ASUS TUF Gaming FX507
Rekomendasi Handphone

7 HP Xiaomi dengan NFC Biar Aktivitas Lebih Mudah

HP Xiaomi Dengan NFC - Header

Gadgetren – Dukungan NFC atau Near-Field Communication termasuk salah satu aspek yang dapat dipertimbangkan ketika kita perlu memilih sebuah ponsel sebelum benar-benar meminangnya.

NFC soalnya memungkinkan sebuah ponsel mempunyai beberapa fungsi tambahan yang mana pastinya dapat membantu kita sebagai pengguna. Adapun di antaranya seperti mengecek kartu e-money, menyelesaikan pembayaran digital, hingga menghubungkan aksesori.

Kita yang sedang memerlukan ponsel dengan dukungan NFC apalagi kini dapat lebih mudah untuk menemukannya di mana bahkan mulai dari kelas entri. Perangkat-perangkat buatan Xiaomi berikut pun menjadi sebagian di antara yang kami rekomendasikan.

1. POCO M5

HP Xiaomi Dengan NFC - POCO M5

Mulai dari yang paling terjangkau, kita bisa mempertimbangkan POCO M5. Harga perangkat entri dari Xiaomi ini apalagi sudah turun lumayan banyak di mana kini bahkan dapat dipinang mulai dari Rp1.399.000 jika mengacu laman Xiaomi Official Store.

Perangkat yang dirilis pada akhir Tahun 2022 ini pun tak hanya mengandalkan NFC sebagai keunggulan. Kami yang sempat melakukan hands-on pun merasa bahwa kinerja dan kemampuan kamera milik POCO M5 juga tergolong sangat baik.

POCO M5 memang sudah menggunakan MediaTek Helio G99 yang dapat dipacu dengan frekuensi hingga 2,2GHz sebagai dapur pacu. Dikombinasikan bersama memori dengan konfigurasi mulai dari 4GB + 64 GB, perangkat pun diklaim mampu mencapai lebih dari 330.000 poin saat diuji dengan AnTuTu V9.

Tim Gadgetren sendiri pernah menjajalnya untuk bermain game Pokémon United. POCO M5 pun mampu berjalan dengan lancar meskipun pengaturan frame rate dan grafisnya menggunakan setelan paling tinggi. Perlu dicatat bahwa perangkat ini juga mendukung layar FHD+ hingga 90Hz.

Untuk kameranya, POCO M5 yang hadir dengan lensa utama 50 MP, makro 2 MP, dan kedalaman 2 MP pun dapat menghasilkan gambar jernih dan berkualitas bagus. Ditambah lagi ada fitur HDR yang dapat membuat obyek terlihat jelas dengan warna sesuai.

2. Redmi Note 12

HP Xiaomi Dengan NFC - Redmi Note 12

Redmi Note 12 pun dapat menjadi alternatif yang berikutnya. Hanya saja kita nanti memang perlu mengeluarkan lebih banyak uang karena perangkat yang turut menawarkan fitur NFC ini dibanderol mulai dari Rp2.099.000 di Xiaomi Official Store.

Mengusung jargon Jawara Tanpa Batas, perangkat ini menawarkan kinerja mumpuni di mana bahkan sudah bisa diandalkan untuk bermain game sekalipun. Redmi Note 12 soalnya dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 685 berkecepatan hingga 2,8GHz.

Terbukti dalam uji pemakaian kami, perangkat tersebut mampu menangani game Mobile Legends: Bang Bang pada pengaturan grafis Ultra dengan refresh High dan HD Mode aktif secara lancar. Redmi Note 12 juga berhasil mengemas skor 311.056 poin pada AnTuTu V9.

Kami di sisi lain juga merasa Redmi Note 12 juga mempunyai layar yang menawan. Perangkat ini sudah menggunakan panel AMOLED berukuran 6,67 inci dan beresolusi FHD+ (2400 x 1800 piksel) yang menunjang pengaturan tingkat kecerahan hingga 1200nits.

Layar Redmi Note 12 juga mendukung refresh rate hingga 120Hz dan sudah tersertifikasi oleh SGS Seamless Pro. Artinya, animasi gambar dari video dan game yang ditampilkan dapat terlihat lebih mulus sehingga kita dapat menikmati pengalaman visual lebih baik.

3. POCO X5 Pro 5G

HP Xiaomi Dengan NFC - POCO X5 Pro 5G

Tersedia di Xiaomi Official Store dengan harga mulai dari Rp3.799.000, POCO X5 Pro 5G pun juga menjadi salah satu opsi saat kita mencari perangkat yang mendukung NFC. Apalagi jika kita memerlukan ponsel dengan kinerja lebih bertenaga.

Qualcomm Snapdragon 778G berkecepatan hingga 2,4GHz yang dibawanya termasuk salah satu chipset bertenaga di kelas menengah. Pengujian internal Tim POCO bahkan mencatat bahwa perangkat ini bisa menembus skor 545 ribu poin di AnTuTu dengan memakainya.

Menariknya, perangkat satu ini juga sudah mendukung teknologi 67W Turbo Charging yang secara teknis mampu mengisi daya hingga penuh hanya dalam waktu sekitar 45 menit. Jadi kita pun dapat segera melanjutkan aktivitas yang sempat tertunda tanpa menunggu lama.

Dalam menyokong kebutuhan dayanya, POCO X5 Pro 5G di sisi lain sebenarnya sudah menggunakan baterai berkapasitas 5.000mAh. Perangkat ini pun diklaim mampu bertahan hingga 20 jam untuk memutar video dalam satu siklus pengisian daya.

Pengalaman menonton video atau bermain game di POCO X5 Pro 5G juga terasa lebih menyenangkan karena layarnya sudah memakai teknologi Flow AMOLED. Dengan refresh rate hingga 120Hz dan tingkat kecerahan hingga 900 nits, tayangan gambarnya pun bisa semakin bagus dengan Dolby Vision.

4. Redmi Note 12 Pro 5G

HP Xiaomi Dengan NFC - Redmi Note12 Pro 5G

Versi tertinggi dari lini keluarga Redmi Note 12 juga bisa menjadi pilihan bijak yang selanjutnya. Perangkat bernama Redmi Note 12 Pro 5G ini bahkan akan sangat cocok buat kita yang membutuhkan ponsel dengan dukungan kamera mumpuni.

Perangkat yang dibanderol dengan harga Rp4.199.000 di Xiaomi Official Store ini dilengkapi dengan sensor Sony IMX766 yang mempunyai resolusi hingga 50MP. Redmi Note 12 Pro 5G di atas kertas makanya mampu menghasilkan gambar yang sangat baik.

Sony IMX766 sendiri adalah salah satu sensor yang sering menjadi andalan ponsel di kelas atas. Dengan ukuran sebesar 1/1,56” yang ditunjang oleh teknologi 4-in-1 pixel binning, sensor kamera tersebut mampu menangkap lebih banyak cahaya dan menghadirkan sensitivitas lebih baik.

Untuk mesinnya, Redmi Note 12 Pro 5G mengandalkan MediaTek Dimensity 1080 yang dapat berjalan hingga 2,6GHz. Kemampuannya pun tak boleh dipandang sebelah mata karena rata-rata mampu menyentuh angka antara 475 ribu hingga 510 ribu ketika dites dengan AnTuTu V9.

Dukungan multimedia yang ditawarkan oleh Redmi Note 12 Pro 5G juga sangat lengkap. Perangkat ini di antaranya sudah membawa teknologi Dolby Vision, Dolby Atmos, maupun Hi-res Audio. Layarnya pun menggunakan P-OLED yang mendukung refresh rate hingga 120Hz.

5. POCO F5

HP Xiaomi Dengan NFC - POCO F5

Ponsel Xiaomi dengan dukungan NFC yang kami rekomendasikan selanjutnya adalah POCO F5. Perangkat ini secara khusus dapat dipinang dengan harga mulai dari Rp4.999.000 di Xiaomi Official Store. Lebih mahal tetapi membawa sejumlah dukungan yang lebih baik.

Semisal pada dapur pacunya, perangkat ini sudah mengandalkan Qualcomm Snapdragon 7+ Gen 2 yang menawarkan frekuensi maksimal hingga 2,91GHz. Xiaomi mengombinasikannya bersama RAM mulai 8GB dan penyimpanan 256GB.

Jadi sangat wajar apabila POCO F5 mempunyai kinerja yang bisa diandalkan. Bahkan berdasarkan proses pengujian internal perusahaan, perangkat tersebut tercatat mengemas skor hingga 969.903 poin pada uji coba benchmark AnTuTu V9.

Sama seperti perangkat-perangkat papan atas pada lini keluarga POCO secara umum, ponsel ini juga dilengkapi dengan layar berteknologi Flow AMOLED. Panelnya secara khusus membentang hingga seluas 6,67 inci dengan resolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel) dan refresh rate hingga 120Hz.

Baterai perangkat ini juga sudah menggunakan penyimpanan daya berkapasitas hingga 5.000mAh yang mampu bertahan lama. Di samping itu, ada juga teknologi 67W Turbo Charging yang dapat mempersingkat durasi waktu pengisiannya.

6. Xiaomi 13T

HP Xiaomi Dengan NFC - Xiaomi 13T

Jajaran ponsel dari keluarga number series yang mana umumnya menyasar pasar menengah ke atas pun juga tak boleh kita lewatkan jika menjadikan NFC sebagai aspek pilihan utama. Kita dalam hal ini salah satunya dapat melirik Xiaomi 13T yang belum lama meluncur.

Secara khusus, kita dapat mempertimbangkan ponsel satu ini apabila membutuhkan kemampuan fotografi dan videografi yang mumpuni. Xiaomi 13T soalnya sudah menggunakan sistem kamera profesional yang dikembangkan bersama Leica.

Sistem kamera professional yang ditawarkan oleh Xiaomi 13T terdiri dari Lensa Summicron dengan resolusi hingga 50MP, telefoto 50MP, dan sudut lebar 12MP. Kemampuan pengambilan gambarnya pun semakin baik dengan adanya dukungan sensor OIS (Optical Image Stabilization).

Di sisi lain, dapur pacu dari Xiaomi 13T juga sangat tinggi. MediaTek Dimensity 8200-Ultra berkecepatan hingga 3,1GHz yang dibawanya menawarkan berbagai macam teknologi mutakhir di mana termasuk teknologi pencitraan Imagine Brain untuk meningkatkan kemampuan pengambilan gambarnya.

Hanya saja untuk meminang ponsel dengan layar AMOLED yang memiliki resolusi 1,5K (2712 x 1220 piksel) dan refresh rate hingga 144Hz ini, kita harus menyiapkan dana Rp6.499.000. Harga tersebut mengacu informasi di laman penjualan Xiaomi Official Store.

7. Xiaomi 12 Pro

HP Xiaomi Dengan NFC - Xiaomi 12 Pro

Sebagai alternatif terakhir, ada Xiaomi 12 Pro yang dipasarkan dengan harga Rp9.999.000 (link Xiaomi Official Store). Perangkat ini tentu saja dapat menjadi pilihan paling baik saat kita memerlukan ponsel dengan dukungan yang komplit di mana mencakup NFC di dalamnya.

Xiaomi 12 Pro merupakan perangkat kelas atas yang menawarkan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 dengan kecepatan maksimal sampai 3,0GHz sebagai otaknya. Dipadukan dengan RAM 12GB dan penyimpangan 256GB, kemampuannya pun tak boleh diremehkan.

Yang cukup menarik dari ponsel satu ini, Xiaomi sudah menyematkan teknologi Smart 120W HyperCharge yang mampu mengisi baterai 4.600mAh miliknya hingga penuh hanya dalam waktu 18 menit. Mereka selain itu juga telah menggunakan pengisi nirkabel berdaya 50W.

Panel layar yang digunakan Xiaomi untuk perangkat ini pun sangat menawan. Mereka telah menggunakan AMOLED beresolusi WQHD+ (3200 x 1440 piksel) yang ditunjang dengan teknologi LTPO untuk memungkinkan pengaturan refresh rate adaptif (AdaptiveSync Pro) dari 1 hingga 120Hz.

Kemampuan fotografi dan videografi dari Xiaomi 12 Pro juga tak boleh dilupakan saat mempertimbangkannya. Perangkat ini telah dipersenjatai dengan sensor Sony IMX707 beresolusi 50MP dan OIS yang dikombinasikan bersama lensa telefoto dan sudut lebar 50MP.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar