ASUS TUF Gaming FX507
Mading

Apa Itu ChatGPT yang Sedang Banyak Diperbincangkan?

Apa Itu ChatGPT - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Selama beberapa waktu belakangan, layanan ChatGPT menjadi salah satu topik yang cukup ramai diperbincangkan di dunia maya setelah mulai mengudara pada akhir Tahun 2022 kemarin.

Kecanggihan dan keluwesannya saat berinteraksi dengan pengguna menjadi faktor pemicunya. Belum lagi, layanan ini pun mampu menangani banyak hal mulai dari menjawab pertanyaan, membuat puisi, hingga menulis artikel.

Lalu apa itu ChatGPT? Kenapa bisa populer di kalangan pengguna media sosial? Buat kamu yang ingin berkenalan lebih jauh dengan layanan tersebut, berikut ringkasan yang bisa disimak.

Apa Itu ChatGPT?

ChatGPT merupakan chatbot atau peranti lunak yang dirancang untuk menangani percakapan dalam bentuk teks. Layanan yang mempunyai kepanjangan kata “Chat Generative Pre-trained Transformer” tersebut dikembangkan oleh OpenAI dan meluncur pertama kali pada Bulan November 2022.

Yang cukup menarik, OpenAI mengembangkan layanan tersebut berdasarkan model bahasa kecerdasan buatan GPT-3.5 miliknya. Mereka pun menggunakan mesin pembelajaran untuk melatih kemampuan ChatGPT dengan data yang sangat banyak.

Hasilnya, ChatGPT bisa merespons percakapan teks selayaknya seorang manusia. Layanan chatbot OpenAI tersebut bisa lebih luwes saat berinteraksi dan mampu memahami berbagai macam topik dan konteks pembahasan.

Dirancang dengan format dialog, layanan ChatGPT bahkan diklaim mampu untuk menjawab pertanyaan tindak lanjut, mengakui kesalahannya, menantang premis yang salah, atau menolak permintaan yang tidak pantas.

Sampai pada saat artikel ini diterbitkan, layanan tersebut sudah bisa dipakai untuk menemukan berbagai macam informasi selayaknya mesin pencari Google, membuat konten untuk blog atau media sosial, hingga membantu mengerjakan soal.

Sayangnya, ChatGPT sendiri masih dalam tahap pengembangan. Layanan yang sudah diluncurkan masih versi uji coba beta dan evaluasi. Selama tahap ini pun kita bisa mengaksesnya secara gratis melalui halaman https://chat.openai.com/.

Selain versi gratis ini, OpenAI menariknya juga mempunyai layanan berlangganan yang disebut ChatGPT Plus. Kita bisa membayar 20USD per bulan untuk mendapatkan akses umum bahkan pada jam sibuk, respons lebih cepat, dan prioritas utama menjajal fitur baru.

ChatGPT Plus sayangnya baru akan tersedia untuk pelanggan di Amerika Serikat. Layanan premium tersebut pun bahkan masih dalam rencana untuk memulai proses mengundang orang dari daftar tunggu pada beberapa minggu mendatang.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar