ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Smartphone

Ini Keunggulan OPPO Find N3 Flip Dibanding yang Lain

Ini Keunggulan OPPO Find N3 Flip Dibanding yang Lain

OPPO Find N3 Flip secara resmi telah diluncurkan di Indonesia yang mengusung kamera hasil kolaborasi dengan Hasselblad serta RAM 12 GB dan penyimpanan internal 256 GB.

Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, OPPO Find N3 Flip ini hadir dengan beragam keunggulan yang menarik mulai dari peningkatan banyaknya Mini apps yang dapat dijalankan di layar eksternal hingga hadirnya kamera telephoto portrait 2x.

Berkat Flexion Hinge, membuat lipatan tengah pada layar utama hampir tidak terlihat. Untuk memikat masyarakat Indonesia, Find N3 Flip juga telah dibekali dengan beberapa keunggulan lain menarik dibandingkan handphone lipat lainnya.

Mini apps di layar eksternal

Fitur OPPO Find N3 Flip - Mini Apps

Cover Screen atau layar eksternal dari OPPO Find N3 Flip ini disebut mampu menjalankan lebih dari 80 Mini Apps dari pihak ketiga. Dengan aplikasi sebanyak itu, tentunya dapat menambahkan produktivitas penggunanya untuk aktivitas sehari-hari tanpa perlu membuka layar utama terlebih dulu.

Misalnya saja pengguna ingin mencari lokasi tujuan, maka dapat membuka Google Maps dan menampilkan peta secara langsung di Cover Screen. Contohnya juga pengguna dapat mengakses dan membalas pesan media sosial secara langsung di layar eksternal yang membuatnya terasa praktis.

Ke depannya dikabarkan pengguna juga dapat menggunakan fungsi Launcher untuk Cover Screen yang akan disediakan oleh OPPO App Store untuk memungkinkan semua aplikasi pihak ketiga berjalan sebagai Mini Apps di layar eksternal.

Rasio Layar Eksternal yang Pas untuk Menampilkan Konten

OPPO Find N3 Flip vs Z Flip5

Kiri: OPPO Find N3 Flip; Kanan: Z Flip5

OPPO Find N3 Flip ini hadir dengan Cover Screen yang memiliki lebar 3,26 inci dengan rasio 17:9 sehingga membuat beragam aplikasi yang dihadirkan pada layar eksternal akan mempunyai ukuran yang penuh layaknya ketika menggunakan layar utama.

Tentunya pengalaman penampakan tampilan aplikasi yang penuh ini membuat pengguna dapat nyaman ketika berinteraksi di layar eksternal, terutama aplikasi chat maupun media sosial, dalam mengunggah konten, membuat status, maupun membalas pesan.

OPPO mengklaim bahwa hampir semua aplikasi pihak ketiga dapat memiliki tampilan penuh di rasio Cover Screen tersebut. Sementara layar eksternal dari handphone lipat lain seperti Z Flip 5 mempunyai rasio kotak sehingga akan memotong konten beberapa aplikasi tertentu.

Kamera Telefoto Portrait 2x

OPPO Find N3 Flip - Hasselblad

Kini OPPO Find N3 Flip menjadi handphone flip pertama di dunia yang sudah dibekali dengan kamera telephoto sehingga mampu membidik objek dari jauh dengan 2x Optical Zoom dan 5x Zoom (teknologi Zoom In-Sensor) dengan hasil foto yang terlihat jelas.

Tak hanya sampai di situ saja, kamera telephoto dari OPPO Find N3 Flip ini juga dimanfaatkan untuk menghadirkan fitur Portrait 2x. Nantinya kamera ultrawide dan telephoto akan menghitung kedalaman data secara akurat.

Hasil Portrait Telephoto OPPO Find N3 Flip

Apabila dibandingkan dengan kamera utama, mode Portrait 2x pada N3 Flip yang memanfaatkan telephoto dapat mengambil foto Portrait dengan keburaman progresif yang sebanding dengan efek lensa profesional, terutama efek bokeh yang mampu terpisah dengan objek secara rapi.

Dengan begitu, penggunaan telefoto Portrait 2x pada OPPO Find N3 Flip ini mampu menghasilkan foto Portrait yang lebih jauh dan tajam.

Lipatan layar tak terlihat

OPPO Find N3 Flip vs Z Flip5

Kiri: OPPO Find N3 Flip; Kanan: Z Flip 5

OPPO Find N3 Flip ini menggunakan Flexion Hinge dengan material baja kelas pesawat dan desain waterdrop atau tetesan air yang membuat lipatan layarnya hampir tidak terlihat walaupun penggunanya sering melipat dan membentang layar utamanya.

Berkat Flexion Hinge tersebut, Find N3 Flip ini mempunyai kedalaman lipatan layar di bawah 0,15mm. Sementara handphone ini masih dapat berjalan dengan normal dan bertahan setelah dilakukan pengujian 600.000 kali lipat layar.

Pada saat dibandingkan, lipatan layar OPPO Find N3 Flip hampir tidak terlihat sehingga memberikan kenyamanan pengguna untuk melihat konten pada layar. Sementara pada handphone lipat lain seperti Z Flip 5 masih terlihat garis lipatan layar.

Layar berteknologi bebas polarizer COE

OPPO Find N3 Flip

OPPO Find N3 Flip ini merupakan perangkat flip pertama yang mengadopsi teknologi bebas polarizer COE (Color On Encapsulation) sehingga layar tetap terlihat jelas walaupun pengguna memakai kacamata hitam sekalipun.

Sebagai catatan, teknologi bebas polarizer COE ini mampu meningkatkan transmisi cahaya dan mengurangi konsumsi daya dari OPPO Find N3 Flip.

Dual SIM dan dual 5G

OPPO Find N3 Flip

Pada saat diluncurkan di Indonesia, OPPO Find N3 Flip ini sudah mendukung dua slot kartu SIM dengan jaringan 5G sehingga memudahkan penggunanya untuk menggunakan dua kartu SIM fisik dari operator yang berbeda secara mudah.

Namun Find N3 Flip juga menawarkan opsi untuk penggunaan eSIM ketika sewaktu-waktu dibutuhkan. Sementara foldable lain seperti Z Flip 5 hanya mendukung satu slot kartu SIM dan satu eSIM.

Meskipun eSIM tidak perlu menggunakan kartu fisik, namun untuk eSIM berpindah antar handphone harus melakukan proses migrasi terlebih dulu melalui pihak operator. Sementara kartu SIM fisik dapat berpindah antar perangkat dengan mudah.

Motor Linear Sumbu X

OPPO Find N3 Flip

OPPO Find N3 Flip sudah menggunakan motor liner sumbu X yang lebih ramah terhadap penggemar teknologi.

Perlu diketahui bahwa sumbu X ini mengacu pada arah sejajar dengan lebar handphone. Sedangkan sumbu Z mengacu pada arah vertikal. Dengan kata lain, motor linear sumbu X bergetar ke kiri dan kanan. Sementara sumbu Z bergetar ke atas dan ke bawah.

Perbedaan di antara keduanya adalah perbedaan antara waktu dan intensitas getaran. Pada saat terkendala ruang internal handphone, motor getaran biasanya panjang atau rata. Dalam kasus dimana ketebalan tidak dapat ditingkatkan, maka yang dilakukan adalah meningkatkan panjang.

Oleh karena sumbu X bergetar secara horizontal dan sumbu Z bergetar secara vertikal, maka intensitas getaran dan durasi sumbu X menjadi lebih baik dibandingkan sumbu Z.

RAM Besar 12GB

OPPO Find N3 Flip

OPPO Find N3 Flip sudah dilengkapi dengan RAM berteknologi LPDDR5X yang mempunyai kapasitas sangat besar mencapai 12 GB sehingga dapat membuat aplikasi maupun game berjalan secara multitasking dengan lancar.

Bahkan kapasitas RAM dari handphone besutan OPPO ini masih lebih besar dibandingkan dengan kompetitornya yang masih menggunakan RAM kapasitas 8 GB. Hal ini membuat Find N3 Flip mampu menjalankan lebih banyak aplikasi secara multitasking.

Bagi kamu yang tertarik dengan OPPO Find N3 Flip, maka sudah dapat membelinya dengan harga Rp15.999.000 di Indonesia melalui situs OPPO Store maupun Blibli dengan benefit, seperti gratis Protective Case, 10% voucher diskon, Bank Cashback hingga Rp1,5 juta, dan OPPO Premium Service yang berisi satu tahun screen insurance, satu tahun screen protector replacements serta International Warranty Service.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar