ASUS ZenBook Pro 14 Duo OLED UX8402
Berita Operator Seluler

Antisipasi Lonjakan Trafik Akhir Tahun, Telkomsel Optimalkan Jaringan dan Tebar Promo

Antisipasi Lonjakan Trafik Akhir Tahun, Telkomsel Optimalkan Jaringan dan Tebar Promo

Gadgetren – Dalam rangka menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru 2024, Telkomsel dikabarkan tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi lonjakan trafik yang diperkirakannya sebesar 13% dibandingkan hari biasa atau 10,8% lebih tinggi dari Natal dan tahun baru sebelumnya.

Telkomsel melaporkan telah melakukan optimalisasi jaringan di 427 lokasi khusus yang terdiri dari 27 area residensial, 48 area transit transportasi (bandara, pelabuhan, stasiun), 321 area spesial (mal, alun-alun, pusat keramaian), 29 area di rute mudik (jalur mudik, rest area, SPBU), dan 2 gereja/rumah ibadah.

Adapun optimalisasi tersebut salah satunya dengan melakukan peningkatan kapasitas 21 unit BTS 4G/LTE, penambahan 53 unit BTS 4G/LTE baru, dan penambahan 55 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) sehingga menggenapi lebih 233 ribu BTS yang tersebar di seluruh Indonesia dengan jangkauan hingga 97% wilayah populasi.

Sementara untuk mengakomodasi lonjakan trafik, Telkomsel juga telah meningkatkan kapasitas GGSN (Gateway GPRS Support Node) hingga 13,21 Tbps dan kapasitas IX (Internet Experience) hingga 11,08 Tbps.

Ditambah lagi dengan menghadirkan dukungan bantuan Autonomous Network (AN) buatan Telkomsel untuk memberikan pelayanan yang semakin cepat dan stabil termasuk memulihkan fungsi jaringan secara mandiri serta otomatis.

Galumbang Pasaribu selaku VP Global Network Operations Telkomsel lebih jauh memberikan contoh AN akan diaplikasikan untuk membantu penanganan khusus terhadap perbaikan pelayanan jaringan seperti komplain dari pelanggan.

Galumbang menjelaskan bahwa AN menggunakan mesin kecerdasan yang sebagai permulaan akan diuji coba pada 37 POI (Poin of Interest) atau area-area khusus seperti transportasi publik, rute mudik, residensial, maupun tempat ibadah.

“AN bisa mendeteksi adanya perbaikan secara otomatis dan mendiagnosanya. Kemudian AN akan memerintah untuk merecover sendiri. Telkomsel menjadi operator seluler pertama yang menggunakan bantuan AI sehingga pelanggan tidak perlu komplain lagi karena sistem akan mendeteksi yang mengarah ke jaringan yang down,” ujarnya.

Ke depannya setelah uji coba pada 37 POI, AN akan digunakan secara menyeluruh di Indonesia namun saat ini pihaknya masih menyiapkan dan membangun infrastruktur tambahan serta mempelajarinya. AN akan secara khusus melayani pengalaman jaringan seluler pengguna lebih dulu kemudian pada layanan internet rumah IndiHome.

Telkomsel-Naru.

Selain pengoptimalan pelayanan jaringan, selama periode 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024, Telkomsel akan terus memastikan kesiapan jaringan dan memantau pergerakan trafik broadband melalui 15 Posko Siaga Jaringan yang mencakup posko bersama TelkomGroup dan mitra.

Disamping itu, Telkomsel juga akan mengoptimalkan layanan VoLTE (Voice over LTE) yang kini telah tersedia di 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia dan dapat digunakan oleh hingga 347 tipe dari 14 brand. Tak lupa Telkomsel memberikan sejumlah promo menarik untuk dinikmati pengguna selama perayaan Natal dan tahun baru 2024.

Mulai dari promo Movie Voucher untuk upgrade ke paket Halo+ senilai Rp250 ribu, bebas berlangganan OTT favorit bagi pelanggan Halo+, tambahan Kuota Apresiasi bagi pelanggan setia Halo+, kuota besar dan harga yang terjangkau dengan Paket Super Seru, serta Paket khusus Nonton bagi pelanggan Telkomsel PraBayar.

Ada pula program bundling khusus seperti bundling berlangganan WeTV di berbagai paket internet, paket berlangganan Vidio untuk menonton pertandingan FIFA U-17 World Cup Indonesia 2023, paket Netflix mobile dengan kuota lebih banyak, paket bundling Google Play Pass untuk menikmati akses beragam koleksi mobile games dan aplikasi pilihan tanpa hambatan konten iklan dengan bonus kuota data Telkomsel.

Telkomsel-Naru-1.

Selain itu, pelanggan juga bisa mendapatkan keuntungan dengan berbagai program khusus mulai dari program Panjat Hadiah Roli di Telkomsel roli, kemudahan untuk membeli produk prabayar menggunakan Telkomsel PayLater atau BRI Direct Debit di aplikasi MyTelkomsel, hingga dengan Pesta Hadiah Akhir Tahun bagi pelanggan SMS Banking.

Sedangkan bagi pelanggan internet rumah, Telkomsel menghadirkan modem WiFi terjangkau berupa Orbit Star G1 seharga Rp399 ribu dan mengadakan program promo khusus untuk pembelian paket JITU 1 dari IndiHome.

Pelanggan Telkomsel juga dapat menukarkan poin mulai 1 Poin di MyTelkomsel dan MyIndiHome hingga 31 Desember 2023 untuk mendapatkan beragam keuntungan seperti ekstra kuota, kesempatan mendapatkan total 12 iPhone 15 dan ratusan handphone lainnya, belasan motor hingga 4 mobil Yaris dan grand prize BMW 320i dan masih banyak lagi.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar