ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Ini Bedanya TECNO POVA 5 Pro Vs TECNO POVA 4 Pro – Bawa Banyak Perubahan

TECNO POVA 5 Pro Vs POVA 4 Pro - Header

Gadgetren – TECNO Mobile tercatat kembali menyegarkan lini ponsel gaming kelas menengahnya. Salah satunya adalah TECNO POVA 5 Pro yang dirancang sebagai penerus dari TECNO POVA 4 Pro.

Meskipun hadir sebagai penerus POVA 4 Pro, perangkat menengah yang dibanderol dengan harga Rp2.949.000 tersebut menariknya benar-benar tampil secara berbeda. Ada banyak peningkatan yang ditawarkan oleh POVA 5 Pro ketimbang ponsel pendahulunya itu.

Selain itu, ponsel keluaran anyar TECNO tersebut di sisi lain juga membawa beberapa penyesuaian yang tak kalah penting untuk diperhatikan jika kita mau upgrade. Kamu dapat menyimak secara lebih rinci dalam ulasan mengenai perbedaan keduanya berikut ini.

Perbedaan TECNO POVA 5 Pro Vs TECNO POVA 4 Pro

POVA 5 Pro salah satu di antaranya meluncur dengan membawa desain yang lebih terlihat seperti ponsel khusus bermain game. Di bodi belakangnya, terdapat deretan lampu LED interaktif yang diberi nama dengan istilah Turbo Light Mecha ID Design.

Turbo Light Mecha ID Design sendiri tak hanya berfungsi sebagai hiasan. Deretan LED miliknya dapat berubah-ubah menyesuaikan status perangkat seperti panggilan masuk, mode bermain game, baterai lemah, hingga sekadar indikator saat menyala.

TECNO-POVA-5-PRO-5G

POVA 5 Pro

Di bagian depan, desain layar POVA 5 Pro juga terlihat lebih cantik dengan lubang kamera berbentuk punch hole. Ini termasuk salah satu perubahan yang diusung perangkat tersebut karena sebelumnya POVA 4 Pro masih memakai notch kecil serupa tetesan air.

Membahas layarnya, POVA 5 Pro juga mempunyai ukuran yang sedikit lebih besar dibandingkan pendahulunya itu. Perangkat tersebut membawa panel 6,78 inci untuk menggantikan milik POVA 4 Pro yang hanya membentang seluas 6,66 inci.

Jenis panel yang dipakai oleh kedua ponsel tersebut juga lumayan jauh berbeda. Saat POVA 4 Pro mengusung layar berteknologi AMOLED dengan refresh rate hingga 90Hz, POVA 5 Pro mengandalkan IPS yang mampu menampilkan animasi hingga 120Hz.

Dapur pengolahan data dari kedua perangkat tersebut juga menjadi faktor pembeda yang selanjutnya. Untuk memberikan dukungan yang lebih baik, POVA 5 Pro mengganti chipset MediaTek Helio G99 di POVA 4 Pro dengan MediaTek Dimensity 6080.

TECNO POVA 4 Pro Desain

POVA 4 Pro

Dengan perubahan chipset ini, POVA 5 Pro mendukung beberapa teknologi yang lebih mutakhir. Salah satu di antaranya perangkat tersebut kini sudah mendukung jaringan generasi kelima yang belum tersedia di POVA 4 Pro.

Kamera depan yang disematkan ke punch hole layar POVA 5 Pro juga mempunyai resolusi dua kali lebih tinggi. Ponsel tertinggi dari serinya tersebut membawa lensa 16MP saat POVA 4 Pro sebelumnya hanya mempunyai lensa 8MP.

Sayangnya dengan ukuran bodinya yang lebih besar, POVA 5 Pro hanya dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000mAh. Ini sebuah penurunan jika dibandingkan dengan POVA 4 Pro yang mana sebelumnya justru mengusung hingga 6.000mAh.

Namun, kita tak perlu khawatir saat ponsel tersebut kehabisan daya karena kini sudah dilengkapi dengan pengisian daya 68W sebagai pengganti. Teknologi ini tentu dapat mengisi lebih cepat ketimbang dukungan 45W milik POVA 4 Pro.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar