix SMART 8 - Header

Gadgetren – Dibanderol dengan harga mulai dari Rp1.099.000, Infinix SMART 8 pun dapat menjadi salah satu perangkat yang dapat dipertimbangkan ketika mencari ponsel di kelas entri.

Apalagi di sisi lain, ponsel keluaran Infinix tersebut memang mempunyai spesifikasi yang tak kalah mumpuni jika dibandingkan dengan kebanyakan ponsel-ponsel di kelasnya. Infinix SMART 8 bahkan juga tercatat membawa sejumlah kelebihan.

Kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh Infinix SMART 8 pun dapat menjadi bahan pertimbangan penting saat kita ingin meminangnya. Terutama sebelum melihat berbagai macam kekurangan yang turut hadir bersamanya.

Kelebihan Infinix SMART 8

1. Desain Cantik

Infinix SMART 8 meluncur dengan tampilan bodi yang semakin cantik. Mengemas desain yang terlihat menyerupai lini iPhone generasi baru, ponsel tersebut tersedia dalam tiga varian warna di mana meliputi Timber Black, Crystal Green, dan Shinny Gold.

Bodi belakang Infinix SMART 8 memang masih menggunakan material plastik. Hanya saja dibuat dengan tampilan yang terlihat elegan. Permukaan bodinya dibuat dengan tekstur yang akan terlihat mengkilap ketika terkena cahaya.

Di bagian depan, ponsel buatan Infinix tersebut juga sudah menggunakan panel dengan lubang kamera berbentuk punch hole. Sangat berbeda dengan kebanyakan perangkat di kelas entri yang notabene masih menggunakan poni kecil atau notch.

2. Layar Besar Beranimasi Tinggi

Membahas soal layar, Infinix SMART 8 tercatat mempunyai ukuran yang besar. Perangkat tersebut sudah menggunakan panel yang membentang hingga seluas 6,6 inci meskipun di sisi lain resolusinya memang hanya mendukung sampai HD+ (1612 x 720 piksel).

Selain membentang dengan ukuran yang terbilang besar, layar Infinix SMART 8 juga sudah mendukung penayangan animasi tinggi. Panel ponsel tersebut mempunyai refresh rate hingga 90Hz sehingga mampu menayangkan gerakan yang lebih mulus.

Kelebihan dan Kekurangan Infinix SMART 8 - Layar

Di sisi lain, lubang kamera depan berbentuk punch hole yang dibawa oleh Infinix SMART 8 juga mendukung sebuah fitur bernama Magic Ring. Fungsinya dirancang mirip Dynamic Island iPhone seperti untuk menampilkan notifikasi pengisian daya atau panggilan telepon masuk.

3. Penyimpanan Luas yang Masih Bisa Diperluas

Untuk varian terendahnya, Infinix SMART 8 meluncur dengan media internal sebesar 64GB. Terdapat juga opsi 128GB yang dapat menjadi pilihan lebih pas jika kita memerlukan ruang penyimpanan lebih luas meskipun memang harganya lebih mahal.

Apabila penyimpanan internal masih terasa kurang, ponsel tersebut juga mendukung pemasangan Micro SD dengan kapasitas hingga 2TB. Slot kartunya pun memakai model terdedikasi sehingga kita bisa memanfaatkannya bersama dua nomor sekaligus tanpa perlu memilih salah satu.

Yang cukup menarik, media penyimpanan internal dari ponsel entri tersebut sudah menggunakan teknologi UFS (Universal Flash Storage). Secara teknis bakalan mampu bekerja lebih cepat ketimbang eMMC (Embedded Multimedia Card) yang masih banyak dipakai perangkat-perangkat sekelasnya.

4. Baterai Besar

Baterai besar juga menjadi salah satu keunggulan yang membuat Infinix SMART 8 semakin layak untuk dipertimbangkan. Ponsel tersebut mempunyai kapasitas penyimpanan daya hingga 5.000mAh yang siap menemani kita mengerjakan rutinitas.

Bahkan berdasarkan klaim Infinix, baterai ponsel tersebut secara teknis dapat bertahan dengan siklus pemakaian hingga 36 jam untuk menonton video, 39 jam untuk membuat panggilan telepon, atau 50 jam untuk memutar musik.

Guna menunjang kemampuan baterainya, Infinix apalagi juga menyematkan fitur Power Marathon. Kita dapat menggunakannya saat kapasitas daya perangkat mau habis. Fitur ini soalnya memungkinkan perangkat bertahan lebih lama di mana bisa sampai 24 jam dalam mode siaga atau 2 jam untuk menelepon hanya dengan 5 persen.

Dengan baterai berkapasitas besar, Infinix SMART 8 juga bisa bermanfaat untuk perangkat lain. Ponsel tersebut mempunyai fitur reverse charging yang memungkinkannya untuk mengisi daya selayaknya sebuah powerbank.

5. Fitur Komplit untuk Kelasnya

Meskipun meluncur di kelas entri dengan harga kurang dari Rp1,5 juta, perangkat tersebut membawa dukungan yang lengkap. Infinix SMART 8 tak hanya menawarkan fitur-fitur dasar seperti jack audio, antarmuka USB Type-C, dan Micro SD melainkan juga sensor pemindai sidik jari.

Kelebihan dan Kekurangan Infinix SMART 8 - Audio

Perangkat tersebut memang masih menggunakan speaker tunggal tetapi mendukung Super Volume yang dapat meningkatkan suara hingga 200 persen terdengar lebih keras. Selain itu terdapat teknologi pemrosesan dari DTS untuk dapat mendorong kualitasnya.

Fitur MemFusion yang menjadi andalan Infinix dalam menghadirkan kemampuan multitasking lebih baik dengan memperluas RAM menggunakan memori virtual juga turut tersedia pada ponsel tersebut. Ada juga dukungan bernama Link Booming yang dapat meningkatkan koneksi internet lebih baik dengan menggabungkan WiFi dan jaringan seluler.

6. Paket Penjualan Lengkap

Penjualan Infinix SMART 8 juga termasuk sangat lengkap. Di dalam kotaknya, sudah ada pengisi daya, kabel data USB Type-C, pembuka slot kartu, case pelindung, maupun lapisan antigores yang ikut diberikan selain unit perangkatnya. Jadi tidak perlu membeli lagi secara terpisah.

Kekurangan Infinix Smart 8

1. Pengisian Daya Lama

Sama seperti ponsel-ponsel kelas entri pada umumnya, Infinix SMART 8 juga masih menyediakan dukungan pengisian daya hingga 10W. Cukup wajar mengingat banderol harganya memang sangat terjangkau dengan beberapa keunggulan di atas.

Hanya saja perlu diingat bahwa mengisi daya dengan teknologi 10W untuk baterai perangkat yang berkapasitas hingga 5.000mAh bakalan berlangsung sangat lama. Kita makanya perlu menyiapkan waktu khusus seperti saat kita tidur di malam hari supaya tidak mengganggu aktivitas.

2. Bodi Licin

Dengan penutup yang dibuat menawan, permukaan bodi Infinix SMART 8 bisa terasa cukup licin saat digenggam oleh sebagian orang. Perusahaan Infinix untung membekali perangkat tersebut dengan case tambahan dalam kotak penjualan yang bisa dipakai sebagai salah satu solusi untuk mengatasinya.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar