ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Rekomendasi Handphone

Ini 3 HP Samsung RAM 12GB di Tahun 2023 Biar Multitasking Lebih Lancar

HP Samsung RAM 12GB - Header

Gadgetren – Sama halnya laptop, kapasitas RAM (Random Access Memory) memang menjadi salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan saat kita ingin membeli sebuah ponsel baru.

Tanpa dukungan RAM yang cukup, sebuah ponsel nantinya tidak akan bekerja dengan baik. Sistem, aplikasi, hingga game akan berjalan tersendat-sendat. Proses multitasking atau mengerjakan banyak tugas sekaligus pun bakalan jauh dari kata lancar.

Berbeda dengan media penyimpanan internal, RAM soalnya memegang peranan penting saat unit pengolah utama atau CPU mengerjakan tugas yang mana termasuk menjalankan sistem dan aplikasi. Komponen ini bertugas secara langsung menangani data-data yang diperlukan untuk itu.

Kabar baiknya, banyak ponsel di masa sekarang sudah dilengkapi dengan konfigurasi RAM berkapasitas besar. Beberapa di antaranya bahkan membawa hingga 12GB dengan tambahan fitur ekspansi memakai memori virtual.

Di jajaran lini ponsel besutan Samsung, kita bisa menemukannya pada sejumlah perangkat kelas atas seperti keluarga Samsung Galaxy S maupun Galaxy Z. Saya pribadi belum menjumpai kapasitas RAM 12GB untuk Galaxy A maupun Galaxy M.

1. Samsung Galaxy Z Fold5

HP Samsung RAM 12GB - Galaxy Z Fold5

Untuk Tahun 2023 ini, Samsung Galaxy Z Fold5 menjadi salah satu perangkat yang bisa dipertimbangkan saat kita memerlukan ponsel dengan RAM berkapasitas 12GB. Kita dapat meminangnya dengan harga mulai Rp24.999.000 dari Samsung Official Store.

Galaxy Z Fold5 sendiri sudah membawa chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 For Galaxy yang sudah dikustomisasi dengan kecepatan hingga 3,36Ghz sebagai keunggulannya. Apapun jenis tugas dan aktivitas pengguna makanya bisa ditangani dengan sangat baik oleh ponsel ini.

Kapasitas media penyimpanan internal yang ditawarkan oleh Galaxy Z Fold5 juga sangat besar. Kita dapat menemukan mulai dari versi 256GB yang sudah cukup untuk pemakaian di masa sekarang. Bahkan ada juga opsi 1TB jika dirasa masih sangat kurang.

Teknologi layar lipat yang digunakan Galaxy Z Fold5 kini juga semakin menawan. Selain mempunyai panel dengan tingkat kecerahan lebih tinggi di mana mencapai 1.750nits, perangkat ini juga menggunakan desain engsel atau Flex Hinge baru yang memungkinkan layar terlipat sempurna.

2. Samsung Galaxy S23 Ultra

HP Samsung RAM 12GB - Galaxy S23 Ultra

Selain Galaxy Z Fold5, jajaran Samsung Galaxy S23 Ultra juga dapat menjadi opsi yang pas jika memerlukan dukungan RAM berkapasitas 12GB. Terlebih lagi apabila kita juga gemar mengabadikan momen-momen harian dalam bentuk foto maupun video.

Lini perangkat yang memperkenalkan chipset Snapdragon 8 Gen 2 For Galaxy untuk pertama kali ini soalnya dilengkapi dengan kamera utama 200MP yang dikombinasikan dengan lensa ultra wide 12MP dan sensor telephoto ganda 10MP.

Tak hanya sekadar menawarkan kamera beresolusi tinggi sebagai gimmick, seluruh lensa dari Galaxy S23 Ultra tersebut benar-benar mampu menghasilkan foto bagus di berbagai macam kondisi cahaya. Kemampuan perekaman videonya juga patut diacungi jempol.

Dengan mengandalkan panel Dynamic AMOLED 2X, layar Galaxy S23 Ultra juga bakal memanjakan para pengguna. Kita dapat melihat konten dengan lebih jelas karena sudah berukuran 6,8 inci dan beresolusi 3088 x 1440 piksel. Refresh rate layar pun akan menyesuaikan konten antara 1-120Hz secara dinamis.

Pada lini perangkat kelas atas Samsung ini, kita juga dapat menemukan fitur S Pen yang semula menjadi andalan keluarga Samsung Galaxy Note. Fungsinya pun tak kalah lengkap di mana masih mendukung Air Command hingga sekadar corat-coret di layar.

Hanya saja jika ingin meminang ponsel ini dari Samsung Official Store, kita setidaknya mengumpulkan dana lebih dati Rp19.999.000. Bisa lebih tinggi lagi jika belum mempunyai pengisi daya atau mempertimbangkan kapasitas media penyimpanan internal yang lebih besar.

3. Samsung Galaxy Z Fold4

HP Samsung RAM 12GB - Galaxy Z Fold4 5G

Dibanderol dengan harga yang sedikit lebih murah di mana kini sudah turun dan tersedia mulai dari Rp18.549.000 di Tokopedia, Samsung Galaxy Z Fold4 pun dapat menjadi alternatif selanjutnya apalagi jika kamu memerlukan ponsel lipat.

Meskipun di atas kertas kalah jika dibandingkan dengan generasi yang lebih baru, spesifikasi perangkat ini masih sangat mumpuni untuk pemakaian di masa sekarang. Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 yang dibawanya masih lebih dari cukup untuk menangani berbagai macam aktivitas.

Layar utama dari Galaxy Z Fold4 apalagi juga sudah mengusung panel Dynamic AMOLED 2X berukuran 7,6 inci. Animasi yang ditawarkan pun dapat mengikuti setelan tertinggi dari konten karena mendukung refresh rate hingga 120Hz.

Di samping itu, ponsel lipat generasi lawas ini pun sudah mendukung S Pen khusus yang dapat memudahkan kita untuk sekadar corat-coret atau menggambar di layar. Belum lagi fitur-fitur penunjang produktivitas seperti Taskbar dan Multiwindow juga sudah ikut melengkapinya.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar