ASUS Zenbook DUO UX8406
Tips dan Trik Handphone

Cara Menampilkan File Tersembunyi di HP OPPO Lewat My Files

Cara Menampilkan File Tersembunyi di HP OPPO Header

Gadgetren – Pada artikel sebelumnya, tim Gadgetren telah mengungkapkan cara untuk menampilkan file yang disembunyikan dengan Private Safe di ponsel OPPO.

Kali ini tim Gadgetren akan memperlihatkan langkah untuk menampilkan beragam file tersembunyi yang dalam kondisi Hidden di ponsel OPPO. Biasanya beberapa file seperti sistem, WhatsApp, dan lainnya memang secara bawaan akan dibuat secara tersembunyi.

Untuk itulah kamu dapat menampilkan file tersembunyi atau hidden dengan menggunakan fitur bawaan yang terdapat pada aplikasi File Manager bawaan ponsel OPPO.

Cara Menampilkan File Tersembunyi di HP OPPO

Melalui My Files

  1. Buka aplikasi My Files di ponsel.
  2. Tekan menu Options berikon tiga titik di bagian kanan atas.
  3. Pada menu pop-up yang muncul, pilih menu Settings.
  4. Tekan tombol toggle Display hidden files ke posisi menyala atau aktif.
  5. Kamu akan melihat file tersembunyi di aplikasi My Files.

Perlu dicatat bahwa file yang tersembunyi akan memiliki warna yang agak transparan untuk menandakan bahwa memang merupakan jenis Hidden. Selanjutnya, kamu pun dapat mengakses dan membuka file tersembunyi tersebut.

Bahkan kamu juga bisa menghapus file tersembunyi yang diperlihatkan pada aplikasi My Files. Namun perlu dicatat bahwa kamu harus berhati-hati apabila ingin mengedit file System agar tidak terjadi kerusakan sistem ponsel.

Sebagai alternatifnya, kamu juga dapat menggunakan aplikasi Files besutan Google yang sudah terunduh pada ponsel OPPO. Aplikasi Files juga dapat memperlihatkan beragam jenis file beserta folder yang berada di ponsel OPPO.

Melalui Files

  1. Buka aplikasi Files.
  2. Pada halaman, tekan tombol Options berikon tiga garis di bagian kiri atas.
  3. Pilih menu Settings.
  4. Tekan tombol toggle Show hidden files ke posisi aktif atau menyala.
  5. Selanjutnya, semua file tersembunyi akan diperlihatkan di aplikasi Files.

Sebenarnya aplikasi Files tidak hanya tersedia di ponsel OPPO saja, melainkan semua perangkat berbasis Android. Bahkan aplikasi Files sendiri mempunyai fitur Safe Folder yang mirip dengan Private Safe milik ponsel OPPO dimana dapat menyembunyikan beragam foto, video, lagu, dokumen, dan file lainnya di brankas khusus.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar