ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

Chipset Mediatek Dimensity 8300 Untuk Ponsel 5G Premium Resmi Rilis, Ini Keunggulannya

MediaTek-Dimensity-8300

Gadgetren – MediaTek secara resmi telah merilis chipset Dimensity 8300 yang merupakan keluarga baru dari seri Dimensity 8000. Meskipun sama-sama ditujukan untuk ponsel 5G premium seperti Dimensity 8200, chipset baru ini menawarkan kemampuan yang berbeda.

Chipset ini menawarkan kemampuan AI generatif berkat kehadiran AI APU 780, daya baterai bisa lebih hemat, memungkinkan tampilan visual mulus untuk pengalaman bermain game yang adaptif, dan didukung konektivitas cepat dalam jaringan 5G.

Dibangun melalui proses fabrikasi 4nm generasi ke-2 dari TMSC, chipset Dimensity 8300 menggunakan CPU Octa-Core yang berisi 4x Arm Cortex-A715 dan 4x Cortex-A510 yang menawarkan kecepatan operasi hingga 3.35GHz.

Chipset ini juga diklaim dapat memberikan kinerja CPU 20% lebih cepat sekaligus dapat mengalami peningkatan hemat daya 30% ketimbang chipset generasi sebelumnya. Bagian CPU juga ditemani dengan GPU Arm Mali-G615 MC6 yang disebut dapat memberikan kinerja hingga 60% dan lebih hemat daya 55% dibandingkan generasi sebelumnya.

Ditambah ada dukungan memori RAM LPDDR5X hingga 8533Mbps dan penyimpanan UFS4.0 with MCQ  untuk memastikan pengguna dapat menikmati konten dengan lancar baik itu bermain game, membuka banyak aplikasi, memotret, merekam video, dan masih banyak lagi.

Sementara kemampuan AI APU 780 memungkinkan chipset ini dapat menjalankan perintah suara atau chatbot seperti ChatGPT yang memanfaatkan Large Language Models (LLM) hingga 10B. Dengan begitu memungkinkan ponsel bisa melakukan perintah suara dari aplikasi bawaan yang disediakan.

AI APU 780 sendiri menggunakan arsitektur yang sama dengan chipset Dimensity 9300 pada vivo X100 sehingga memungkinkan adanya peningkatan komputasi pada INT dan FP16 hingga 2x maupun peningkatan kinerja AI 3,3x dibandingkan chipset Dimensity 8200.

 MediaTek-Dimensity-8300-spek

Penghematan baterai pada chipset ini diklaim dapat diimplementasikan pada semua aktivitas. Misalnya perekaman video bisa hemat baterai sebesar 7%, aplikasi pesan bisa hemat 8%, penggunaan sehari-hari bisa hemat 11%, dan pengalaman bermain game berat bisa hingga 25%.

Soal kamera, kemampuan AI generatif dipadukan dengan HDR-ISP Imagiq 14-bit dari MediaTek 980 disebut dapat merekam video lebih tajam dan jernih pada resolusi 4K60 dalam format HDR dan dapat merekam lebih lama berkat fitur hemat dayanya. Hasil video pun dapat menggunakan format H.264 dan HEVC.

Sedangkan sensor kamera dapat mendukung resolusi 320MP untuk kamera tunggal dan maksimal tiga kamera masing-masing sebesar 32MP. Selain itu juga menyediakan fitur-fitur bokeh, Electric Image Stabilization, Noise Reduction, dan AI Color.

Dukungan layarnya mampu hingga resolusi WQHD+ pada 120Hz atau Full HD+ pada 180Hz. Selain itu juga mendukung adaptif HDR10+, dukungan Smart BluLight Defender, dan dapat memutar video decoding beresolusi 4K dalam format AV1.

Untuk memberikan pengalaman bermain game yang hemat daya, tersedia fitur game adaptif HyperEngine yang memungkinkan perangkat dapat tetap adem sehingga pengguna dapat menikmati permainan dengan mulus tanpa lag maupun melakukan rendering video dengan lancar.

Lalu untuk konektivitas mendukung WiFi 6E dengan bandwidth 160MHz dan dilengkapi WiFi Antenna 2×2. Menggunakan teknologi bawaan WiFi/Bluetooth hibrida turut memungkinkan perangkat audio TWS seperti earbud, gamepad nirkabel, dan aksesoris lainnya bisa terhubung serta berjalan dengan lancar.

Tak ketinggalan modem 5G pada chipset Dimensity 8300 juga terintegrasi penuh dan dilengkapi agregasi operator 3CC yang memiliki kecepatan internet di jaringan 5G hingga 5,17Gbps.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar