Smartphone

Kelebihan dan Kekurangan TECNO POVA 4 Pro – Bawa Spesifikasi Sangat Menarik

Kelebihan dan Kekurangan TECNO POVA 4 Pro Header

Gadgetren – Handphone terbaru dari Tecno Mobile yakni TECNO POVA 4 Pro yang dirilis beberapa waktu lalu sekilas terlihat menghadirkan spesifikasi yang terlihat mumpuni di kelasnya.

Walaupun Tecno Mobile tergolong masih baru di Indonesia, produsen handphone yang satu ini cukup rutin merilis handphone baru belakangan ini. Mereka menyediakan handphone dengan harga yang tidak membuat kantong jebol, namun spesifikasi yang tidak bisa dilihat sebelah mata.

Dengan harga Rp3.199.000 menempatkan TECNO POVA 4 Pro di kelas menengah, handphone yang satu ini memiliki beberapa keunggulan dan kekurangan sebagai berikut.

Kelebihan TECNO POVA 4 Pro

  • Baterai 6.000mAh
  • Pengisian daya cepat 45W
  • Penyimpanan luas 256GB
  • MediaTek Helio G99 yang gegas
  • RAM 8 GB yang bisa diekspansi

Baterai yang disematkan di dalam TECNO POVA 4 Pro tergolong besar di kelasnya, yakni mencapai 6.000mAh. Baterainya diklaim Tecno Mobile bisa bertahan selama 10 jam untuk bermain game. Dan jika baterai tersisa 20% dikabarkan bisa digunakan selama 12 jam lebih untuk menelpon, menonton video YouTube hingga 4 jam, dan bermain game PUBG Mobile selama 3 jam.

Selain baterainya yang besar, Tecno Mobile juga menyediakan pengisian daya cepat 45W. Tecno Mobile menyebutkan bahwa mengisi daya baterai handphone ini hingga 50% hanya membutuhkan waktu 24 menit. Ditambah lagi TECNO Pova 4 Pro dapat mengisi daya perangkat lain berkat fitur Pengisian Daya Terbalik 10W.

Di sektor performa, TECNO POVA 4 Pro canggihnya menggunakan chipset MediaTek Helio G99 dengan fabrikasi 6nm yang awal tahun 2022 lalu diluncurkan. MediaTek selaku produsen chipset tersebut mengatakan bahwa salah satu keunggulan chipset ini terletak pada performanya untuk bermain game.

Chipset ini juga dipadukan dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal yang melimpah mencapai 256GB. Ditambah lagi kapasitas RAM-nya bisa ditambah secara virtual sebanyak 5GB yang membuat total kapasitas RAM menjadi 13GB.

Kekurangan TECNO POVA 4 Pro

  • Tidak ada kamera ultra wide
  • Kamera depan yang kecil sensornya
  • Tidak ada sertifikasi rating IP
  • Tidak jelas pelindung layar yang digunakan

Walau TECNO POVA 4 Pro terlihat tangguh dari sisi baterai dan performa, namun di sisi kamera mulai tampak kekurangan handphone yang satu ini. Pertama adalah tidak adanya lensa ultrawide, hanya ada lensa bokeh 2MP yang mana sebetulnya tidak begitu diperlukan.

Ditambah lagi kamera depannya hanya memiliki sensor 8MP. Untungnya handphone ini mengusung kamera utama beresolusi 50MP yang setidaknya bisa menghasilkan foto beresolusi tinggi.

Kekurangan lain dari handphone ini terletak pada durabilitas bodinya. Tidak ada sertifikasi IP rating yang berarti handphone ini tidak memiliki ketahanan air dan debu. Dan juga tidak ada kejelasan pelindung layar apa yang digunakan oleh handphone ini.

Yang Netral

Selain kelebihan dan kekurangan TECNO POVA 4 Pro di atas, handphone ini juga memiliki beberapa aspek yang sebetulnya tidak masuk ke dua kategori itu di kelasnya. Salah satunya adalah desain yang terlihat seperti perangkat gaming yang mungkin bagi sebagian orang tidak menyukainya tapi di sisi lain mungkin juga ada yang sangat senang dengan desainnya.

Handphone ini juga menggunakan layar AMOLED dengan refresh rate 90Hz agar tampilan layar terlihat lebih mulus. Selain itu juga terdapat sensor NFC dan giroskop untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Fitur-fitur ini terbilang standar untuk handphone jaman sekarang di rentang harganya.

Tinggalkan Komentar