ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Foto Beruntun di HP Xiaomi Buat Ambil Banyak Gambar Sekaligus

Cara Foto Beruntun di Xiaomi - Header

Gadgetren – Mengambil foto beruntun adalah salah satu teknik yang umum digunakan di fotografi. Biasanya dipakai untuk menangani subyek yang bergerak cepat seperti pemotretan di bidang olahraga.

Dengan menggunakan teknik ini, kita dapat mengambil foto dari setiap adegan tanpa melewatkan bagian penting. Misalnya untuk menyusun ulang gambar supaya perubahan transisi subyek dapat terlihat atau mencari salah satu yang paling bagus.

Untuk mempermudah penggunaan teknik ini, kebanyakan ponsel masa kini menariknya sudah dilengkapi sebuah fitur pengambilan gambar khusus yang biasa disebut burst mode. Kita yang menggunakan perangkat buatan Xiaomi dapat memakainya dengan cara berikut.

Cara Foto Beruntun di Xiaomi

  • Buka aplikasi kamera bawaan ponsel Xiaomi.
  • Arahkan kamera ke subyek foto.
  • Tarik tombol Shutter (lingkaran putih untuk mengambil foto) ke kanan atau kiri.
    Cara Foto Beruntun di Xiaomi - 1
  • Lepaskan jika dirasa sudah cukup.

Saat memakai burst mode, kamera ponsel Xiaomi bisa mengambil hingga 50 foto secara beruntun dalam sekejap. Jumlah pastinya akan diperlihatkan pada indikator angka yang muncul di lingkaran tempat tombol Shutter ketika ditarik.

Jika jumlahnya sudah mencapai 50 foto, aplikasi kamera Xiaomi sebenarnya akan langsung berhenti untuk mengambil gambar secara otomatis. Hanya saja kita bisa melepaskan tombol Shutter sebelum hal itu seperti langkah-langkah di atas untuk mengakhirinya secara manual.

Sama seperti pengambilan gambar biasa, hasil foto dengan burst mode di kamera bawaan perangkat Xiaomi juga dapat dilihat melalui Gallery. Kita juga dapat membukanya menggunakan File Manager atau aplikasi-aplikasi Photo Editor.

Selain burst mode yang memungkinkan kita mengambil banyak foto dalam rentang waktu singkat, kamera bawaan ponsel Xiaomi juga mendukung Timed Brust. Kita dapat memakainya untuk membuat time-lapse atau video dari kumpulan gambar yang diambil beruntun dengan jeda waktu dan jumlah tertentu.

Menggunakan Timed Brust di Xiaomi

  • Akses aplikasi kamera bawaan ponsel Xiaomi.
  • Ketuk Menu (ikon hamburger) di pojok kanan atas.
    Cara Foto Beruntun di Xiaomi - 2
  • Pilih ikon Timed Brust dari menu yang muncul.
    Cara Foto Beruntun di Xiaomi - 3
  • Ketuk keterangan di bawah ikon untuk membuka pengaturan interval dan jumlah foto yang diinginkan.
    Cara Foto Beruntun di Xiaomi - 5
  • Pastikan memegang ponsel dengan stabil atau gunakan alat bantu seperti tripod.
  • Tekan tombol Shutter.
  • Biarkan kamera mengambil gambar sampai selesai.

Berbeda dari burst mode, pengambilan foto beruntun dengan Timed Brust bisa memakan waktu yang sangat lama tergantung pengaturannya. Di mana secara mendasar umumnya akan disetel dengan interval 5 detik untuk 30 gambar.

Cara Foto Beruntun di Xiaomi - 6

Kita pun dapat mengubah intervalnya mulai dari 1 hingga 60 detik jika diperlukan. Sementara jumlah fotonya, bisa diatur dari 10 hingga 600 gambar. Semakin besar angka yang digunakan dalam pengaturan ini maka semakin lama proses pengambilannya.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar