ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Tips dan Trik Laptop / PC

Cara Mengaktifkan Webcam Laptop Untuk Conference Call

Cara Mengaktifkan Webcam Laptop Header

Gadgetren – Webcam merupakan salah satu komponen di laptop yang sering digunakan untuk melakukan video conference untuk pekerjaan maupun pembelajaran.

Webcam memungkinkan wajah kamu muncul pada aplikasi video conference sehingga dapat bertatap muka dengan rekan kerja maupun peserta lainnya.

Hal ini pun tentunya akan membuat percakapan menjadi interaktif, terutama pada saat sesi tanya jawab. Namun pada beberapa laptop, terkadang webcam bisa dinonaktifkan untuk menjaga privasi ketika tidak digunakan.

Biasanya untuk mengaktifkan webcam kembali, kamu menekan tombol  yang tersedia di keyboard maupun lewat pengaturan.

Cara Mengaktifkan Webcam di Laptop

Melalui Kombinasi Tombol

Kamu dapat membuka aplikasi video conference di laptop terlebih dahulu dan tekan tombol FN (Function) + tombol Function (F1, F2, dan seterusnya) yang terdapat ikon kamera.

Jika webcam aktif, maka wajahmu akan langsung muncul di aplikasi video conference tersebut. Namun pada beberapa laptop ada yang membutuhkan untuk menekan tombol FN terlebih dahulu atau tidak tergantung dari pengaturan yang tersedia.

Namun pada beberapa laptop gaming tertentu, kamu tidak dapat menemukan webcam sehingga terpaksa harus menggunakan webcam eksternal yang mana biasanya disediakan langsung atau memang harus membeli lagi sendiri.

Melalui Settings

  1. Tekan tombol Windows di Taskbar.
  2. Cari dan buka Settings ketika muncul.
  3. Lalu ketik Camera pada kolom Find a setting untuk mencarinya.
  4. Pilih opsi Camera atau Camera Access.
  5. Tekan tombol ke posisi aktif.
  6. Selanjutnya, akses webcam akan diaktifkan.

Apabila sudah dilakukan tapi kamera tidak bisa aktif juga, mungkin terjadi masalah pada driver webcam yang terpasang di laptop. Kamu pun dapat menyegarkan kembali driver webcam melalui aplikasi Device Manager.

Melalui Device Manager

Disable & Enable Driver

  1. Tekan tombol Windows pada Taskbar.
  2. Ketik Device Manager dan pilih opsinya ketika muncul.
  3. Tekan opsi Camera atau Imaging devices.
  4. Klik kanan pada seri webcam yang muncul.
  5. Tekan Disable device pada menu pop-up yang muncul.
  6. Lalu tekan Enable device untuk mengaktifkannya kembali.

Update Driver

  1. Tekan tombol Windows pada Taskbar.
  2. Ketik Device Manager dan pilih opsinya ketika muncul.
  3. Tekan opsi Camera atau Imaging devices.
  4. Klik kanan pada seri webcam yang muncul.
  5. Tekan Update Driver pada menu pop-up yang muncul.

Webcam yang hadir pada laptop dengan harga terjangkau mempunyai kualitas yang standar atau bahkan terkadang kurang baik. Kamu pun dapat membeli webcam eksternal dari pihak ketiga dengan kualitas yang lebih bagus jika memang webcam bawaan laptop bermasalah.

Sementara untuk alternatifnya, kamu juga dapat memanfaatkan kamera dari ponsel untuk menjadi webcam dengan menggunakan aplikasi dari pihak ketiga yang dapat diunduh secara gratis. Bahkan kamera DSLR atau mirrorless pun dapat dimanfaatkan untuk menjadi webcam.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar