Aplikasi Tips dan Trik

Tips : Membersihkan Penyimpanan Internal yang Penuh Tiba-Tiba

penyimpanan internal android selalu penuh Header

Terkadang tanpa disadari penyimpanan internal Android kita sudah penuh dengan cepat yang mungkin menyebabkan kinerja menjadi lambat atau tidak bisa instal aplikasi tambahan lagi. Lalu apa sebaiknya yang harus dilakukan?

Sebagian pengguna perangkat Android tidak mengetahui apa sebenarnya yang menyebabkan penyimpanan internal pada perangkat mereka bisa sampai penuh.

Selain itu, kamu sebenarnya juga tidak mendapatkan penyimpanan internal secara utuh. Sebagai contoh, pada perangkat yang memiliki penyimpanan internal 16GB hanya tersisa 12GB saja untuk digunakan karena telah terpakai oleh sistem operasi.

Nah, pada sesi tips Android setiap hari Senin kali ini Gadgetren memberikan hal apa saja yang harus kamu lakukan untuk mengosongkan penyimpanan internal agar tidak selalu penuh.

Hapus Cache Aplikasi

Cache sebenarnya memiliki tujuan untuk mempercepat proses buka aplikasi dengan menyimpan beberapa data yang dibuat setiap menjalankan aplikasi. Cache juga tempat bersarangnya data iklan yang telah terunduh agar tidak terlalu memakan kuota.

Namun, cache akan terus bertambah secara berkala dan bisa menjadi sangat besar. Oleh karena itu, sangat disarankan agar pengguna sesekali menghapus cache sendiri walaupun sebenarnya sistem operasi telah mengatur secara otomatis.

Untuk menghapus cache dari seluruh aplikasi yang terpasang di smartphone, kamu tinggal mengunjungi Settings > Storage & USB > Cache Data.

Penyimpanan Internal Android Penuh Clear Cache

Selain itu daripada langsung menghapus seluruh cache aplikasi yang ada, lebih baik kamu memilih sendiri dari aplikasi mana saja. Hal ini memang cukup memakan waktu apalagi jika mempunyai banyak aplikasi, namun kamu akan mempunyai kendali lebih terhadap smartphone.

Kalo kamu lebih memilih untuk menghapus cache aplikasi secara individual, kamu dapat mengunjungi Settings > Apps > Pilih Aplikasi > Storage > Clear cache. Sebaiknya kamu membersihkan cache dari aplikasi yang dimanis digunakan seperti browser.

Penyimpanan Internal Android Penuh Clear Cache App

(klik untuk perbesar)

Hapus Aplikasi Besar atau Tidak Digunakan

Aplikasi yang terpasang khususnya berjenis games cukup memakan tempat. Sebaiknya aplikasi yang jarang atau mungkin tidak pernah digunakan dihapus dari smatphone. Aplikasi tersebut juga bisa saja menjadi beban yang tidak diinginkan akibat tetap berjalan di balik latar walaupun tidak digunakan.

Untuk mulai menghapus aplikasi dari urutan paling besar menghabiskan penyimpanan, kamu dapat mengunjungi Settings > Storage & USB > Apps lalu pilih aplikasinya dan uninstall.

Penyimpanan Internal Android Penuh Uninstall App

Pindahkan Data Pribadi ke Tempat Lain

Video dan foto menjadi salah satu penyumbang paling besar dalam membuat penyimpanan internal menjadi penuh. Sudah sangat lazim sebenarnya untuk menggunakan microSD tambahan sebagai tempat utama untuk menaruh segala hal, namun tanpa disadari pengguna tetap meyimpan di internal.

Beberapa sistem operasi dari vendor smartphone, seperti Xiaomi, memungkinkan penggunanya untuk menyimpan hampir seluruh data ke dalam microSD sebagai tempat utama. Selain itu, ada baiknya untuk selalu memindahkan data tersebut ke tempat lain secara berkala.

Kamu bisa memindahkannya ke laptop atau mungkin penyimpanan awan seperti Google Drive yang menyediakan kapasitas dasar sebesar 15GB secara gratis. Hal ini juga menjaga data tersebut agar tidak mudah hilang akibat hal-hal yang tidak diinginkan.

About the author

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut dan pecinta kucing yang juga selalu memantau perkembangan teknologi terbaru terutama yang berhubungan dengan gaming

Writer di Gadgetren

Leave a Comment

7 Comments

  • Tapi saya udah coba kok masih gk bisa gimana ini merek hanphone bapak saya itu evercoss A53B tolong yh kasih solusi

  • maaf bang, mungkin yg abang maksud adalah internal sdcard cepat penuh. pada android terdapat 4 partisi : 1.rom, 2.system storage(internal storage), 3.internal sd(internal storage), 4.external sd. bahkan bisa 5 partisi yaitu virtual RAM. jadi,beda kasusnya dengan cache pada system, inilah yg jadi masalah. internal storage (internal sd) bisa saja masih kosong ber-giga-giga, tapi notifikasi -out of storage- penunjukan letaknya adalah di root system ( “/”). mounting pada system membutuhkan akses root. membersihkan cache dengan aplikasi tanpa akses root adalah -sia-sia-, karena yg dibersihkan hanyalah internal storage, bukan system storage.