ASUS ZenBook Pro 14 Duo OLED UX8402
Tips dan Trik Handphone

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Mode Jangan Ganggu HP OPPO

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Mode Jangan Ganggu HP OPPO Header

Gadgetre – Pada ponsel OPPO terdapat fitur Jangan Ganggu atau biasa disebut Do Not Disturb yang dapat mematikan semua notifikasi aplikasi kecuali alarm, timer, dan event kalender.

Dengan hadirnya fitur Jangan Ganggu atau Do Not Disturb, membuat kamu tidak akan terganggu ketika sedang melakukan pekerjaan, pembelajaran, maupun istirahat di malam hari karena semua notifikasi pesan dan suara tidak akan dimunculkan.

Selain dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur Jangan Ganggu secara manual, kamu juga dapat menyalakan secara otomatis dengan penjadwalan yang dapat diatur sesuai dengan hari dan rentang jam yang ditentukan.

Cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan Jangan Ganggu OPPO

Melalui Aplikasi Settings

  1. Buka aplikasi Settings.
  2. Pilih menu Sound & vibration.
  3. Pilih menu Do Not Disturb.
  4. Tekan tombol toggle Do Not Disturb ke posisi aktif.
  5. Untuk mematikannya, kamu tinggal membuatnya ke posisi nonaktif.

Setelah fitur Do Not Disturb aktif, maka semua notifikasi aplikasi tidak akan mengganggu aktivitas penting. Apabila kamu sedang memasang alarm atau event kalender, maka notifikasinya akan tetap muncul karena itu termasuk hal penting sehingga sistem memberikan pengecualian.

Bahkan kamu juga dapat mengatur ketika ada panggilan telepon secara terus menerus selama 3 menit untuk membuat nada deringnya berubah dari yang tadinya sunyi menjadi keras karena menurut sistem itu juga termasuk hal penting.

Sementara pada halaman Do Not Disturb, kamu dapat menyalakan fitur Schedules agar aktif secara otomatis tergantung pada jadwal hari dan rentang waktu yang diinginkan.

Selama fitur Do Not Disturb aktif, kamu juga dapat memberikan pengecualian notifikasi pesan dan panggilan telepon dari orang-orang tertentu yang dirasa penting. Selain itu, aplikasi tertentu juga dapat diatur agar dapat tetap memunculkan notifikasi walaupun fitur Jangan Ganggu aktif.

Sebenarnya ColorOS juga sudah menghadirkan tombol pintasan fitur Do Not Disturb atau Jangan Ganggu agar mudah diakses melalui Quick Settings sehingga tidak perlu masuk terlebih dulu ke aplikasi Settings.

Melalui Quick Settings

  1. Masuk ke Home Screen ponsel OPPO.
  2. Sapu layar dari atas ke bawah dengan satu jari.
  3. Quick Settings akan muncul.
  4. Cari dan tekan tombol Do Not Disturb hingga aktif.
  5. Selamat, fitur langsung aktif.

Langkah yang sama juga bisa kamu lakukan untuk menonaktifkan mode Jangan Ganggu. Bisa dibilang tombol di Quick Settings memang bisa menjadi pintasan yang cepat untuk mengakses, namun jika ingin melakukan pengaturan lebih mendalam tetap harus masuk terlebih dulu ke Settings.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar