Acer Aspire Vero 14 (AV14-52P) – Desain Ramah Lingkungan, Performa Tetap Gegas

Acer Aspire Vero 14 AV14-52P (9)

Acer sudah cukup lama melintang di pasar laptop dan menghadirkan banyak sekali inovasi modern yang membuat produknya tampil beda dari yang lain.

Acer Aspire Vero 14 yang sudah tersertifikasi Intel® Evo™ Platform menjadi salah satunya dimana hadir sebagai laptop yang tidak biasa lewat desain Eco-Friendly yang material pembuatannya sudah ramah lingkungan.

Begitu juga pada kemasan yang menggunakan bahan Polyester daur ulang yang terbuat dari limbah botol PET. Selain itu juga di dalamnya tidak ada busa LDPE maupun plastik yang membungkus adaptor.

Sementara untuk Aspire Vero 14 (AV14-52P) sendiri mengusung desain dengan konsep “R-E” yang mana mempunyai arti REview, REthink, REduce, dan REcycle. Hal ini langsung tercermin dari tampilan bodinya yang unik dan berbeda daripada laptop pada umumnya.

Acer Aspire Vero 14 AV14-52P (4)

Bodinya dibuat menggunakan material ramah lingkungan dengan plastik Post Consumer Recycled (PCR) yang ramah lingkungan sambil mampu mengurangi emisi karbon (CO2) hingga 30%. Hal ini pun membuat Aspire Vero 14 bahkan terdaftar dalam EPEAT® Gold.

Menariknya lagi, Aspire Vero 14 tampil dalam balutan warna biru laut yang tidak biasa dengan sedikit corak bintik kecil warna-warni yang terinspirasi dari lautan yang sudah mulai terdegradasi dan tercemar polusi limbah.

Oleh karena itu Aspire Vero 14 bisa menjadi pernyataan secara tidak langsung bahwa pemiliknya mendukung bumi yang lebih bersih. Pastinya Aspire Vero 14 bakal menarik perhatian orang yang melihat dan bisa jadi bahan pembicaraan karena punya desain autentik yang berbeda dibandingkan laptop lainnya.

Acer Aspire Vero 14 (AV14-52P) Intel Watermark

Selain sedikit aksen warna biru muda di punggung serta emboss logo Acer di bagian penutup, laptop ini tidak memiliki terlalu banyak pernak pernik. Alhasil warna Marianna Blue yang dimilikinya benar-benar tersorot dan terlihat minimalis secara bersamaan.

Secara keseluruhan laptop ini pun jadi terasa ringan lewat komposisi plastik PCR sebesar 30% untuk rangka bodinya dan 50% untuk keyboard caps. Dengan begitu laptop ini tetap terasa kokoh untuk digunakan dalam keseharian karena di bagian dalam material ini sudah dirancang dengan struktur Honeycomb sehingga pengguna tidak perlu khawatir dengan durabilitas Aspire Vero ini.

Acer Aspire Vero 14 AV14-52P (7)

Walaupun punya bodi ramping, Aspire Vero 14 tetap menghadirkan konektivitas yang lumayan lengkap mulai dari dua port USB 3.2, Thunderbolt 4, 3,5mm audio jack, dan HDMI 2.1. Sementara untuk nirkabel sudah mendukung Intel® Killer™ Wi-Fi 6E dan Bluetooth 5.1.

Lalu ketika membuka penutupnya akan langsung dijadikan layar IPS berukuran 14 inci yang sudah didukung resolusi Full HD, Acer ComfyView, cakupan warna 100% sRGB, dan tingkat kecerahan maksimal 300 nits. Dengan begitu konten yang tampil dapat terlihat secara jelas dan tajam. Di atas layarnya pun terdapat kamera FHD dengan Acer TNR.

Acer Aspire Vero 14 AV14-52P (3)

Layar tersebut yang punya rasio 16:9 tentunya sudah optimal untuk digunakan melihat berbagai konten visual baik itu video maupun foto. Apalagi cakupan warna 100% sRGB membuatnya dapat mereproduksi warna dengan akurasi tinggi yang mana penting jika senang edit foto.

Di bawah layarnya terdapat keyboard dengan lampu backlit putih yang cukup nyaman untuk digunakan mengetik berkat tuts yang stabil serta jarak antar tuts yang pas. Namun ada yang berbeda pada keyboard ini dari biasanya, tuts R dan E diwarnai kuning dan terbalik yang mana untuk memperkuat konsep “R-E” yang Acer gaungkan lewat laptop ini.

Acer Aspire Vero 14 AV14-52P (6)

Tidak hanya itu saja, Acer pun memberikan touchpad berteknologi OceanGlass™ yang mana juga menggunakan material daur ulang dari sampah plastik lautan. Akan tetapi, permukaan touchpad ternyata terasa sangat halus sekali, bahkan lebih halus dari kebanyakan touchpad pada laptop umumnya.

Dengan begitu jari pun dapat menelusur dengan sangat baik dan mulus untuk menavigasikan kursor. Sementara itu di pojok kiri atas touchpad terdapat sensor pemindai sidik jari yang dapat digunakan untuk login dengan fitur Windows Hello.

Terlihat kalem dari luar, Acer Aspire Vero 14 (AV14-52P) tetap membawa dapur pacu yang gegas. Pada pusatnya terdapat Intel® Core™ i5-1335U Processor yang memiliki arsitektur hibrida dengan total 10 Core yang terbagi menjadi 2 P-Core dan 8 E-Core untuk keseimbangan antara kinerja dan efisiensi daya.

Acer Aspire Vero 14 AV14-52P HWiNFO

Prosesor dengan TDP 15W tersebut pun memiliki 12 Threads serta kecepatan maksimal hingga 4,60 GHz agar dapat menjalankan berbagai program masa kini dengan lancar. Sementara untuk olah grafis tersedia Intel® Iris® Xe Graphics yang sudah terintegrasi langsung bersama dengan prosesor.

Aspire Vero 14 bahkan sudah mendapatkan sertifikat Intel® Evo™ Platform yang mana berarti telah memenuhi berbagai kriteria untuk menjamin pengalaman penggunaan yang lancar. Kinerjanya yang gegas pun dapat terlihat dari hasil pengujian menggunakan Cinebench R23 yang mana memperlihatkan hasil 1.576 poin untuk Single Core dan 6.997 poin untuk Multi Core.

Acer Aspire Vero 14 AV14-52P Cinebench R23

Pastinya kinerja dari Aspire Vero 14 tidak perlu diragukan lagi, terutama dalam menjalankan program populer maupun kantoran. Mulai dari proses booting Windows hingga membuka program berlangsung dengan gegas.

Dalam penggunaan sehari-hari, sistem pun terasa sangat responsif bahkan ketika membuka beberapa program sekaligus maupun banyak tab saat browsing. Hal ini pun tidak lepas dari kehadiran RAM 16GB Dual Channel dan penyimpanan PCIe NVMe SSD 512GB Gen4 yang menemani prosesor besutan Intel tersebut.

Ketika menggunakan PCMark 10 untuk menguji kemampuan sistem secara menyeluruh dalam menjalankan berbagai beban kerja yang pada umumnya terjadi pada penggunaan sehari-hari. Alhasil Aspire Vero 14 mampu mendapatkan skor 5.095 poin yang mana cukup bersaing untuk laptop di kelas ini.

Acer Aspire Vero 14 AV14-52P PCMark 10

Tentunya ketika menguji sebuah laptop, rasanya tidak lengkap jika tidak melihat juga kemampuan gaming yang ditawarkannya. Apalagi laptop ini menggunakan Intel® Core™ i5-1335U Processor dengan Intel® Iris® Xe Graphics yang mana cukup efisien.

Laptop ini pun kemudian diuji menjalankan Shadow of The Tomb Raider sebagai perwakilan game AAA modern. Pengaturan grafisnya sendiri disetel Lowest pada resolusi 720p. Namun menariknya ternyata laptop ini masih mampu menyentuh angka 50 FPS pada beberapa adegan atau rata-rata di kisaran 41 FPS.

Acer Aspire Vero 14 AV14-52P Tomb Raider

Oleh karena itu tidak masalah rasanya jika ingin mengajak Aspire Vero 14 untuk bermain game, khususnya untuk kasual maupun lawas. Pastinya laptop ini bakal lancar untuk menikmati konten hiburan secara umum seperti nonton video 4K.

Dengan berbagai kemampuan yang dimilikinya, Aspire Vero 14 mengandalkan baterai 58WHr 3-cell sebagai sumber tenaganya. Daya tahannya sendiri diklaim oleh Acer dapat mencapai 12 jam penggunaan yang mana tergolong cukup tinggi.

Untuk memastikannya lebih jauh, laptop ini pun diuji menggunakan PCMark 8 mode Work accelerated dengan tingkat kecerahan layar 50% dan backlit keyboard mati. Hasilnya laptop ini mendapatkan skor 5 jam 1 menit dengan kriteria tersebut yang mana di atas laptop mainstream yang biasanya hanya bertahan 2-3 jam saja.

Acer Aspire Vero 14 AV14-52P PCMark 8 Baterai

Saat digunakan sehari-hari secara nyata, laptop ini mampu menemani bekerja selama kurang lebih 4 jam dengan lampu backlit menyala dan kecerahan layar maksimal. Aktivitas yang dilakukan pun bervariasi mulai dari membuka banyak tab browser, memutar YouTube, edit foto, hingga membuat dokumen.

Yang lebih menariknya lagi, Acer pun membenamkan program bernama VeroSense di dalam laptop ini yang mana bisa digunakan untuk mengatur daya. Semua aktivitas maupun pengujian tersebut menggunakan mode Balance, namun tersedia mode lainnya seperti Performance, Eco, dan Eco+.

Tentunya Performance akan memberikan kinerja lebih tinggi lagi dengan konsumsi daya lebih besar sementara Eco+ akan membuat penggunaan daya lebih hemat dan lama dengan dukungan yang lebih terbatas sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Acer Aspire Vero 14 AV14-52P VeroSense

Selain mode daya, VeroSense pun dapat membatasi pengisian daya baik itu 80% atau 100% untuk menjaga kesehatan baterai.

Secara keseluruhan Acer Aspire Vero 14 (AV14-52P) merupakan laptop yang sangat menarik dengan desain unik yang ramah lingkungan. Laptop ini pun sudah mendapatkan sertifikat Intel® Evo™ Platform yang mana sudah terjamin untuk pengalaman penggunaan yang bisa diandalkan.

Acer Aspire Vero 14 AV14-52P (1)

Bodinya yang ringan tentu bakal mudah untuk dibawa ke mana saja dan cocok digunakan dalam berbagai kebutuhan mulai dari mengerjakan tugas hingga bekerja. Jadi kamu yang punya mobilitas tinggi bisa beraktivitas lebih leluasa dengan menggunakan Acer Aspire Vero 14.

Kamu yang tertarik bisa membeli laptop ini dengan harga Rp 9.999.000. Acer pun memberikan garansi suku cadang selama 1 tahun, garansi perbaikan selama 3 tahun, dan perlindungan ekstra Accidental Damage Protection (ADP) selama 1 tahun. Jadi kamu bisa sedikit bebas khawatir jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dan di luar kendali.

Tinggalkan Komentar