ASUS TUF Gaming F15
Berita Tekno

Qualcomm Rilis Chip Snapdragon Seri G Terbaru Untuk Perangkat Gaming Handheld

Qualcomm Rilis Chip Snapdragon Seri G Terbaru Untuk Perangkat Gaming Handheld

Gadgetren – Qualcomm resmi memperkenalkan tiga chipset terbarunya yang bernama Snapdragon seri G mencakup Snapdragon G1 Gen1, G2 Gen1, dan G3 melalui G3x Gen2.

Ketiganya dirancang untuk perangkat gaming handheld masa depan. Sebelumnya Snapdragon G3x G1 sendiri telah menunjang perangkat gaming handheld Razer Edge 5G.

Mengenai sasaran pasarnya, ketiga chipset khusus gaming handheld ini ditujukan untuk segmen yang berbeda. Snapdragon G1 Gen1 menawarkan permainan game pada PC dan fitur cloud streaming. Sedangkan Snapdragon G2 Gen1 khusus untuk mobile gaming dan Snapdragon seri G3 untuk kalangan penggemar berat gaming handheld.

Kabarnya tiga chipset baru tersebut akan segera hadir pada gaming handheld terbaru dan informasi detailnya akan disampaikan dalam waktu dekat oleh pihak Qualcomm dan vendor terkait.

Sembari menantikan perangkatnya, berikut keunggulan dari masing-masing chipset Snapdragon seri G ini. Snapdragon G1 dirancang untuk streaming game dengan ketahanan baterai jangka waktu yang lebih lama.

Chipset tersebut memiliki lini pertama yakni Snapdragon G1 Gen 1 yang ditenagai oleh CPU Qualcomm Kryo Octa-Core dan ditemani GPU Qualcomm Adreno A11. Perangkat gaming handheld yang ditenagai chipset G1 Gen1 dapat menampilkan resolusi HD dengan refresh rate 90Hz.

Kemudian Snapdragon G2 juga pertama kali menghadirkan lini Snapdragon G2 Gen1 yang ditenagai CPU Kryo Octa-Core. Chipset ini didukung GPU Adreno A21 yang mampu mengoptimalkan permainan game.

Chipset Snapdragon G2 Gen1 juga menyediakan Snapdragon X62 5G Modem-RF System yang memungkinkan para gamer menjelajahi semua yang ditawarkan game mobile dan cloud premium.

Selain itu chipset Snapdragon G2 Gen1 memiliki dukungan Wi-Fi 6/6E dari Qualcomm FastConnect 6700 Mobile Connectivity System. Layar perangkat gaming handheld yang menggunakan chipset Snapdragon G2 Gen1 mampu menyajikan resolusi Full HD+ dan refresh rate hingga 144Hz.

Snapdragon-G-Series-with-Specs

Sementara chipset Snapdragon seri G3 yang memiliki G3x Gen2 sebagai produk terbarunya yang menggunakan CPU Kryo Octa-Core dan GPU Adreno A32 yang disebut menawarkan kinerja CPU 30 persen lebih cepat dan kinerja GPU 2x lebih cepat dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Di samping itu chipset Snapdragon G3x Gen2 memiliki ray tracing yang dipercepat dengan perangkat keras dan menampilkan resolusi tinggi untuk pengalaman gaming dengan visual kelas atas. Layar perangkat gaming handheld yang menggunakan chipset ini bisa menampilkan resolusi Full HD+ dan refresh rate hingga 144Hz.

Chipset tersebut juga mendukung, XR Glass Tethering, audio Bluetooth premium berlatensi rendah dengan Snapdragon Sound Technology Suite, Wi-Fi 7 High-Band Simultaneous (HBS), serta menjangkau jaringan 5G sub-6 dan mmWave.

Snapdragon-G3x-Gen-2-Reference-Design-with-Specs.

Mithun Chandrasekhar selaku Senior Director of Product Management, Qualcomm Technologies, Inc menyampaikan bahwa perangkat gaming handheld adalah cara terbaik untuk menikmati mobile game, namun para gamer ingin dapat bermain game favorit mereka di seluruh perangkat dan ekosistem, baik dengan konsol, PC, atau melalui layanan cloud.

“Perangkat yang ditenagai generasi terbaru Snapdragon G Series akan menjadi medium terbaik bagi para gamer untuk memainkan game favorit mereka, dengan kemampuan untuk memilih bermain melalui cloud, konsol, Android, atau PC saat mereka sedang dalam perjalanan,” ujarnya.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar