ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

Samsung Galaxy Z Flip5 Raih Penghargaan Best Inventions 2023 versi Majalah TIME

Samsung Galaxy Z Flip5 Raih Penghargaan Best Inventions 2023 versi Majalah TIME

Gadgetren – Samsung belum lama ini menerima penghargaan Best Inventions 2023 dari Majalah TIME untuk handphone Galaxy Z Flip 5 mereka. Tahun ini menjadi tahun ketiga seri Samsung Galaxy menerima penghargaan ini secara berturut-turut.

Handphone lipat Galaxy Z Flip 5 tak sendiri, produk inovatif ini masuk dalam kategori Consumer Electronics bersama dengan produk lainnya seperti Apple Watch Ultra, Canon MS-500, dan Sony FX3.

Pemilihan daftar 200 penerima penghargaan ini menurut pihak TIME diputuskan melalui nominasi dari para editor dan korespondennya di seluruh dunia. Selanjutnya TIME mengevaluasi setiap pesaing berdasarkan beberapa faktor utama, termasuk orisinalitas, kualitas, ambisi, dan dampak.

Faktor terpilihnya Galaxy Z Flip 5 ialah pada desain dan tampilan barunya sehingga menjadikannya perangkat yang mudah dibawa di kantong tanpa mengorbankan fungsionalitas.

Selain itu, Galaxy Z Flip 5 menawarkan peningkatan fitur secara multitasking seperti Flex Window yang dapat membantu pengguna meningkatkan produktivitas seperti melihat notifikasi hingga mengulik foto dan video dengan kamera utama.

Keunggulan tersebut menjadikan Galaxy Z Flip 5 sebagai sebuah inovasi yang mengubah cara hidup pengguna baik ketika bekerja, menikmati hiburan, dan menghasilkan konten. Secara fisik, temuan inovasi yang disorot TIME pada handphone lipat ini ialah pada teknologi tanpa lipatan atau Zero-gap Hinge.

Pengguna Galaxy Z Flip 5 dapat menikmati layar utama dan layar Cover Screen. Layar utamanya dapat secara fleksibel dilipat dan direnggangkan. Dengan teknologi Flex Hinge generasi baru menjadikan ponsel ini bisa tertutup rapat dan tidak menampilkan celah sekaligus bodinya lebih tipis dibandingkan generasi sebelumnya.

Samsung Galaxy Z Flip 5

Pada Cover Screen, handphone lipat ini menawarkan peningkatan ukuran menjadi 3,4 inci yang memiliki panel Super AMOLED beresolusi 748 x 720 piksel dan dilindungi Corning Gorilla Victus 2.

Menariknya pada  Cover Screen, pengguna dapat mengakses beragam widget mulai dari kalender, cuaca, Google Maps, Netflix, YouTube, Google Finance untuk melihat saham, Quick Settings, dan masih banyak lagi.

Bahkan di Cover Screen yang luas ini, pengguna dapat melihat pratinjau dengan luas saat melakukan foto selfie atau vlog menggunakan kamera utama sehingga kualitas foto selfie atau vlog bisa beresolusi tinggi.

Terdapat dua konfigurasi kamera belakang yang terdiri dari kamera utama Galaxy Z Flip menggunakan resolusi 12MP dengan aperture f/1.8  yang didukung  Optical Image Stabilization dan DPAF. Kemudian kamera sudut lebar mengusung resolusi 12MP dengan aperture  f/2.2. Kamera depan beresolusi 10MP dengan aperture f/2.2.

Sementara layar utama Galaxy Z Flip 5 tebar pesona dengan ukuran 6,7 inci yang memiliki panel Foldable Dynamic AMOLED 2X serta mendukung resolusi Full HD+ (2640 x 1080 piksel), HDR10+, dan refresh rate 120Hz.

Samsung Galaxy Z Flip 5

Soal performa, Galaxy Z Flip 5 ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy (4nm) Octa-Core 3,36 GHz yang didukung Snapdragon Elite Gaming sehingga mampu menghadirkan performa yang lebih optimal ketika game sedang berjalan.

Ditambah lagi dibekali GPU Adreno 740 yang menyediakan Real-time Hardware-Accelerated Ray Tracing yang memungkinkan gameplay dapat tampil lebih realistik dan hidup. Tak lupa sertifikasi IPX8 telah diberikan yang membuat perangkat ini tahan terhadap air pada kedalaman 1,5 meter dengan waktu maksimal 30 menit.

Sistem audio untuk mendukung konten berupa dua speaker Tuned by AKG sudah dapat menghasilkan suara stereo yang lantang untuk konten hiburan, game maupun mendengarkan lagu. Baterai Galaxy Z Flip 5 mempunyai kapasitas hanya 3.700mAh yang dilengkapi fast charging 24W dan fast wireless charging 2.0.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar