ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Ini 6 HP dengan Kamera Terbaik di Dunia per Tahun 2023

HP dengan kamera terbaik header

Gadgetren – Saat ini siapa pun bisa menjadi fotografer profesional tanpa menggunakan kamera DSLR yang canggih berkat hadirnya perangkat ponsel premium yang bisa menghasilkan foto dan video memuaskan.

Pasalnya ponsel premium yang beredar di pasaran sekarang ini menawarkan konfigurasi kamera yang unggul. Khususnya pada bagian kamera belakang yang biasanya dibekali dukungan teknologi pencitraan gambar hasil kerja sama dengan Leica, Hasselblad, dan sebagainya.

Beberapa ponsel premium pun ada yang turut disokong chip khusus untuk mengoptimalkan hasil tangkapan foto dan video di berbagai kondisi minim cahaya. Namun jika ingin mengetahui kamera mana yang terbaik yang bisa kamu pertimbangkan, tak lengkap bila kita tidak mengacu pada situs DXOMARK.

Situs tersebut menghadirkan penjelasan soal performa kamera ponsel premium lebih lengkap beserta metodologi yang digunakan untuk mendapatkan pengujian yang konsisten untuk setiap ponsel.

Ditambah lagi DXOMARK memberikan penilaian skor pada setiap kamera ponsel sehingga bisa menjadi tolak ukur untuk mempertimbangkan segmen mana yang lebih penting.

1. HUAWEI P60 Pro (156)

HUAWEI-P60-Pro

HUAWEI P60 Pro hadir pada bulan Maret 2023 dengan nilai yang tinggi pada hasil foto, video, dan bokeh. Secara umum foto dan video yang dihasilkan memiliki gambar natural terutama pada warna kulit yang ditampilkan.

Ponsel ini juga memiliki pembesaran dengan hasil yang baik. Selain itu kamera ponsel ini bisa menghasilkan foto makro dengan hasil yang tajam, berwarna, dan jelas. Untuk kameranya sendiri menggunakan konfigurasi lensa utama 48MP, lensa telephoto 48MP, lensa sudut lebar 13MP, serta lensa depan 13MP.

2. OPPO Find X6 Pro (153)

OPPO-Find-X6-Pro-2

Find X6 Pro menyajikan beberapa keunggulan pada hasil tangkapan kamera yang didukung chip MariSilicon X meliputi mampu menghasilkan gambar detail dengan mode malam dan pencahayaan minim, foto dan video terlihat tajam, bertekstur, pembesaran yang andal di kondisi sedikit cahaya, dan foto portrait yang fokus.

Sama seperti Honor Magic5 Pro, Find X6 Pro menggunakan tiga kamera belakang dengan lensa utama 50MP dengan aperture f/1.8 dan OIS, lensa telephoto dengan f/2.6, pembesaran optik 2,8 kali dan OIS, serta lensa sudut lebar dengan f/2.2. Lalu di depan ada lensa 32MP dengan aperture f/2.4.

3. Honor Magic5 Pro (152)

Honor-Magic5-Pro

Magic5 Pro mempunyai tiga kamera belakang dengan lensa beresolusi 50MP pada ketiganya yang masing-masing mencakup lensa utama, telephoto dengan OIS dan pembesaran optik 3,5 kali, serta lensa sudut lebar. Kemudian untuk kamera depan memiliki lensa 12MP.

Ponsel ini mampu menghasilkan foto dengan efek bokeh yang dinilai tinggi cukup tinggi oleh DXOMARK, mampu menghasilkan foto yang natural, autofocus yang cepat dan akurat, serta pembesaran dengan hasil video yang detail dan jernih di berbagai pencahayaan.

4. OPPO Find X6 (150)

Oppo-Find-X6

Find X6 yang hadir di bulan Maret 2023 telah diuji oleh DXOMARK dalam menghasilkan foto dan video di berbagai skenario pengambilan maupun kondisi. Kemudian hasil foto portrait dan fitur pembesaran dengan hasil detail serta tajam juga menjadi andalan.

Dengan kemampuan tersebut, Find X6 menggunakan konfigurasi tiga kamera belakang seperti lensa utama 50MP dengan aperture f/1.8, sensor 1/1.56″, dan OIS. Lalu juga ada lensa telephoto 50MP dengan aperture f/2.6, pembesaran optik 2,8 kali, dan OIS.

Tak ketinggalan lensa sudut lebar 50MP dengan aperture f/2.0 yang mempermudah pengambilan gambar dengan sudut luas serta lensa depan 32 MP dengan aperture f/2.4 untuk selfie.

5. HUAWEI Mate 50 Pro (149) 

HUAWEI-Mate-5-Pro.

Dirilis bulan September 2022, HUAWEI Mate 50 Pro unggul dalam menangkap gambar dan video di kondisi pencahayaan minim. Selain itu kamera depan dan belakang mampu menangkap gambar dengan efek bokeh dan detail yang jernih.

HUAWEI Mate 50 Pro menggunakan tiga kamera belakang berupa lensa utama 50MP dengan aperture f/1.4 – f/4.0 dan OIS yang ditemani lensa telephoto 64MP dengan aperture f/3.5, OIS, dan pembesaran optik 3,5 kali serta lensa sudut lebar 13 MP dengan aperture f/2.2. Kemudian pada bagian depan terdapat lensa 13MP dengan aperture f/2.4.

6. Google Pixel 7 Pro (147)

Google-Pixel-7-Pro-Obsidian-Hazel-and-Snow

Pixel 7 Pro meluncur pada bulan Oktober 2022 dengan menawarkan konfigurasi tiga kamera belakang berupa lensa utama 50MP yang dilengkapi dengan aperture f/1.9, sensor 1/1.31″, Optical Image Stabilization (OIS).

Kemudian lensa telephoto 48MP dengan aperture f/3.5, sensor 1/2.55″, OIS, dan pembesaran optik 5 kali. Lalu lensa sudut lebar 12MP dengan aperture f/2.2 dengan sensor 1/2.9″. Selanjutnya di kamera depan tersedia lensa 10.8MP dengan aperture f/2.2.

Bisa dibilang Google Pixel 7 Pro unggul dalam hasil video yang mulus berkat kehadiran OIS maupun untuk hasil foto pembesaran yang diklaim memiliki hasil detail.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar