ASUS ZenBook Pro 14 Duo OLED UX8402
Smartphone

Ini 9 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A17 – Desain dan Kamera Jadi Andalan

OPPO A17 - Box with screen

Gadgetren – OPPO A17 merupakan salah satu ponsel entry-level yang menjadi unggulan dari OPPO yang meramaikan pasar Indonesia.

Perangkat yang satu ini unggul dengan baterai berkapasitas besar. Desain bodi yang ditampilkan pun terlihat menawan apabila dibandingkan dengan ponsel lain di kelasnya.

Sementara itu, kamera belakangnya memiliki resolusi besar sehingga mampu menghasilkan foto dengan baik. Untuk menghadirkan kemampuan multitasking, OPPO A17 sudah dilengkapi dengan RAM yang dapat ditambah.

Kelebihan OPPO A17

1. Lancar Untuk Multitasking

Produk yang satu ini dilengkapi dengan chipset MediaTek Helio G35 (12nm) Octa-Core 2,3 GHz yang memiliki kinerja lancar untuk ponsel di entry-level.  Dukungan RAM 4 GB diklaim OPPO dapat menjalankan aplikasi secara multitasking dengan lancar.

Terdapat juga fitur RAM Expansion hingga 4 GB dengan meminjam kapasitas kosong dari penyimpanan internal sehingga dapat membuat aktivitas multitasking menjadi lebih lancar.

Penyimpanan internal pada ponsel ini mencapai 64 GB yang mana cukup besar untuk ukuran ponsel entry-level. Pengguna juga dapat menyematkan microSD hingga 1 TB pada slot yang telah disediakan.

OPPO A17 - Handson Front

2.  Layar yang Nyaman Dilihat

Meskipun menggunakan panel LCD dan resolusi HD+ (1612 x 720 piksel), namun layarnya dapat menampilkan konten dengan baik. Bahkan pada tingkat kecerahan 100% bisa meningkat secara otomatis dari 480 nits ke 600 nits ketika layar sedang berada di bawah terik matahari.

Sementara jika sedang berada di dalam ruangan bisa menggunakan tingkat kecerahan layar di kisaran 10% hingga 50% untuk dapat menampilkan video, game, maupun foto dengan jelas.

Layarnya memiliki lebar 6,56 inci dan memiliki rasio 89,8% sehingga leluasa dalam menikmati konten. Apalagi bezel layar OPPO A17 diperkecil berkat penggunaan poni berbentuk waterdrop.

3. Dilapisi Layaknya Kulit Premium

Dibanderol dengan harga Rp2.099.000, OPPO A17 mengusung desain bodi belakang dengan menggunakan permukaan yang dibuat menyerupai kulit sehingga terasa premium ketika dilihat secara kasat mata.

Permukaan kulit ini juga membuat OPPO A17 tidak licin ketika digenggam dengan menggunakan satu tangan. Ponsel ini hadir dengan dua pilihan warna yang terdiri dari Lake Blue dan Midnight Black.

Lake Blue menghadirkan warna biru mudah yang terlihat gaya sehingga cocok dipadukan dengan berbagai tampilan. Sementara Midnight Black menghadirkan warna hitam yang terlihat kalem.

OPPO A17 - Handson Diagonal Back

4. Baterai Tahan Lama

OPPO A17 sudah dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000mAh. Berdasarkan dari pengujian dari tim Gadgetren, ponsel ini mampu bertahan lama dalam pemakaian normal dengan Screen on Time mencapai 7 jam 25 menit dari kondisi 100% ke 17%.

Ponsel ini juga diuji dengan menggunakan aplikasi PCMark for Android menggunakan parameter Work 3.0 Battery Life Mode, kondisi baterai dari 100%, dan tingkat kecerahan layar pada ponsel mencapai 50%.

Hasilnya ponsel ini mendapatkan skor PCMark for Android yang mencapai 14 jam 55 menit. Meskipun menggunakan 10W Charging, namun daya baterai ponsel ini dapat terisi dari 17% ke 100% hanya 2 jam 48 menit saja.

5. Kamera Utama Beresolusi Besar

Pada bagian belakang ponsel ini terdapat dukungan dua kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP dan depth 2 MP yang dapat dikombinasikan untuk menghasilkan foto Portrait dengan efek bokeh secara instan.

Terdapat fitur Night Mode yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan foto yang terang dan minim noise di malam hari. Sementara kamera depan 5 MP dapat menghasilkan foto selfie yang baik di kondisi siang hari.

OPPO A17 - Cam Diagonal

6. Sudah Sertifikasi IPX4

OPPO A17 sudah dilengkapi dengan sertifikasi IPX4 yang membuatnya tahan terhadap cipratan air. Selain Face Unlock, adapun sensor fingerprint terdapat di bagian samping tepatnya pada tombol Power untuk mempercepat pembukaan kunci layar.

Fitur Ultra Volume memungkinkan suara meningkat menjadi 200% sehingga cocok ketika sedang berada di lingkungan yang bising atau banyak gangguan suara eksternal.

Kekurangan OPPO A17

1. Speaker Mono

Ponsel yang satu ini hanya memiliki satu speaker di bagian bawah sehingga hanya menghasilkan suara secara mono. Berbeda dengan suara stereo yang dapat lebih mudah membedakan dari arah mana suara berasal. Hal ini dikarenakan suara yang terdengar hanya dari satu arah saja untuk speaker mono.

2. Hasil Selfie Malam Hari Kurang Bagus

Hanya beresolusi 5 MP, kamera depan dari ponsel ini terasa kurang ketika digunakan menjepret foto selfie pada kondisi malam hari karena tidak terlalu terang dan menampilkan banyak noise. Berbeda dengan kompetitor di harga yang sama yang sudah menggunakan 8 MP atau 13 MP untuk memberikan hasil foto selfie yang lebih baik.

OPPO A17 - Hands Stand

3. Tidak Adanya Kamera Ultrawide

Dijual dengan harga Rp2 jutaan, OPPO A17 pun belum dilengkapi dengan kamera ultrawide. Padahal perangkat buatan kompetitor di kelasnya sudah ada yang menggunakan kamera jenis ini.

Bisa dibilang kamera ultrawide termasuk berharga untuk saat ini karena memudahkan dalam menghasilkan foto area luas dengan instan. Dengan begitu tidak harus repot menggunakan mode Panorama yang mana perlu mengambil foto secara perlahan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar