ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Menggunakan Do Not Disturb WhatsApp Biar Lebih Fokus

Cara Menggunakan Do Not Disturb WhatsApp - Header

Gadgetren – Layanan WhatsApp kini mempunyai sebuah dukungan untuk menandai berbagai panggilan masuk baik suara maupun video yang terlewatkan akibat mode Jangan Ganggu atau Do Not Disturb (DND).

Panggilan suara maupun video yang masuk ketika mode tersebut diaktifkan nantinya akan ditandai dengan keterangan “Silenced by Do Not Disturb”. Dengan begitu, kita bisa tahu siapa saja yang menghubungi kita melalui WhatsApp pada saat itu.

Fitur ini menariknya akan langsung tersedia secara otomatis selama kita memasang aplikasi paling mutakhir. Layanan WhatsApp akan langsung menyesuaikan pengaturannya berdasarkan aktif atau tidaknya mode Do Not Disturb di perangkat.

Cara Menggunakan Mode Do Not Disturb WhatsApp

  • Buka halaman Settings di ponsel.
  • Cari menu pengaturan Do Not Disturb menggunakan fitur penelusuran.
    Cara Menggunakan Do Not Disturb WhatsApp - 1
  • Ketuk menu pengaturan tersebut.
    Cara Menggunakan Do Not Disturb WhatsApp - 2
  • Aktifkan atau nonaktifkan tombol sakelar di samping opsi Do not disturb sesuai keperluan.
    Cara Menggunakan Do Not Disturb WhatsApp - 3

Ketika memilih untuk mengaktifkan mode Do Not Disturb, WhatsApp pun akan menandai setiap panggilan yang masuk dengan fitur ini. Kita secara khusus dapat melihatnya pada tab Call yang terdapat di dalam aplikasi.

Cara Menggunakan Do Not Disturb WhatsApp - 4

Selain melalui halaman pengaturan, mode Do Not Disturb umumnya juga dapat diakses melalui pintasan yang tersedia di Panel Cepat atau Quick Panel. Kita hanya perlu menarik status bar hingga semua menu terbuka lalu mengetuk ikon yang biasanya berbentuk bulan sabit.

Cara Menggunakan Do Not Disturb WhatsApp - 5

Perlu dicatat bahwa cara mengaktifkan mode Do Not Disturb kemungkinan bisa berbeda-beda untuk setiap model perangkat. Jadi kita kadang-kadang perlu menyesuaikan beberapa langkahnya agar sesuai dengan ponsel yang digunakan.

Sedikit informasi buat kamu yang belum tahu, mode Do Not Disturb sudah tersedia hampir di semua perangkat seluler. Kita secara khusus dapat memakainya untuk menghindari berbagai macam notifikasi dan pemberitahuan sehingga bisa lebih fokus saat bekerja atau belajar.

Do Not Disturb salah satunya dapat digunakan untuk membuat senyap notifikasi dari WhatsApp di mana termasuk pesan maupun panggilan. Jadi ketika kita melewatkan beberapa pemberitahuan dari layanan, kita pun dapat mengecek mode tersebut.

Sementara jika notifikasi masih tidak terdengar atau bahkan pemberitahuan belum muncul setelah menonaktifkan mode Do Not Disturb, kita pun perlu mengecek sejumlah hal lain. Adapun di antaranya meliputi koneksi internet, perizinan aplikasi, hingga pembaruan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar