ASUS TUF Gaming FX507
Review Laptop / PC

Acer Aspire Vero 14” – Desain Ramah Lingkungan, Performa Bertenaga

Acer Aspire Vero 14 (1)

Acer merupakan produsen laptop yang banyak produk inovatif untuk menyasar berbagai segmen mulai dari berteknologi mutakhir hingga unik.

Salah satu laptop terbarunya, Acer Aspire Vero (14”) yang membawa desain yang tidak lazim dibandingkan laptop pada umumnya.

Dihargai Rp10.699.000, Acer Aspire Vero (14”) menjadi laptop ramah lingkungan yang sudah mendapatkan sertifikasi Intel® Evo™ dengan dapur pacu yang mengandalkan 12th Gen Intel® Core™ Processors.

Laptop ini pun sudah langsung menjalankan sistem operasi Windows 11 Home dan menghadirkan Microsoft Office Home & Student 2021 secara bawaan. Penasaran apa saja yang ditawarkan oleh Acer Aspire Vero (14”)? Ini beberapa hal yang membuatnya unik dibandingkan laptop pada umumnya.

Sudah Ramah Lingkungan dari Boks Kemasan

Membawa kemasan bernama Vero Green, desain yang ramah lingkungan dari Acer Aspire Vero (14”) langsung terlihat dari boks luar yang menggunakan kertas daur ulang hingga 90%. Konsistensi dalam mengurangi limbah juga dapat terlihat dari hilangnya penggunaan plastik yang biasanya membungkus adaptor charger.

Walaupun kemasan busa LDPE tidak dihadirkan, namun perlindungan laptop di dalamnya tetap terjaga berkat bahan polyester daur ulang yang digunakan baik pada kemasan maupun lembaran keyboard.

Acer Aspire Vero 14 (8)

Dihasilkan dari proses dari botol PET daur ulang, digunakannya bahan polyester daur ulang turut mengurangi jumlah energi yang dibutuhkan saat proses produksi sambil menghilangkan botol plastik dari lingkungan agar bumi jadi lebih bersih.

Menariknya lagi, kotak kemasan charger Acer Aspire Vero (14”) dapat dialih fungsikan sebagai stand laptop ergonomis dengan merakitnya secara mudah dan singkat. Boks kemasan juga bisa digunakan untuk hal lain seperti penyimpanan atau pot berkat bahannya yang sudah ramah lingkungan.

Desain Unik Bermaterial Daur Ulang

Didesain dengan memikirkan keberlanjutan lingkungan, Acer Aspire Vero (14”) dibuat menggunakan material dari plastik Post Consumer Recycled (PCR) yang tidak hanya ramah lingkungan dan mengurangi limbah, namun juga mengurangi emisi CO2 sekitar 21% dalam proses produksinya.

Acer Aspire Vero 14 (6)

Uniknya lagi, permukaan bodi Acer Aspire Vero (14”) tidak dilapisi cat sama sekali namun tetap memiliki warna dan tekstur unik, tidak seperti laptop pada umumnya. Warna yang dinamai Marianna Blue tersebut terinspirasi dari warna biru lautan (palung terdalam di dunia, Mariana).

Desain yang ramah lingkungan terlihat pada keyboard di mana tombol R dan E dibuat terbalik untuk mencerminkan konsep “R-E” dari Acer yang berarti REview, REthink, REcycle, dan REduce untuk mengurangi produksi limbah pada bumi.

Acer Aspire Vero 14 (10)

Desain yang dihadirkan tidak hanya tipis dan ringan saja melainkan juga ramah lingkungan dengan memanfaatkan material daur ulang mulai dari rangka, cat, hingga pada komponen lainnya seperti touchpad.

Sementara itu, bagian touchpad menggunakan teknologi OceanGlassTM yang menggunakan bahan daur ulang dari sisa sampah plastik di lautan. Secara keseluruhan, laptop ini sangat ringan sehingga mudah untuk dibawa ke mana saja.

Layar Jernih Untuk Melihat Segala Konten

Di samping desainnya yang ramah lingkungan, Acer Aspire Vero (14”) tetap membawa spesifikasi jempolan untuk menjamin pengalaman penggunaan yang nyaman. Laptop berukuran 14 inci ini dapat menyajikan konten dalam resolusi Full HD serta menggunakan panel IPS sehingga gambar akan terlihat terang dan jernih.

Acer Aspire Vero 14 (2)

Berkat penggunaan panel IPS, konten yang tampil di layar dapat dilihat dari berbagai sudut tanpa adanya distorsi warna. Selain itu, layarnya pun sudah mendukung cakupan warna 100% sRGB untuk menghadirkan warna yang akurat.

Dengan begitu, segala konten dapat dinikmati dengan baik mulai dari browsing internet, melihat foto-foto favorit, hingga menonton video di YouTube. Tingkat kecerahan dari layarnya pun sudah memadai untuk digunakan di bawah terik matahari dan lapisan matte pada layar akan menghalau pantulan cahaya.

Kinerjanya Bisa Dibawa Kerja Atau Gaming

Pada segmen dapur pacu, Acer Aspire Vero (14”) mengandalkan Intel® Core™ i5-1235U yang memiliki 10 Core dan 12 Threads dengan kecepatan frekuensi maksimal mencapai 4.40GHz untuk memberikan performa terbaik dalam penggunaan sehari-hari.

Acer Aspire Vero 14 (9)

Menariknya, 12th Gen Intel® Core™ Processors tersebut menghadirkan 10 Core yang terbagi menjadi 2 P-Core dan 8 E-Core untuk memberikan kinerja optimal tergantung dari beban yang dibutuhkan ketika menjalankan aplikasi maupun sebuah konten.

Prosesor tersebut pun kemudian ditemani Intel® Iris® Xe Graphics untuk kebutuhan olah grafis yang mana sudah sangat memadai untuk penggunaan secara umum. Dengan begitu Acer Aspire Vero (14”) dijamin dapat digunakan untuk menikmati segala jenis konten secara nyaman.

Acer Aspire Vero 14 HWiNFO

Tak ketinggalan laptop ini pun dibekali RAM LPDDR4X 8GB dalam konfigurasi Dual Channel untuk melakukan aktivitas multitasking dengan lancar serta solusi penyimpanan SSD NVMe Gen4 berkapasitas 512 GB (dapat di-upgrade) agar sistem menghadirkan tingkat respon tinggi setiap saat.

Performa handal yang ditawarkan oleh dapur pacunya tersebut pun tercermin pada hasil benchmark yang telah dilakukan. Intel® Core™ i5-1235U yang ada di laptop ini mampu mendapatkan skor 881 poin untuk Single Core dan 7.592 poin untuk Multi Core ketika diuji menggunakan Cinebench R23.

Acer Aspire Vero 14 Cinebench

Sementara untuk performa sistem secara keseluruhan, Acer Aspire Vero (14”) berhasil meraih skor 4.953 poin untuk pengujian menggunakan PCMark 10 dan pada PCMark 8 Work mendapatkan skor mencapai 3.206 poin. Angka yang terlihat menjanjikan untuk laptop dengan bodi ramping seperti ini.

Acer Aspire Vero 14 PCMark

Jika masih belum yakin terhadap performa dari Acer Aspire Vero (14”), kamu tidak perlu khawatir jika berkeinginan untuk bermain game dalam mengisi waktu luang. Pasalnya laptop ini dapat menjalankan game-game yang bisa dikatakan tidak ringan dengan cukup lancar.

Acer Aspire Vero 14 SoTR

Misalnya saja pada Shadow of the Tomb Raider, laptop ini berhasil mendapatkan rata-rata sekitar 33 FPS pada pengaturan grafis Low dan resolusi 720p. Game AAA yang cukup berat ini terbilang masih bisa dimainkan dengan baik.

Acer Aspire Vero 14 Hitman

Sementara pada HITMAN World of Assassination bahkan mampu mendapatkan rata-rata 50 FPS pada pengaturan grafis serupa. Tentu ini berarti game sudah dapat berjalan dengan mulus yang mana akan memberikan pengalaman bermain yang optimal.

Konsumsi Daya Sangat Efisien

Performa mumpuni yang dimiliki oleh Acer Aspire Vero (14”) pun disempurnakan lagi lewat daya tahan baterainya yang tergolong memuaskan. Di dalam bodinya yang ramping tersebut terbenam baterai 56WHr 3-cell sebagai sumber tenaga ketika tidak terhubung ke sumber listrik.

Berdasarkan pengujian sintetis menggunakan PCMark 8 Work dengan kondisi lampu backlit mati dan kecerahan layar pada tingkat 50%, Acer Aspire Vero (14”) berhasil mencatatkan angka 7 jam 12 menit berkat kehadiran E-Core yang efisien.

Acer Aspire Vero 14 Baterai

Cukup tinggi mengingat kebanyakan laptop mainstream hanya bertahan sekitar 2,5 jam saja yang mana berarti laptop ini memiliki daya tahan baterai hingga 3x lebih baik. Tentu ini memungkinkan Acer Aspire Vero (14”) dapat digunakan secara nyaman ketika berada di luar ruangan.

Tidak perlu khawatir laptop kehabisan baterai di tengah-tengah meeting maupun konferensi saat belajar dan lainnya. Acer Aspire Vero (14”) jadinya dapat menemani aktivitas sehari-hari dengan mudah dalam sekali pengisian daya.

Berbicara pengisian daya, Acer Aspire Vero (14”) menggunakan charger 65 Watt melalui port USB-C yang mana dapat memulihkan daya baterai secara cepat. Acer pun mengklaim mengisi baterai selama 30 menit bisa memberikan masa penggunaan hingga 4 jam.

VeroSense Software Jadi Semakin Hemat Energi

Laptop ini secara bawaan juga dilengkapi VeroSense™ Software yang dapat mengoptimalkan penggunaan daya sehingga lebih efisien dan tahan lama untuk digunakan. Dengan begitu Acer Aspire Vero (14”) tidak hanya ramah lingkungan dari desainnya saja melainkan juga hemat energi dalam penggunaan sehari-hari.

Ada empat mode yang dapat dipilih pada VeroSense™ meliputi Performance, Balanced, Eco, dan Eco+. Setiap mode dapat digunakan sesuai kebutuhan dan aktivitas yang tengah dilakukan untuk mendapatkan pengalaman optimal.

Acer Aspire Vero 14 Eco Mode

Misalnya saja Balanced akan memberikan performa dan konsumsi daya yang seimbang sementara Eco+ akan melakukan penghematan daya secara ekstrim dengan berbagai fungsi dimatikan. Selain itu, VeroSense™ juga memungkinkan daya hanya terisi sampai 80% saja untuk menjaga kesehatan baterai jika laptop sering terhubung ke sumber listrik.

Sudah Tersertifikasi Intel Evo

Acer Aspire Vero (14”) sudah mendapatkan sertifikasi Intel® Evo™ yang berarti laptop memiliki daya tahan baterai, responsivitas (wake on sleep < 1 sec), konektivitas yang cepat (terdapat port Thunderbolt 4 dan Wifi 6E), audio yang baik, dan layar yang dengan visual memukau (100% sRGB) dalam bodi tipis dan ringan agar dapat fleksibel digunakan dalam skenario apapun.

Acer Aspire Vero (14”) dirancang untuk mendukung segala aktivitas penggunanya mulai dari para pekerja kantoran hingga pembuat konten. Acer Aspire Vero (14”) sebagai laptop tersertifikasi Intel® Evo™ membuat kamu tidak perlu pusing atau khawatir ketika membutuhkan perangkat yang dapat digunakan bekerja maupun aktivitas komputasi lainnya.

Acer Aspire Vero 14 (4)

Seperti yang sudah terlihat pada penjabaran sebelumnya, Acer Aspire Vero (14”) memang mempunyai kinerja dan daya tahan baterai yang dapat menunjang berbagai kebutuhan pengguna masa kini, termasuk soal hiburan sesuai dengan apa yang dijanjikan Intel® Evo™. Dengan penawaran harganya saat ini di 10 jutaan, Aspire Vero merupakan laptop platform Intel® Evo™ dengan harga terbaik di pasaran. Ditambah promo yang ditawarkan Acer berupa saldo Gopay Rp1 juta, maka bisa dibilang harga laptop Intel® Evo™ hanya 9 jutaan saja.

 

Acer Aspire Vero 14 (5)

Selain itu laptop ini pun pastinya bakal siap untuk digunakan pada masa depan karena juga sudah dilengkapi fitur modern seperti Wi-Fi 6E, Bluetooth 5.2, Thunderbolt 4, HDMI 2.1, maupun USB 3.2 Type-C dengan dukungan Fast Charging.

Tak ketinggalan laptop ini pun sudah mendukung Windows Hello melalui sensor pemindai jari yang ada di sisi kiri atas touchpad untuk otentikasi biometrik sehingga proses login menjadi lebih praktis dan aman.

Secara keseluruhan, Acer Aspire Vero (14”) merupakan laptop yang sangat menarik dan wajib untuk dipertimbangkan khususnya bagi kamu yang peduli terhadap lingkungan dan membutuhkan performa yang dapat diandalkan. Laptop ini menawarkan desain yang tetap terlihat kekinian sambil menawarkan performa jempolan.

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar