ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Menggunakan FlexForm Interval Shooting di OPPO Find N3 Flip

Fitur OPPO Find N3 Flip - Flexform

Gadgetren – Dengan memiliki layar utama yang fleksibel dan engsel yang kokoh, OPPO Find N3 Flip dapat menjadi mode FlexForm untuk mengambil foto atau video dengan sudut yang tidak dapat dilakukan oleh ponsel standar.

Bagi kamu yang belum mengetahuinya, FlexForm merupakan bentuk OPPO Find N3 Flip ketika dalam kondisi ditekuk antara sudut 45 hingga 120 derajat yang menjadi ponsel ini dapat didirikan tanpa perlu dipegang oleh tangan.

Hadirnya FlexForm Interval Shooting memudahkan kamu untuk memotret menggunakan kamera belakang tanpa perlu memegang Find N3 Flip karena diletakkan dengan sudut 90 derajat, namun bisa sambil melihat preview subjek yang difoto pada cover screen layaknya menggunakan kamera depan.

FlexForm Interval Shooting - Shot

Sementara Interval Shooting dimaksudkan bahwa pada saat keadaan Flex Form, kamu dapat melakukan foto secara otomatis dengan jumlah foto yang diambil beserta jeda waktunya.

Misalnya saja pada Interval Shooting, kita dapat menentukan agar mengambil 5 foto secara otomatis dengan jeda waktu 3 detik. Biasanya jeda waktu digunakan untuk persiapan gaya terlebih dulu agar posisi subjek terlihat ciamik pada hasil fotonya.

Secara bawaan, kamu harus mengaktifkan terlebih dulu fitur Interval Shooting di aplikasi kamera bawaan dari OPPO Find N3 Flip. Setelah fiturnya aktif, maka awalnya aplikasi akan memberikan pengaturan Interval Shooting dengan pengambilan 5 foto dan jeda atau interval waktu sebanyak 3 detik.

Namun kamu dapat mengatur jumlah foto yang diambil dengan minimal 5 foto hingga maksimal 50 foto. Sementara jeda atau intervalnya dapat diatur antara minimal 1 detik hingga maksimal 10 detik sesuai dengan kebutuhan.

Menurut saya sendiri interval selama 3 detik memang sudah proporsional untuk berganti gaya ketika proses pengambil foto otomatis. Saya juga mengatur jumlah shot hingga 15 foto agar dapat menghasilkan foto dengan banyak gaya.

Cara Menggunakan FlexForm Interval Shooting di OPPO Find N3 Flip

  1. Buka layar utama Find N3 Flip hingga menjadi mode FlexForm dengan sudut 90 derajat
  2. Selanjutnya, buka aplikasi kamera bawaan
  3. Nantinya, preview foto akan muncul di setengah layar atas dan menu serta tombol akan muncul di setengah layar bawah
    FlexForm Interval Shooting - Sudut 90 Derajat
  4. Pilih menu Options berikon tiga garis di bagian kanan atas pada setengah layar bawah
    FlexForm Interval Shooting - Settings - Interval
  5. Klik menu Interval
    FlexForm Interval Shooting - Settings - Interval 2
  6. Pada menu pop-up yang muncul, tekan tombol toggle Interval shooting ke posisi aktif
  7. Tentukan jumlah foto yang akan diambil dan interval waktu yang dibutuhkan
    FlexForm Interval Shooting - Settings - Interval 3
  8. Keluar dari menu Options
  9. Pilih menu Dual Preview berikon kotak dengan garis di bagian kiri atas pada setengah layar bawah
    FlexForm Interval Shooting - Settings - Dual Preview Icon
  10. Setelah notifikasi Dual Preview: On aktif, maka preview foto akan dimunculkan juga pada cover screen
    FlexForm Interval Shooting - Settings - Dual Preview On
  11. Selanjutnya, letakkan Find N3 Flip pada permukaan yang sesuai, seperti meja, lantai, dan lainnya
  12. Kamu sendiri atau bersama teman dapat posisikan diri untuk mengambil foto yang pasFlexForm Interval Shooting - Shot
  13. Preview foto dapat dilihat di cover screen
  14. Arahkan telapak tangan ke arah kamera belakang hingga muncul secara pas di cover screen
    FlexForm Interval Shooting - Telapak Tangan
  15. Setelah ikon telapak tangan muncul, maka foto akan diambil secara otomatis sesuai dengan jumlah foto dan interval yang dipilih
    FlexForm Interval Shooting - Ikon Palm
  16. Hasil foto dapat kamu lihat di apllikasi Photos atau My Files

Perlu dicatat bahwa pada saat layar utama dibuka, maka secara otomatis cover screen tidak akan aktif. Untuk itulah kamu perlu mengaktifkan fitur Dual Preview berikon kotak dengan garis di tengah terlebih dulu sehingga Preview untuk berfoto akan muncul di layar utama sekaligus cover screen.

Selain itu, gesture telapak tangan atau Palm akan secara bawaan aktif pada aplikasi kamera bawaan sejak Find N3 Flip pertama kali diaktifkan. Dengan begitu, kamu tidak perlu melakukan pengaturan terlebih dulu karena gesture palm aktif secara otomatis.

Menariknya, OPPO Find N3 Flip hadir dengan dukungan tiga kamera belakang yang dikembangkan bersama Hasselblad sehingga mumpuni ketika menghasilkan foto maupun video.

Tiga kamera belakang ini hadir dengan konfigurasi kamera utama 50 MP, telefoto 32 MP, dan ultrawide 48 MP. Bagi kamu yang tertarik dengan OPPO Find N3 Flip, maka sudah dapat membelinya secara resmi di OPPO Online Store dengan harga yang mencapai Rp15.999.000.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar