ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Bedanya OPPO A18 Vs OPPO A17, Ada Banyak Penyesuaian

OPPO A18 Vs OPPO A17 - Header

Gadgetren – Tahun 2022 kemarin, Tim Gadgetren sempat mengulas pemakaian ponsel kelas entri bernama OPPO A17. Kami pun merasa bahwa perangkat tersebut sudah cukup memuaskan saat dipakai beraktivitas.

Meneruskan ponsel yang cukup menarik tersebut, OPPO beberapa waktu lalu menariknya kembali memperkenalkan sebuah ponsel yang menyasar rentang harga dan kelas serupa. Perangkat baru tersebut bahkan diberi nama OPPO A18.

Hadir sebagai bentuk penyegaran, OPPO A18 tercatat membawa sejumlah penyesuaian dari OPPO A17. Hal ini bahkan sudah bisa dilihat dari banderol harganya di mana secara berturut-turut keduanya kini bisa dipinang dengan dana Rp1.799.000 dan Rp1.849.000.

Perbedaan OPPO A18 Vs OPPO A17

Menariknya dengan selisih harga yang notabene menjadi sedikit lebih murah, OPPO A18 hadir menggunakan dapur pacu yang lebih bertenaga. Perangkat tersebut mengganti MediaTek Helio G35 milik OPPO A17 menjadi MediaTek Helio G85.

Helio G85 memang mempunyai kecepatan yang lebih rendah di mana maksimal sampai 2,0GHz. Hanya saja chipset ini sudah membawa arsitektur inti ARM Cortex-A75 dan ARM Cortex-A55 yang notabene lebih mutakhir daripada ARM Cortex-A53 berkecepatan hingga 2,3GHz milik Helio G35.

Secara teknis, arsitektur inti yang lebih mutakhir umumnya akan menawarkan sejumlah peningkatan dibandingkan generasi sebelumnya. Perpaduan Cortex-A75 dan Cortex-A55 sendiri membawa efisiensi daya dan kinerja lebih baik ketimbang Cortex-A53.

Berkaitan dengan dapur pacu, OPPO A18 membawa konfigurasi memori yang lebih menjanjikan. Perangkat tersebut memang masih memakai RAM 4GB seperti OPPO A17 tetapi meningkatkan kapasitas media penyimpanannya dari 64GB menjadi 128GB.

Dengan ruang penyimpanan yang lebih besar, OPPO A18 tentu bisa menangani berbagai macam data dan aplikasi secara lebih leluasa. Kita tidak perlu repot-repot lagi untuk menghapus atau memindahkan berkas supaya bisa digunakan.

Yang tak kalah menggoda, terdapat juga sedikit peningkatan pada bagian layarnya. OPPO A18 kini mendukung refresh rate hingga 90Hz saat OPPO A17 sebelumnya hanya 60Hz meskipun memang ukuran maupun resolusi yang dipakai masih tetap sama.

Hadirnya refresh rate yang lebih tinggi di OPPO A18 ini tentu saja dapat meningkatkan pengalaman pemakaian pengguna. Apabila konten-konten yang ditampilkan juga mendukung, animasi gambar di layar perangkat tersebut bisa terlihat lebih halus.

Antarmuka pengisian daya dan transfer data yang dibawa oleh OPPO A18 juga sudah semakin mutakhir. Alih-alih memakai soket Micro USB seperti OPPO A17, perangkat tersebut kini dilengkapi dengan USB Type-C yang bisa dibolak-balik pemasangannya.

Sayangnya dengan beberapa peningkatan yang ditawarkan, OPPO A18 justru membawa kamera dengan spesifikasi yang sedikit menurun. Perangkat tersebut kini hanya membawa lensa utama beresolusi 8MP padahal OPPO A17 sebelumnya sudah 50MP.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar