ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Berita

Backup WhatsApp Habiskan Storage Google? Ini Cara Mengantisipasinya

Aplikasi Whatsapp

Gadgetren –  Aplikasi pesan dan panggilan Whatsapp milik Meta seperti kamu tahu kerap melakukan pencadangan yang akan disimpan ke Google Drive. Namun tak hanya pesan saja yang biasanya dicadangkan, media menjadi bagian yang memakan kapasitas besar terutama dari grup WhatsApp.

Jika kamu menyalakan fitur media supaya tersimpan di galeri secara langsung, maka akan ikut pula tersimpan saat pencadangan berlangsung. Dengan begitu akan membuat penyimpanan ke Google Drive yang mana hanya menyediakan kapasitas hingga 15GB saja secara bawaan.

Saya sendiri memiliki back up data WhatsApp sekitar 814MB, sedangkan Tim Gadgetren lainnya beragam dengan yang paling kecil 130MB, menengah 604 MB, hingga bahkan ada yang mencapai 6,1 GB. Semuanya masih terbilang bisa dicadangkan ke dalam penyimpanan Google Drive.

Tim Gadgetren pun memiliki rata-rata ukuran back up data WhatsApp sekitar 1GB yang juga masih bisa ditampung ke dalam Google Drive. Nah apabila kamu memiliki kapasitas pencadangan melebihi 15GB di luar bawaan yang diberikan Google Drive, maka ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan agar mendapatkan penyimpanan yang muat.

Keterangan tertulis dari pihak Google menariknya memberikan solusi terkait proses pencadangan pesan dan file media WhatsApp. Salah satunya dengan melakukan langganan layanan penyimpanan dan pencadangan Google One. 

Untuk dapat melakukan upgrade Google One, kamu harus menggunakan akun personal Gmail dan memilih paket berlangganan bulanan atau tahunan. Paket langganan bulanan dimulai dengan penyimpanan 100GB seharga Rp26.900 per bulan, 200GB seharga Rp43.000 per bulan, dan 2TB seharga Rp135.000.

Sementara paket langganan Google One tahunan dimulai 100GB seharga Rp269.000 per tahun, Rp430.000 per tahun, dan Rp1.350.000 per tahun. Selain mendapatkan fasilitas penyimpanan cloud, kamu yang berlangganan menjadi anggota Google One juga akan mendapatkan fitur keamanan dan privasi mutakhir seperti perlindungan VPN, laporan web gelap, dan masih banyak lagi.

OPPO Find N2 Flip - WhatsApp Labs - Video Call dan Call

Kemudian juga dapat menikmati fitur dan penawaran khusus yang membantu kamu bisa memaksimalkan Google seperti fitur editing Magic Eraser di Google Photos yang memungkinkan kamu bisa menghapus hal mengganggu di belakang objek utama foto hingga mendapatkan Google Store Reward dan lain sebagainya.

Selain menggunakan Google One, kamu yang telah mencapai batas penyimpanan bisa melakukan pengosongan ruang penyimpanan untuk melanjutkan pencadangan dengan menghapus file tidak penting baik itu dokumen, foto, dan video. Kamu pun bisa melakukannya melalui menu Storage dan Data pada perangkat.

Mengosongkan ruang Storage dan Data perangkat juga bisa menghapus data-data di Google Drive pada akun Google pribadi kamu sendiri melalui https://drive.google.com/drive/quota. Foto, video, dan dokumen berukuran besar bisa menjadi prioritas file yang dihapus.

Selain itu kamu juga bisa menghapus file berukuran besar langsung dari WhatsApp yang mana hal ini lebih efisien karena menghapus item dari WhatsApp akan menghapusnya dari penyimpanan cloud Google Drive sehingga dapat mengurangi penyimpanan yang digunakan oleh pencadangan WhatsApp berikutnya.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar