ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Ini Penyebab Kenapa Kamera HP Buram dan Sejumlah Solusinya

Penyebab Kamera HP Buram - Header

Gadgetren – Mengabadikan aktivitas sehari-hari memang semakin mudah dilakukan. Hampir semua ponsel yang meluncur di masa sekarang soalnya dilengkapi dengan dukungan kamera baik depan maupun belakang.

Mulai dari lini kelas menengah ke bawah saja, kita sudah bisa menemukan perangkat dengan sensor beresolusi tinggi. Beberapa ponsel bahkan ada yang memang dirancang secara khusus untuk memenuhi kebutuhan fotografi para pengguna dengan menghadirkan susunan lensa lebih baik.

Di sisi peranti lunak, sejumlah manufaktur pun berlomba-lomba menghadirkan berbagai macam dukungan yang bisa memudahkan para pengguna mengambil gambar. Pengembang aplikasi pihak ketiga juga tak ketinggalan menghadirkan solusi yang dapat memaksimalkan kamera perangkat.

Meskipun begitu, mengambil gambar dengan kamera ponsel pun tidak selalu bisa berjalan mudah. Ada sejumlah masalah yang kadang-kadang menghampiri kita saat ingin mengabadikan momen penting di mana termasuk foto menghasilkan obyek buram menjadi salah satunya.

Foto dengan obyek yang buram padahal cukup menyebalkan karena informasi penting di dalamnya menjadi tidak bisa terlihat dengan baik. Untuk mengatasi hal tersebut, kita apalagi juga perlu mengidentifikasi penyebab-penyebabnya yang mana bisa berbeda-beda untuk setiap kasus.

1. Pengambilan Gambar yang Tidak Stabil

Salah satu penyebab yang sering membuat foto menjadi blur di antaranya adalah proses pengambilan gambar kurang stabil. Guncangan sekecil apapun pada ponsel dapat menyebabkan motion blur atau efek buram dari gerakan meskipun obyek yang difoto dalam kondisi diam.

Inilah kenapa kita perlu mempertimbangkan ponsel-ponsel dengan dukungan OIS (Optical Image Stabilization) dan EIS (Electronic Image Stabilization) yang baik. Kalau tidak, pastikan ponsel tidak terguncang saat proses pengambilan gambar misalnya dengan memegangnya dua tangan, menahan nafas sejenak, menggunakan timer, hingga memakai tripod.

2. Obyek yang Difoto Bergerak

Belum lagi apabila obyek yang sedang difoto memang bergerak-gerak, motion blur pun tentu menjadi salah satu hal yang sering kali tidak dapat dihindari. Biasanya terjadi karena gerakan yang sangat cepat sehingga perubahan posisinya terekam dalam satu proses penangkapan cahaya.

Untuk meminimalkan hal ini, kita pun dapat mencoba memakai mode pengambilan burst yang dapat menghasilkan banyak gambar dalam satu sentuhan tombol Shutter. Beberapa aplikasi kamera bawaan ponsel sayangnya tidak mendukung fitur itu sehingga perlu memasang produk pihak ketiga.

3. Lensa Kotor

Seiring pemakaian, ponsel sangat rawan terkena debu, minyak, dan kotoran. Padahal jika jarang dibersihkan secara rutin maka bisa mengganggu fungsi dari perangkat seperti kamera yang tiba-tiba menghasilkan foto blur atau tidak terlihat dengan jelas.

Kita yang merasa foto-foto dari ponsel berubah menjadi blur makanya bisa mencoba membersihkan lensa kamera terlebih dahulu. Kita dalam hal ini dapat memakai kain yang halus seperti microfiber. Kita juga dapat menambahkan Isopropyl alcohol jika diperlukan.

4. Masalah Aplikasi Kamera

Aplikasi kamera ponsel yang tidak berjalan dengan baik juga dapat menjadi penyebab foto-foto menjadi buram. Termasuk di dalamnya meliputi cache yang menumpuk, kerusakan data, glitch layanan yang berkaitan, hingga bug dari pengembangan aplikasi itu sendiri.

Penanganan yang perlu ditempuh pun sangat beragam untuk masalah ini. Kita dapat melakukan mulai dari memuat ulang perangkat, menghapus data atau cache, memasang ulang aplikasi, hingga memperbarui layanan ke versi paling mutakhir.

5. Bug atau Sistem Operasi yang Usang

Tidak hanya dari aplikasi, masalah kamera yang menghasilkan foto blur juga bisa terjadi dari sisi sistem operasi. Kasusnya bahkan pernah terjadi di lensa depan Google Pixel 3 atau Pixel 4a yang mengunci titik fokus pada jarak tertentu.

Jika masalah terjadi karena sistem operasi maka umumnya kita bisa menangani hal tersebut dengan memasang ulang sistem yang lawas. Apabila tidak bisa, kita pun terpaksa menunggu pembaruan dari pihak manufaktur untuk memperbaikinya.

6. Kerusakan Komponen

Celakanya, masalah kamera ponsel bisa berubah menjadi buram juga dapat disebabkan oleh kerusakan perangkat keras baik dari lapisan kaca lensa hingga sensornya. Kita bisa pun mengeceknya secara pasti dengan membawa perangkat ke tempat servis.

Kemungkinan kita pun harus menyiapkan sejumlah dana ketika membawa perangkat ke tempat servis terutama jika perlu melakukan penggantian komponen. Sebaiknya manfaatkan klaim garansi jika masih tersedia agar bisa menjadi lebih ringan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar