ASUS ROG G22CH
Berita Wearable

Humane Ai Pin, Asisten AI Mungil Seharga 10 Jutaan yang Bisa Ditempel di Baju

Humane Ai Pin, Asisten AI Mungil Seharga 10 Jutaan yang Bisa Ditempel di Baju

Gadgetren – Setelah diperkenalkan pada bulan Mei 2023 silam dalam acara TED Talks, Humane, sebuah produsen software dan hardware berbasis AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan secara resmi telah merilis perangkat wearable terbarunya yang bernama Ai Pin.

Sesuai namanya Ai Pin mengandalkan teknologi AI yang bisa ditempel di baju layaknya pin. Pengguna handphone yang tadinya melakukan aktivitas menggunakan proses mengetik pada layar besar kini dengan Ai Pin bisa berganti dengan perangkat kecil yang hanya mengandalkan suara saja.

Dengan Ai Pin pengguna pun dapat melakukan beragam aktivitas hanya dengan menggunakan suara dan sedikit membaca karena Ai Pin didukung fitur Laser Ink Display yang memungkinkan pengguna dapat membaca informasi dari sorotan Laser pada perangkat yang tertuju di telapak tangan.

Pengguna Ai Pin tak hanya bisa bertanya terkait informasi apapun yang ingin diketahuinya tetapi juga mendapatkan informasi dari suara AI mengenai pesan, email, jadwal kalender, hingga melakukan panggilan telepon.

Perangkat Ai Pin ini dibanderol dengan harga $699 atau setara dengan Rp10,9 jutaan dan akan mulai bisa dipesan di pasar Amerika Serikat pada tanggal 16 November 2023 mendatang. Belum diketahui lebih jauh apakah Ai Pin dipasarkan di wilayah lainnya seperti Eropa, Asia, termasuk Indonesia.

Namun begitu perangkat mungil ini akan menjadi permulaan sebuah gadget yang secara menyeluruh mengandalkan AI untuk membantu pengguna melakukan berbagai aktivitas mereka sehari-hari.

Ada tiga jenis model Ai Pin mencakup varian Eclipse, Equinox, dan Lunar. Model Eclipse dilapisi material Super Matte Black Anodized dengan lapisan aluminum sedangkan dua lainnya mengusung finishing Polished Silver yang juga dilapisi alumunium.

Ketiganya memiliki touchpad di bagian bawahnya untuk pengguna melakukan navigasi gestur jari untuk beragam fungsi. Warna touchpad model Eclipse dan Equinox memiliki warna hitam sedangkan untuk Lunar menyediakan touchpad warna putih. Touchpad Ai Pin dilindungi Corning Gorilla Glass Victus sehingga tahan terhadap goresan.

Secara fisik Ai Pin mempunyai bobot hanya 34,2 gram dengan ketebalan di bagian bawah touchpad sekitar 8,25 mm sedangkan di bagian atas kepalanya terdapat tempat lensa dan laser yang memiliki ketebalan 14,98mm.

 Humane-AiPin-tiga-model

Ai Pin dibekali aksesoris tambahan seperti Clip untuk menyematkan ke pakaian ketika dikenakan untuk bepergian. Selain itu terdapat aksesoris lainnya seperti Battery Booster untuk pengisian daya secara wireless dan aksesoris Latch untuk metode penempelan lainnya ke pakaian secara magnetik.

Ai Pin mendukung lensa sudut lebar beresolusi 13MP yang dapat menghasilkan foto 4208 x 3120 piksel. Lensa tersebut dilengkapi FOV 120° dan aperture f/2.4 dan focal length 40cm. Ai Pin sayangnya belum bisa merekam video namun begitu pihak Humane menginformasikan akan menghadirkan perekaman video pada Ai Pin generasi berikutnya.

Di dekat kameranya, Ai Pin juga dibekali lampu LED Trust Light yang akan menyala sesuai kegunaannya seperti warna hijau di mana fitur kameranya sedang digunakan, warna merah untuk tanda fungsi telepon, mikrofon warna oranye, warna hijau saat memindai sesuatu, dan warna-warni saat tombol power dinyalakan.

Selain lampu LED, Ai Pin di bagian atas juga menyediakan lampu RGB LED lainnya bernama Beacon yang berfungsi sebagai notifikasi ketika ada panggilan telepon masuk dari nomor kontak maupun pesan masuk, hingga ada peringatan seperti area, suhu, serta pesan layanan masuk, dan notifikasi untuk mengisi daya.

Untuk menjalankan fungsi-fungsi canggihnya, Ai Pin ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon Octa-Core dengan kecepatan 2.1 GHz yang disebut dirancang khusus untuk perangkat AI untuk mengoptimalkan kinerja performa. Chipset tersebut dipadukan dengan RAM berkapasitas 4GB dan penyimpanan internal eMMC 32GB.

Humane-AiPin-Interactions.

Ai Pin menyediakan dukungan jaringan operator seluler T Mobile yang termasuk dalam paket penjualannya dengan biaya bulanan $24 atau setara Rp377 ribuan seperti dilansir The Verge dalam laporan David Pierce. Selain itu Ai Pin memiliki fitur lainnya seperti WiFi 5, Bluetooth 5.1, audio codec SBC, AAC, LDAC, aptX HD, serta dua mikrofon dan speaker bawaan.

Untuk mengoperasikan dengan gestur jari pada touchpad pengguna dapat menggunakan satu jari dengan cara mengetuk sekaligus menahan untuk menyalakan mikrofon dan melakukan perintah suara.

Kemudian mengetuk dua kali untuk panggilan telepon, menjawab atau menghentikan panggilan telepon, dan untuk menyalakan musik atau menghentikan musik. Selanjutnya gerakan swipe atau geser ke kiri dan kanan bisa untuk mengganti lagu sebelumnya atau setelahnya, serta drag ke bawah atau ke atas untuk volume.

Dalam ajang TED Talks petinggi Humane yang dibawa oleh  Chaudhri selaku Humane Co-Founder and President menyebutkan bahwa Ai Pin akan menggantikan komputer dan memungkinkan pengguna membawa AI ke mana pun di dalam kehidupan mereka.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar