ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Berita Smartphone

Ini 3 Tips Foto Low Light yang Menarik dengan Galaxy Z Fold5 dan Flip5

Ini 3 Tips Foto Low Light yang Menarik dengan Galaxy Z Fold5 dan Flip5

Gadgetren – Samsung melalui handphone foldable terbarunya yakni Galaxy Z Fold5 dan Flip5 menghadirkan fitur-fitur menarik untuk menangkap gambar pada kondisi low light atau pencahayaan minim.

Kedua handphone lipat tersebut menawarkan fitur Night mode sehingga suasana dengan kondisi cahaya apapun bisa tertangkap dalam gambar foto maupun video dengan hasil yang lebih jernih.

Selain fitur Night Mode, kemampuan menangkap gambar dalam kondisi cahaya minim juga didukung chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 For Galaxy Octa-Core (4nm) 3,36Ghz  yang mana lebih tinggi daripada versi standarnya.

Chipset tersebut disebut secara teknis menawarkan peningkatan GPU 25%, NPU 20%, dan CPU 17% dibandingkan generasi sebelumnya. Kemudian didukung pula dengan pemrosesan AI yang lebih baik dari versi standarnya. Samsung pun memberikan 3 tips untuk membuat foto dan video dalam kondisi low light yang menarik dengan Galaxy Z Fold5 dan Flip5.

Bikin Konten Hyperlapse Tetap Cerah 

Baik Galaxy Z Fold5 dan Flip5 mampu menghasilkan konten hyperlapse dalam kondisi pencahayaan yang minim dengan menggunakan fitur Night Mode dan juga mengaktifkan fitur hyperlapse.

Pada Galaxy Z Flip5 memiliki Night Mode yang dapat ditingkatkan dengan pemrosesan AI. Mode malam dengan AI ini bisa dinyalakan dengan mudah dengan memilih menu Night yang ada pada kamera.

Selain itu, bisa juga menggunakan fitur hyperlapse untuk merekam momen seru yang ingin kamu abadikan seperti selfie video dengan latar belakang pemandangan. Fitur hyperlapse ini juga tersemat pada Galaxy Z Fold 5.

Untuk mengaktifkan fitur hyperlapse pada Galaxy Z Fold 5, cukup mengakses aplikasi kamera di layar utama. Kemudian geser layar ke kiri dan pilih menu Lainnya, lalu pilih fitur Hyperlapse. Aktifkan menu Cover Screen Preview yang terletak di pojok kanan atas layar. Selanjutnya kamu bisa melipat Galaxy Z Fold 5 dan menyesuaikan angle yang diinginkan dan rekam.

Expert RAW untuk Foto-Foto Landscape 

Hasil-foto-kiri-diambil-tanpa-Expert-RAW-kanan-pengambilan-foto-diambil-dengan-Expert-RAW

Kiri: diambil tanpa Expert RAW, Kanan: dengan Expert RAM

Menariknya pada Galaxy Z Fold 5 menawarkan pilihan jenis file untuk foto dan video dengan opsi Pro, Pro Video, dan Expert RAW. Kamu bisa memilih Expert RAW untuk menghasilkan foto-foto landscape dan arsitektur yang memukau di malam hari.

Selain itu kamu juga bisa mengambil foto landscape dan arsitektur di malam hari dengan mode Expert RAW dengan Flex Mode. Jika kamu menggunakan setelan tersebut maka nantinya akan muncul layout khusus di samping menu tombol shutter  untuk bisa memilih fitur Pro/Pro Video/Expert RAW.

Untuk menghasilkan hasil foto dan video dengan Expert RAW bisa memulai dengan mengaktifkan Flex Mode. Lalu sesuaikan ISO pada angka rendah (100-200). Selanjutnya atur shutter speed kamera lambat dan sesuaikan aparture agar tampilan foto lebih sempurna. Dengan begitu hasilnya bisa diedit tanpa harus takut resolusi foto yang turun.

Hasilkan Foto Long-Exposure di Malam Hari

Bikin Foto Low Light yang Menarik dengan Galaxy Z Fold5 dan Flip5

Dengan Galaxy Z Fold 5 kamu juga bisa mengambil gambar malam hari dengan tampilan keren seperti menggunakan long exposure. Long exposure pada Galaxy Z Fold 5 memungkinkan kamu menghasilkan foto dengan kombinasi pengambilan foto antara objek diam dan yang bergerak dalam satu frame.

Untuk pengambilan foto long exposure kamu juga harus mengaktifkan fitur night mode dan Expert RAW. Tapi pertama jika kamu tidak punya tripod maka harus memposisikan Galaxy Z Fold 5 dalam Flex Mode agar hasil gambar tidak buram.

Setelah itu pada aplikasi kamera kamu bisa pilih ISO terendah. Lalu pilih aperture dengan bukaan kecil yakni f/11, f/16 atau f/22. Berikutnya gunakan shutter speed rendah yakni 15 detik atau 30 detik. Selanjutnya saat sumber cahaya mulai bergerak, ketuk tombol shutter untuk menangkap gambar.

Harga Galaxy Z Fold5 dan Z Flip5 di Indonesia

Galaxy Z Fold5 dibanderol dengan harga mulai dari Rp24.999.000 sedangkan Galaxy Z Flip5 dilepas dengan harga mulai dari Rp15.999.000. Selain bisa dibeli secara daring pada situs Samsung.com.id, keduanya bisa dicoba dalam ajang Galaxy Studio yang hadir di kota kamu.

Seperti di Central Park Mall Jakarta sampai tanggal 10 September 2023, Delipark Mall Medan pada tanggal 20-24 September 2023, Botani Square Mall Bogor pada tanggal 20-24 September 2023, BEC Mall Bandung pada tanggal 27 September-1 Oktober 2023.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar