ASUS TUF Gaming FX507
Berita Wearable

Bisa Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini Fitur Menarik di Samsung Galaxy Watch6 Series

Bisa Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini Fitur Menarik di Samsung Galaxy Watch6 Series

Gadgetren – Melalui perangkat wearable terbarunya yakni Samsung seri Galaxy Watch6, Samsung memberikan pembaruan fitur-fitur khususnya untuk mengoptimalkan kualitas hidup dan kesehatan bagi penggunanya.

Salah satu fitur yang telah mendapatkan peningkatan ialah pengukur kualitas tidur. Sebagai smartwatch untuk menginformasikan waktu, seri Galaxy Watch6 juga dapat menjadi asisten pribadi pengguna khususnya yang mengingatkan pola tidur.

Dalam fitur kualitas tidur pada seri Galaxy Watch6 pengguna bisa mengatur pengingat secara personal  seperti waktu mulai tidur, waktu bangun, instruksi, tips dan masih banyak lagi. Tak hanya sebagai pengingat, fitur ini juga menyediakan setelah lebih lanjut yang mana bisa memantau kadar oksigen dalam darah ketika pengguna tidur.

Pada saat tidur, fitur kualitas tidur bisa diaktfikan melalui menu ‘track blood oxygen’ dan deteksi dengkur untuk mengetahui informasi lebih mendalam mengenai kualitas tidur pengguna secara lebih lengkap. Setelah bangun dari tidur, seri Galaxy Watch6 yang dipakai di pergelangan tangan akan menampilkan informasi yang lengkap terkait durasi tidur dan sleep score.

Di dalam menu sleep score, pengguna bisa melihat ringkasan dari seluruh data yang dikumpulkan seperti total waktu tidur, siklus tidur, waktu bangun, dan pemulihan fisik dan mental. Semuanya  untuk membantu pengguna memahami kualitas tidur setiap malam.

Selain itu lewat sleep monitoring, pada saat tidur juga bisa memperlihatkan tiga fase mencakup Light Sleep yang mana aktivitas otak mulai melambat, ritme jantung dan pernafasan lebih stabil, otot mulai rileks, dan terjadi proses konsolidasi memori.

Kemudian fase kedua adalah tidur yang lebih dalam disebut Deep Sleep yang mana fungsi restorasi fisik akan terjadi  yang akan berakhir pada fase ketiga yakni REM sleep dengan tanda mimpi dapat dirasakan dan fungsi reparasi kognitif terjadi.

Fitur-Sleep-Coaching-Samsung-Galaxy-Watch6-Series

Jika secara konsisten seri Galaxy Watch6  membantu monitoring tidur setiap harinya maka pengguna akan bisa melacak pola tidur selama beberapa hari bisa mendorong agar lebih konsisten tidur di jam-jam yang optimal.

Sebagai contoh kamu memiliki pola tidur mulai pukul 21.00 WIB dan bangun pukul 05.00 maka kamu harus melakukan hal tersebut berulang setiap harinya. Selain itu seri Galaxy Watch6 juga didukung  fitur Sleep Coaching yang menampilkan Sleep Symbol berupa animasi hewan lucu yang merepresentasikan pola tidur penggunannya.

Sleep Coaching turut membantu menyusun rutinitas berupa ceklist Sleep Coaching yang harus pengguna pengguna ikuti setiap harinya untuk membantu kualitas tidur mereka. Rutinitas tersebut berupa meditasi sebelum tidur, menghindari makan sebelum tidur, atau menjadwalkan sarapan secara teratur.

Vishal Dasani selaku Sleep Educator menyampaikan bahwa saat menjalani Sleep Coaching, konsistensi adalah kunci utama. Menurut Vishal bahwa pengguna harus tetap melakukan sleep monitoring secara rutin.

Fitur-Sleep-Coaching-Galaxy-Watch6-2.

“Proses ini membutuhkan kesabaran dan konsistensi yang berkelanjutan selama 7 hari pertama. Selain itu, penting juga untuk menggabungkannya dengan gaya hidup sehat seperti tetap aktif dengan berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat,” ujarnya.

Bagi kamu yang tertarik dengan seri Galaxy Watch6, saat ini pihak Samsung masih membuka pintu pemesanannya sampai tanggal 17 Agustus 2023 mendatang melalui situs Samsung Indonesia dan e-commerce resminya di Blibli, Tokopedia, Shopee, Lazada, Eraspace, Akulaku, Tiktok Shop, dan Dinomarket.

Seri Galaxy Watch6 memiliki dua varian yakni Galaxy Watch6 dan Galaxy Watch6 Classic. Selama pre order pembeli juga akan mendapatkan penawaran menarik berupa gratis strap Fabric Band, Travel Adaptor 15W,  dan cashback tambahan hingga Rp750 ribu untuk pembeli yang melakukan Purchase with Purchase dengan Galaxy Z Flip5, Galaxy Z Fold5, atau seri Galaxy Tab9.

Soal harga, Galaxy Watch6 ukuran 40mm dengan warna Graphite dan Gold dibanderol  Rp3.999.000, sedangkan ukuran 44mm warna Graphite dan Silver dilepas Rp4.499.000. Kemudian Galaxy Watch6 Classic yang memiliki rotating bezel warna Black dan Silver dengan ukuran 43mm dihargai Rp 5.499.000 dan ukuran 47mm dibanderol Rp5.999.000.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar