Berita Smartphone

Dukung 5G, Chipset Qualcomm Snapdragon 782G Resmi Diperkenalkan

Qualcomm-Snapdragon-782G

Gadgetren – Qualcomm secara resmi telah merilis chipset gaming terbarunya yang dibekali jaringan 5G yakni Snapdragon 782G. Chipset ini juga merupakan pengganti dari Snapdragon 778G Plus.

Berdasarkan situs Qualcomm melalui keterangan resminya, chipset Snapdragon 782G menghadirkan peningkatan dari pendahulunya pada sektor performa sehingga menawarkan pengalaman penggunaan handphone untuk gaming, hiburan dengan kualitas layar HDR, dan panggilan telepon atau video dengan suara yang jernih.

Lebih jauh chipset Snapdragon 782G berisi CPU delapan inti yang dibuat melalui pemrosesan fabrikasi 6nm dengan kecepatan maksimal 2,7GHz. Performa CPU diklaim memberikan peningkatan 5% dan pada bagian GPU membawa peningkatan 10% dari generasi sebelumnya.

Untuk mendukung aktivitas bermain game, chipset tersebut juga dilengkapi fitur Snapdragon Elite Gaming yang turut memberikan fitur seperti Variable Rate Shading dan Qualcomm Game Quick Touch untuk menghadirkan pengalaman bermain game lebih imersif serta responsif.

Terlebih lagi, chipset ini didukung teknologi Qualcomm Al Engine dengan prosesor Qualcomm Hexagon dan Sensing Hub. Al Engine akan berguna untuk memberikan pengalaman terbaik pada setiap sistemnya seperti untuk fotografi, komunikasi, dan masih banyak lagi.

Pada aspek fotografi, dengan hadirnya Al Engine akan membantu pengambilan foto dan video kondisi cahaya minim, pembesaran gambar, dan autofocus.

Tak hanya itu, untuk sektor fotografi chipset tersebut juga telah dibekali teknologi Qualcomm Spectra ISP dan 14-bit triple ISP. Resolusi foto dengan chipset ini akan mencapai 200 MP sedangkan untuk pengambilan video akan bisa menghasilkan kualitas 4K HDR.

Soal konektivitas, chipset Snapdragon 782G juga digadang akan memberikan latensi rendah untuk pengalaman gaming, streaming video, panggilan video, dan lain-lainnya. Chipset ini juga berbekal Snapdragon X53 5G Modem-RF System, Qualcomm FastConnect 6700 System Wi-Fi 6/6E, mendukung frekuensi 5G mmWave dan Sub-6 GHz, serta mode NSA dan SA.

Sementara itu chipset ini mendukung Bluetooth 5.2 dan codec audio Qualcomm aptX serta Snapdragon Sound untuk memberikan pengalaman transmisi suara dengan 24-bit 96-kHz untuk streaming musik.

Ditambah lagi menyediakan pengisian daya cepat Qualcomm Quick Charge 4+ yang diklaim bisa mengisi baterai handphone dari 0 menjadi 50 persen hanya dalam waktu 15 menit.

Tinggalkan Komentar