ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Cara Lihat di CekRekening.id Biar Gak Ketipu

Cara Cek Rekening Id - Header

Gadgetren – Perkembangan teknologi informasi telah memudahkan kita mengerjakan banyak hal. Termasuk di antaranya kita kini bisa lebih praktis untuk mengecek sebuah nomor rekening sebelum bertransaksi.

Seperti apa yang kita tahu, mengecek rekening tujuan sebelum mengirim sejumlah uang adalah salah satu langkah preventif yang sangat penting. Khususnya untuk mengantisipasi penipuan yang masih merajalela hingga sekarang.

Semakin ke sini, jenis penipuan apalagi memang semakin beragam. Modus jual beli online hingga distribusi pemberian hadiah pun masih kerap digunakan untuk merayu korban supaya mau mengirimkan sejumlah uang ke nomor rekening tertentu.

Guna membantu mengurangi jumlah korban penipuan, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) untungnya sudah mengembangkan sebuah layanan khusus yang dapat dipakai untuk mengecek rekening.

Bernama CekRekening.id, layanan dari Kominfo tersebut dapat digunakan untuk memastikan apakah sebuah nomor rekening sudah pernah dipakai untuk melakukan penipuan atau belum. Kita dalam hal ini pun bisa memakainya dengan sangat mudah.

Cara Cek Rekening di CekRekening.id

  • Siapkan informasi mengenai nomor rekening yang mau dicek.
  • Buka peramban yang digunakan.
  • Kunjungi halaman https://cekrekening.id/home.
  • Ketuk tombol Cek Sekarang di bagian Periksa Rekening.
    Cara Cek Rekening Id - 1
  • Atur jenis akun ke Bank atau E-wallet sesuai kebutuhan.
  • Ubah Nama Bank atau E-wallet sesuai layanan yang dipakai.
  • Masukkan nomor rekening bank atau e-wallet.
    Cara Cek Rekening Id - 2
  • Ketuk tombol Periksa.

Saat kita melakukan pengecekan, rekening yang belum pernah dilaporkan atau didaftarkan biasanya akan memperoleh keterangan yang sesuai dengan tulisan warna hijau. Sementara jika sudah pernah maka nanti akan muncul beberapa informasi seperti jumlah total laporan dan tanggal dilaporkan pertama kali.

Cara Cek Rekening Id - 3

Secara sederhana, layanan CekRekening.id sendiri nantinya akan bertindak seperti portal yang akan mengumpulkan rekening-rekening terindikasi melakukan tindak pidana ITE kemudian membuatnya seolah-olah sebagai sebuah basis data.

Layanan tersebut akan mengumpulkan rekening-rekening dari setiap laporan yang mereka terima. Bagi kamu yang belum tahu, CekRekening.id juga mempunyai fitur Laporkan Rekening untuk kasus penipuan jual beli online, investasi bodong, narkotika, hingga judi online.

Yang cukup menarik, layanan CekRekening.id tak hanya berlaku untuk rekening perbankan saja. Kita pun dapat melaporkan maupun mengecek rekening atau akun dari layanan e-wallet yang notabene kini juga semakin sering dipakai untuk bertransaksi.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar