ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Ini Cara Sembunyikan Foto, Video, dan Dokumen di OPPO Reno8 T 5G dengan Private Safe

OPPO-Reno8-T-5G-DisplayFrontDiagonal

Gadgetren – Untuk menjaga privasi dari pengguna, OPPO telah menghadirkan beragam fitur keamanan pada handphone OPPO Reno8 T 5G mana salah satunya adalah Private Safe. Fitur memungkinkan pengguna Reno8 T 5G menyembunyikan foto, video, lagu, dokumen, maupun file lainnya dengan mudah.

Dengan hadirnya Private Safe ini, tentunya orang lain yang membuka handphone tidak dapat sesuka hati melihat foto, video, maupun dokumen penting yang dimiliki oleh pengguna karena file-file tersebut tidak dapat terlihat di aplikasi Photos maupun My Files.

Setelah semua file disembunyikan, tentunya pengguna harus membukanya melalui Private Safe yang dapat diakses melalui aplikasi Settings karena sudah tidak dapat dilihat secara langsung melalui aplikasi Photos maupun My Files.

Mengaktifkan Fitur Private Safe

  1. Akses aplikasi Settings bawaan OPPO Reno8 T 5G
  2. Pilih menu Privacy
    OPPO Reno8 T 5G - Private Safe - Privacy
  3. Pada bagian Privacy, pilih menu Private Safe
    OPPO Reno8 T 5G - Private Safe - Private Safe
  4. Jika belum mengaktifkan kode keamanan, maka pengguna diminta menginput password, PIN, atau Pattern terlebih dulu
  5. Pada menu pop Set a privacy password first, tekan tombol Set password
    OPPO Reno8 T 5G - Private Safe - Set password
  6. Buat kode keamanan sesuai keinginan
    OPPO Reno8 T 5G - Private Safe - Pattern
  7. Input password, PIN, atau Pattern sekali lagi
    OPPO Reno8 T 5G - Private Safe - Pattern 2
  8. Kemudian pengguna akan diminta untuk memberikan jawaban dari pertanyaan keamanan untuk memudahkan membuka Private Safe ketika nantinya lupa dengan kode keamanan tadi
  9. Tekan tombol Got it pada halaman Private Safe updated
  10. Pada menu pop-up yang muncul, pengguna diminta untuk mengaktifkan sensor fingerprint dan tekan tombol Use Fingerprint
    OPPO Reno8 T 5G - Private Safe - Use Fingerprint

Setelah proses aktivasi kode keamanan dan fitur Private berhasil dilakukan, maka kamu akan langsung menuju halaman Private Safe dengan hadirnya empat kategori folder yang terdiri dari Images and videos, Audio, Documents, dan Other files.

Sebagai contohnya, pengguna dapat menyembunyikan foto maupun video dengan mengakses folder Images and videos di halaman Private Safe. Untuk mengakses halaman Private Safe ini, pengguna dapat mengikuti cara di atas melalui menu Privacy yang berada di aplikasi Settings bawaan OPPO Reno8 T 5G.

Cara Memasukkan Data ke Private Safe

  1. Pada halaman Private Safe, kamu dapat memilih folder Images and video
    OPPO Reno8 T 5G - Private Safe - Image video
  2. Tekan tombol Add berikon + di bagian kanan bawah
    OPPO Reno8 T 5G - Private Safe - Add
  3. Pilih foto atau video yang diinginkan
  4. Tekan tombol Set as Private di bagian bawah
    OPPO Reno8 T 5G - Private Safe - Set as Private
  5. Terakhir, foto atau video tersebut akan masuk ke folder Images and video di Private Safe

Dengan masuknya ke halaman Private Safe, maka foto atau video yang telah disembunyikan tersebut tidak dapat secara langsung melalui aplikasi Photos, My Files, maupun File Manager lainnya.

Sementara untuk folder Audio yang hadir di halaman Private Safe, nantinya dapat menyimpan file audio atau lagu di handphone OPPO Reno8 T 5G. Sedangkan folder Documents dapat digunakan untuk menyembunyikan dokumen dan folder Other files dapat dipakai untuk menyembunyikan jenis file selain dari ketiga kategori lainnya.

Mengakses Foto atau Video di Private Safe

  1. Akses aplikasi Settings bawaan OPPO Reno8 T 5G
  2. Pilih menu Privacy
  3. Pada bagian Privacy, pilih menu Private Safe
  4. Input kode keamanan yang telah dibuat
  5. Pada halaman Private Safe, pilih folder Image and videos
  6. Selanjutnya, pengguna dapat melihat foto atau video yang telah disembunyikan tadi

Nantinya apabila ingin memunculkannya kembali secara normal pada aplikasi Photos maupun My Files, maka pengguna dapat memilih foto atau video yang dilihat di halaman Private Safe tadi dan selanjutnya menekan tombol Set as public.

Dengan hadirnya fitur bawaan Private Safe ini, pengguna OPPO Reno8 T 5G tidak perlu repot-repot dalam mengunduh atau menginstall aplikasi dari pihak ketiga untuk menyembunyikan foto, video, maupun dokumen di perangkat.

Bagi kamu yang tertarik dengan OPPO Reno8 T 5G, maka sudah dapat membelinya di Indonesia dengan harga Rp5.999.000 untuk RAM 8 GB + ROM 128 GB dan Rp6.499.000 untuk RAM 8 GB + ROM 256 GB.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar