ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

Dimensity 9300, Chipset Flagship Terbaru Mediatek Segera Hadir di Indonesia?

Dimensity 9300, Chipset Flagship Terbaru Mediatek Segera Hadir di Indonesia?

Gadgetren – Pada tanggal 6 November 2023 lalu, MediaTek mengumumkan kehadiran chipset 5G baru yang bernama Dimensity 9300. Chipset ini didukung prosesor AI APU 790 generasi terbaru yang diklaim mampu meningkatkan kinerja perangkat dan efisiensi energi untuk komputasi yang lebih cepat dan aman.

Dimensity 9300 menggunakan fabrikasi 4nm generasi ketiga TSMC yang dapat menawarkan kecepatan operasi hingga 3,25GHz. Selain itu chipset ini disebut memberikan peningkatan kinerja GPU hampir 46% dengan tingkat konsumsi daya yang sama dengan Dimensity 9200.

Chipset ini lebih hemat daya GPU sebesar 40% pada tingkat kinerja yang sama dengan generasi sebelumnya. Berkat ini dapat membuat performa perangkat bisa meningkat tanpa harus mengorbankan penggunaan baterai.

Selain itu tersedia dukungan raytracing yang dapat membantu meningkatkan kualitas visual semakin mulus pada 60fps. Ditambah lagi chipset ini memungkinkan pengguna melakukan banyak tugas dengan lancar sehingga mereka dapat bermain game dan streaming video secara bersamaan atau menonton video lain sambil bermain.

Soal fotografi, chipset Dimensity 9300 dengan dukungan AI generatif untuk pengambilan video dapat menghasilkan resolusi 4K pada 60fps dengan menggabungkan teknologi AI-ISP berdaya rendah dan HDR yang selalu aktif.  Chipset ini juga mendukung mode sinematik 4K pada 30 fps dengan pelacakan bokeh secara real-time hingga menghasilkan file foto dan video RAW.

Dimensity 9300 mendukung resolusi layar hingga WQHD pada 180Hz dan 4K hingga 120Hz yang dapat menghasilkan visual memanjakan mata. Selain itu juga teknologi RAM LPDDR5T 9600Mbps.

Terkait konektivitas untuk mengakses jaringan internet mendukung WiFi 7 yang dapat menghadirkan kecepatan hingga 6,5Gbps. Menariknya chipset ini sudah resmi digunakan oleh handphone flagship yang baru saja dipasarkan vivo di Tiongkok yakni vivo X100.

TKDN-vivo-2308

Adapun vivo X100 di Tiongkok memiliki dua model varian mencakup vivo X100 dan vivo X100 Pro. Kabar baiknya vivo X100 telah mendapatkan izin resmi dari pemerintah baik situs Postel SDPPI dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan TKDN dari Kementerian Perindustrian.

vivo X100 sendiri memiliki nomor model V2308 yang sudah terdaftar pada kedua situs pemerintah tersebut. Pada situs Postel, vivo X100 tertera memiliki nomor sertifikat SDPPI 94994/SDPPI/2023 yang terbit pada tanggal 7 November 2023 sebagai Pesawat Telepon Seluler.

Kemudian pada situs TKDN vivo X100 telah mencapai nilai TKDN sebesar 35.98 yang juga terdaftar sebagai Telepon Seluler yang mendukung jaringan 5G. Dengan lolos izin dari pemerintah, bisa dipastikan kemungkinkannya vivo X100 bakal segera hadir di Indonesia.

Namun begitu untuk informasi kepastian hadirnya vivo X100 kita harus menunggu kabar dari vivo Indonesia yang sampai kini belum memberikan bocoran terkait perangkat premium barunya itu.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar