ASUS TUF Gaming FX507
Tablet

Ini 7 Kelebihan dan Kekurangan itel Pad1, Tablet Murah Berlayar Besar

Kelebihan dan Kekurangan itel Pad1 - Header

Gadgetren – Seiring peningkatan popularitasnya, itel Indonesia akhirnya ikut meramaikan pasar tablet dengan meluncurkan sebuah perangkat baru bernama itel Pad1 sebagai bagian dari jajaran produknya.

Perangkat baru tersebut secara khusus menyasar kelas entri dengan banderol harga Rp1.699.000 atau bisa menjadi Rp1.599.000 selama masa promo. Kita pun dapat mempertimbangkannya sebagai salah satu opsi saat mencari tablet terjangkau.

Meskipun dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, perangkat tersebut soalnya menawarkan beberapa hal menarik sebagai kelebihan. Walaupun di sisi lain masih ada kekurangan-kekurangan yang penting untuk dipertimbangkan.

Kelebihan itel Pad1

1. Layar Besar

itel Pad1 salah satu di antaranya meluncur dengan layar yang terbilang lumayan besar sebagai kelebihan. Tablet kelas entri tersebut sudah memakai panel berjenis IPS yang membentang hingga seluas 10,1 inci padahal kebanyakan merek lain umumnya masih memakai ukuran kurang lebih 8 inci.

Dengan layar yang luas, aktivitas sehari-hari seperti menonton video atau bermain game tentu bisa terasa menyenangkan. Perangkat pun dapat menampilkan gambar dengan ukuran besar sehingga masih nyaman dilihat dari jarak pemakaian yang tidak perlu terlalu dekat.

2. Baterai Mumpuni

Selaras dengan ukuran layarnya, bodi dari perangkat tersebut juga mempunyai dimensi yang lebih besar. Perusahaan itel makanya dapat menyematkan baterai dengan penyimpanan daya berkapasitas hingga 6.000mAh ke dalamnya.

Baterai yang digunakan itel Pad1 tentu saja sudah cukup mumpuni untuk mengerjakan berbagai macam rutinitas harian. Kita pun tidak perlu khawatir perangkat tersebut bakalan cepat kehabisan daya saat digunakan secara terus-menerus.

3. Penyimpanan Luas

Buat kita yang mempunyai aplikasi maupun data yang banyak seperti film, foto, atau musik, perangkat tablet tersebut juga bisa menjadi opsi yang sangat pas. itel Pad1 pasalnya sudah dilengkapi dengan media penyimpanan internal sebesar 128GB.

Kita tidak perlu repot-repot lagi untuk mengelola penyimpanan dengan menghapus atau memindahkan berkas karena takut kepenuhan. Media penyimpanan internal sebesar 128GB sudah tergolong cukup untuk pemakaian di masa sekarang.

Apabila masih terasa kurang, perangkat tablet kelas entri tersebut menariknya juga sudah menyediakan slot khusus untuk memakai kartu penyimpanan eksternal. Kita dalam hal ini dapat menambahkan Micro SD dengan kapasitas hingga 512GB.

4. Kamera Depan Lumayan

Yang tak kalah menarik, tablet tersebut juga dilengkapi dengan kamera depan yang lumayan. itel sudah menyematkan lensa beresolusi 8MP yang notabene tercatat sedikit lebih tinggi ketimbang beberapa perangkat lain di kelasnya.

Kamera depan yang dibawa oleh itel Pad1 memungkinkan kita melakukan konferensi atau panggilan video dengan tangkapan gambar yang lebih baik. Jadi wajah kita bisa tetap terlihat lebih jelas apapun aplikasi yang digunakan.

5. Bawa Koneksi Seluler

Dukungan koneksi yang dibawa oleh itel Pad1 juga tergolong lengkap. Selain WiFi dan Bluetooth, perangkat tersebut bahkan sudah membawa sambungan seluler sebagai penunjang meskipun memang hanya jaringan berteknologi 4G LTE.

Teknologi seluler yang diusung oleh itel Pad1 menariknya tak hanya mendukung untuk mengakses jaringan internet saja, melainkan juga untuk melakukan panggilan telepon. Perangkat tersebut karenanya bisa difungsikan selayaknya ponsel berukuran besar.

Kekurangan itel Pad1

1. Chipset Ketinggalan

Hadir dengan beberapa hal di atas sebagai kelebihan, perangkat tersebut sayangnya masih dilengkapi dengan dapur pacu yang cukup ketinggalan jaman. itel Pad1 masih mengandalkan chipset Unisoc SC9863A yang diluncurkan pada Tahun 2018 silam.

Kemampuan chipset ini tentunya bakalan kalah jika dibandingkan dengan beberapa chipset generasi baru. Misalnya pada segi efisiensi, Unisoc SC9863A bakalan lebih boros energi karena masih menggunakan teknologi pemrosesan dengan ukuran 28nm.

Untungnya, itel tampaknya sudah menyadari hal itu. Mereka makanya menggunakan Android Go yang terkenal sangat ringan dan hemat sumber daya untuk mempersenjatai perangkat tersebut alih-alih menanamkan sistem operasi versi reguler.

2. Kamera Belakang Kurang

Di balik kemampuan kamera depannya yang lumayan bagus, perangkat tersebut sayangnya juga harus mengorbankan bagian kamera belakang. Lensa utama yang dipakai itel Pad1 tercatat dibuat lebih rendah di mana hanya beresolusi hingga 5MP saja.

Mungkin sudah cukup untuk mengabadikan berbagai macam momen penting supaya bisa dikenang, tetapi kemungkinan kurang bisa diandalkan jika kita memerlukan foto dengan ukuran lebih baik. Gambar soalnya bakalan terlihat kurang jelas dan mudah pecah apabila diperbesar.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar