Tips dan Trik

Peluncuran Sistem di HP Xiaomi Tiba-Tiba Berhenti Xiaomi? Ini Cara Mengatasinya

Mengatasi Peluncuran Sistem Telah Berhenti Xiaomi Header

Gadgetren – Meskipun smartphone atau HP Xiaomi mempunyai spesifikasi hardware dan fitur yag menarik, namun terkadang terjadi masalah pada sistemnya setelah digunakan oleh pengguna selama beberapa waktu.

Sistem merupakan salah satu bagian yang kerap kali dilanda masalah pada sebuah smartphone atau HP. Biasanya permasalahan ditandai dengan notifikasi peringatan “Peluncuran Sistem Telah Berhenti”.

Tentu saja hal tersebut menyebalkan, apalagi peringatannya muncul pada saat kamu sedang membalas chat, menonton video, memainkan game, atau melakukan aktivitas penting lainnya.

Lalu bagaimana jika kamu mengalaminya? Berikut ini merupakan cara untuk mengatasi masalah peluncuran sistem telah berhenti di HP Xiaomi.

Mengatasi Peluncuran Sistem Telah Berhenti di HP Xiaomi

1. Restart HP Xiaomi

Cara pertama yang paling mudah untuk dilakukan ketika muncul peringatan “Peluncuran Sistem Telah Berhenti” adalah melakukan restart terhadap smartphone Xiaomi. Kamu bisa menemukan tombol restart ketika menahan tombol Power selama beberapa detik.

Setelah melakukan restart, terkadang sistem akan langsung kembali normal. Namun jika masih tidak berhasil, maka kamu dapat melakukan cara yang lainnya.

2. Bersihkan Cache Peluncur Sistem

Cache merupakan data yang disimpan sementara di memori smartphone atau HP Xiaomi ketika kamu menggunakan aplikasi perangkat milikmu. Setiap aplikasi, termasuk Peluncur Sistem atau System Launcher mempunyai file cache sendiri dan membutuhkan ruang penyimpanan.

Biasanya sistem menjadi bermasalah atau error karena cache yang telah menumpuk. Untuk itu, kamu dapat membersihkan cache dari Peluncur Sistem atau System Launcher di menu Settings. Namun saya sarankan sebaiknya kamu rutin membersihkan cache agar sistem pada HP Xiaomi tetap stabil.

3. Hapus Data Peluncur Sistem

Apabila pembersihan cache masih tidak berhasil membuat HP Xiaomi menjadi kembali normal dan masih menimbulkan peringatan “Peluncuran Sistem Telah Berhenti”, maka kamu dapat menghapus data Peluncur Sistem atau System Launcher di menu Settings.

4. Lepas Launcher Pihak Ketiga

Meskipun Launcher pihak ketiga mempunyai fitur-fitur menarik, terkadang hal ini bisa menyebabkan masalah. Apalagi kalau kamu mengunduh dan menginstalnya dari situs selain Google Play Store. Sebaiknya kamu melepas Launcher pihak ketiga tersebut, apabila muncul “Peluncuran Sistem Telah Berhenti” dan menggantinya dengan Peluncur bawaan.

5. Update MIUI

Terkadang muncul berbagai bug pada saat kamu diminta untuk melakukan update MIUI terbaru yang salah satunya muncul peringatan “Peluncuran Sistem Telah Berhenti”. Untuk itu, sebaiknya kamu melakukan update atau upgrade MIUI terbaru yang telah muncul secara OTA (Over-The-Air) di HP Xiaomi milikmu.

6. Hapus Virus Atau Malware

Terkadang virus atau malware yang bersarang di HP Xiaomi bisa menyebabkan System Launcher bermasalah. Untuk mengatasinya, kamu dapat menghapus virus atau malware menggunakan aplikasi antivirus (AVG, Avast, Kaspersky, dan lainnya) atau aplikasi pembasmi malware (Malwarebytes Security).

7. Factory Reset

Apabila cara-cara di atas tidak dapat mengatasi masalah dan peringatan “Peluncuran Sistem Telah Berhenti” masih muncul, maka melakukan Factory Reset terhadap smartphone menjadi jalan terakhir. Biasanya dengan cara ini akan membuat sistem kembali pulih seperti kondisi pada saat HP Xiaomi pertama kali dibeli.

Namun perlu dicatat, kamu harus melakukan backup atau mencadangkan data penting terlebih dahulu karena Factory Reset akan menyebabkan data-data yang ada di dalam hilang.

Tinggalkan Komentar