ASUS ZenBook Pro 14 Duo OLED UX8402
Aplikasi Berita

Siap-Siap, Mulai 1 Desember 2023 Google Mulai Hapus Akun yang Nonaktif

Siap-Siap, Mulai 1 Desember 2023 Google Mulai Hapus Akun yang Nonaktif

Gadgetren – Terkait kebijakan baru Google yang akan melakukan penghapusan akun yang tidak aktif selama kurun waktu 2 tahun, kini Google memberikan pengumuman kembali mengenai kebijakannya tersebut.

Jika sebelumnya kebijakan penghapusan akun pribadi yang tidak aktif ini akan berlaku pada tanggal 23 Desember 2023, sekarang Google mempercepat jadwalnya menjadi mulai tanggal 1 Desember 2023.

Dalam situs resmi dukungan Google, pihak Google menyebutkan bahwa pada tanggal 1 Desember 2023 nanti merupakan tahapan awal untuk penghapusan akun Google yang tidak aktif. Dengan begitu kemungkinan penghapusan dilakukan akan secara bertahap.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Google juga mengatakan akan mengirim pemberitahuan lebih dulu kepada pengguna menjelang penghapusan berlangsung nanti melalui email maupun lewat email pemulihan sehingga mereka bisa mempersiapkan diri untuk melakukan pencadangan data.

Untuk mencegah akun Google yang tidak aktif selama dua tahun tidak dihapus maka pengguna harus melakukan beberapa cara antisipasi. Sebagai contoh pengguna minimal harus melakukan aktivitas pada akun Google yang terancam dihapus agar akun Google dianggap aktif.

Google menjelaskan ada beberapa aktivitas yang memungkinkan akun Google pengguna tidak dihapus seperti aktivitas sign in beserta membaca atau mengirim email, menggunakan Google Drive, menonton video YouTube, berbagi foto, mengunduh aplikasi, menggunakan Google Search, dan sign in dengan Google untuk masuk ke aplikasi atau layanan pihak ketiga.

Perlu diketahui pula, pihak Google mengungkapkan bahwa aktivitas akun Google di atas ditujukan berdasarkan akun dan bukan berdasarkan perangkat. Sementara itu untuk melakukan aktivitas tersebut, pengguna melakukannya di perangkat mana pun yang digunakan sehari-hari seperti handphone, tablet, atau laptop maupun PC Desktop.

Kebijakan ini tidak berlaku untuk Akun Google yang digunakan untuk perusahaan, perkantoran, sekolah, atau organisasi lainnya. Jika akun Google pengguna tidak digunakan dalam jangka waktu 2 tahun maka seluruh konten serta datanya dapat akan terhapus.

Untuk itu pengguna sebelumnya bisa mengunduh dan mengekspor data ke platform lain melalui fitur Google Takeout yang dapat dilakukan secara bertahap. Fitur Takeout tersedia di menu privacy and personalisation pada halaman akun Google pengguna.

Dengan menggunakan fitur tersebut kamu bisa menyelamatkan data-data yang penting pada akun Google kamu ke laptop maupun penyimpanan eksternal lainnya.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar