ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Adakah Cara Split Screen di iOS 17? Ini Jawabannya!

Apple iPhone 14 Pro

Gadgetren – Split screen atau fitur membagi tampilan layar adalah salah satu dukungan yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas ketika kita menggunakan sebuah ponsel.

Dengan memanfaatkan fitur tersebut, kita soalnya dapat menampilkan dua buah aplikasi yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan dalam satu tampilan layar ponsel. Jadi tidak perlu repot-repot membukanya satu per satu secara bergantian.

Sayangnya, lini perangkat iPhone yang sudah meramaikan industri seluler selama bertahun-tahun belum menyediakan dukungan tersebut. Makanya sangat wajar apabila pembaruan iOS 17 beberapa waktu lalu diharapkan akan segera membawanya.

Adakah Cara Split Screen di iOS 17?

Meskipun awalnya sempat menggema sebagai rumor, harapan tetap menjadi sekadar angan-angan saja. Pembaruan iOS 17 yang kini sudah bisa dinikmati oleh para pengguna iPhone pada akhirnya sama sekali tidak memperkenalkan dukungan tersebut.

Hal ini tentu cukup mengecewakan karena sistem operasi iPadOS sudah mengusung fitur tersebut sejak lama. Di samping itu, banyak perangkat berbasis Android yang tersedia lebih murah justru sudah mengemasnya sebagai salah satu keunggulan.

Dengan demikian sampai pada saat artikel diterbitkan, bisa dipastikan bahwa belum ada cara untuk melakukan split screen di iOS 17 menggunakan fitur bawaan. Kita yang mau membuka dua aplikasi sekaligus pun harus memanfaatkan metode lain seperti memakai Picture in Picture (PiP).

Alternatif Cara Split Screen di iOS 17

  • Jalankan aplikasi yang mendukung fitur Picture in Picture.
  • Buka konten jika diperlukan.
  • Ketuk tombol Picture in Picture (ikon kotak mengecil) di bagian atas.

Untuk mengaktifkan fitur Picture in Picture sebuah aplikasi, kita sebenarnya juga dapat melakukannya hanya dengan mengakses halaman Home screen. Kita cuma perlu memastikan bahwa opsi Start PiP Automatically di bagian Settings > General > Picture in Picture dalam posisi menyala.

Fitur Picture in Picture di sistem iOS sayangnya juga sangat terbatas. Kita hanya dapat memakainya untuk beberapa aplikasi yang mana termasuk meliputi Apple TV, Safari, Podcasts, FaceTime, Music, Apple Home, Netflix, maupun Amazon Prime Video.

Sebenarnya, fitur split screen juga dapat diperoleh dengan melakukan jailbreak. Hanya saja sangat tidak kami sarankan karena berisiko tinggi. Perangkat iPhone misalnya rawan terkena serangan malware atau masa garansinya bisa hangus.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar