ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Cara Memblokir Nomor Telepon di iPhone Supaya Tidak Mengganggu

Cara Memblokir Nomor Telepon di iPhone - Header

Gadgetren – Memblokir nomor telepon di iPhone tentu dapat menjadi salah satu metode yang bisa dicoba jika kita ingin menghindari berbagai macam panggilan atau pesan mengganggu.

Seiring dengan perkembangan teknologi, berbagai macam jenis penipuan pun turut beradaptasi. Ada banyak produk telekomunikasi mutakhir yang kini justru dimanfaatkan oleh pihak tak bertanggung jawab untuk melancarkan aksi.

Termasuk di antaranya meliputi panggilan telepon, FaceTime, SMS, hingga iMessage yang menjadi beberapa fitur dari ekosistem iOS milik Apple. Meskipun dilengkapi sistem keamanan yang terus ditingkatkan, spam lewat beberapa produk tersebut masih terbukti ampuh memperdaya para pengguna.

Bahkan kalaupun bukan sebuah penipuan, spam sendiri bisa terasa cukup mengganggu bagi sebagian orang. Memblokir nomor telepon karena itu bisa menjadi langkah preventif yang bisa dicoba untuk menghindarinya.

Di perangkat iPhone, kita apalagi dapat memblokir nomor telepon dengan sangat mudah. Bahkan ada beberapa cara yang bisa digunakan termasuk di antaranya seperti dalam penjelasan berikut.

Cara Memblokir Nomor Telepon di iPhone

Lewat Phone

  1. Buka aplikasi Phone
  2. Masuk ke tab Recent
  3. Cari nomor telepon atau kontak yang mau diblokir
  4. Ketuk tombol Info (ikon huruf i) di sampingnya
  5. Gulir ke bagian bawah
  6. Pilih Block this Caller
  7. Konfirmasi dengan menekan tombol Block Contact

Selain melalui aplikasi Phone, memblokir nomor telepon di perangkat iPhone juga bisa dilakukan secara langsung dari layanan Message ketika kita sedang membuka pesan teks yang mengganggu.

Lewat Message

  1. Masuk ke aplikasi Message
  2. Buka percakapan yang dianggap mengganggu
  3. Ketuk kontak atau nomor telepon di atas
  4. Tekan tombol Info (ikon huruf i)
  5. Gulir ke bawah jika diperlukan
  6. Pilih Block this Caller

Dengan memblokir nomor telepon di iPhone, kita tidak akan menerima panggilan, FaceTime, SMS, maupun iMessage darinya. Orang yang menelepon soalnya akan langsung dialihkan ke voicemail sementara pesan teks tidak akan ditampilkan di notifikasi.

Oleh karena itu, kita pun perlu membuka blokir jika ingin bisa menerima kembali panggilan atau pesan dari nomor telepon terkait.

Cara Membuka Blokir di iPhone

  1. Masuk ke halaman Settings
  2. Buka setelan untuk Phone
  3. Pilih menu Blocked Contacts
  4. Geser ke kiri pada nomor atau kontak yang ingin dipulihkan

Setelah membuka blokir, nomor telepon atau kontak nantinya bisa kembali menghubungi kita seperti biasa. Panggilan tidak akan diteruskan ke voicemail lagi dan notifikasi pesan teks juga ditampilkan sesuai pengaturan yang diterapkan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar